10 Langkah Cerdas Investasi Properti Kost untuk Pemula

0
211

10 Langkah Cerdas Investasi Properti Kost untuk Pemula

Investasi properti kost merupakan jenis investasi yang sangat menjanjikan, jika Anda memiliki properti berdekatan kampus, perkantoran, atau kawasan industri. Di wilayah ini, arus pendatang baru terus meningkat, sehingga kebutuhan akan tempat tinggal juga naik. Memulai bisnis di bidang apapun memerlukan langkah-langkah yang cermat agar dapat berjalan dengan lancar dan menguntungkan.

Mulai dari persiapan hingga promosi, inilah 10 langkah cerdas investasi properti bagi pemula.

  1. Memiliki lahan di tempat yang strategis untuk dijadikan rumah kost

Jika berniat membeli properti untuk dijadikan rumah kost, pastikan lokasinya sesuai dengan target pasar Anda. Apabila target Anda adalah mahasiswa, tentunya lokasi harus dekat dengan kampus.

  1. Memberlakukan syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi

Hal yang harus disampaikan misalnya terkait waktu pembayaran uang kost, kegiatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan di kamar kost serta area rumah yang lain.

  1. Menyediakan fasilitas pendukung kamar kost

Fasilitas yang harus ada misalnya tempat tidur, lemari, meja tulis, hingga kipas angin. Fasilitas ini bisa menjadi nilai plus dalam persaingan rumah kost di sekitar Anda. Apabila rumah kost yang lain belum menyediakan fasilitas Wifi dan penatu/laundry, ini kesempatan Anda untuk meningkatkan daya saing dengan menambahkannya.

  1. Memilih calon penyewa kamar kost

Pilihlah calon penyewa ideal menurut Anda agar tidak menyesal di masa yang akan datang. Misalnya menentukan penghuni kost hanya perempuan saja atau laki-laki saja, dengan syarat berkelakuan baik.

  1. Memperhatikan fasilitas air bersih dan listrik untuk kebutuhan penyewa kamar kost

Air bersih harus selalu tersedia, begitu pula aliran listrik. Pastikan kuantitasnya mencukupi untuk digunakan penghuni kos secara bersamaan, tanpa ada keluhan kehabisan air atau tegangan listrik tidak mencukupi.

  1. Membuat sirkulasi udara yang nyaman di dalam setiap kamar kost

Ventilasi harus ada di setiap kamar agar udara selalu berganti, tidak pengap, dan bebas jamur. Hal ini penting untuk menjaga kenyamanan setiap kamar yang dihuni. Selain itu, sirkulasi udara yang baik dapat menghindarkan Anda dari biaya perbaikan yang tidak perlu.

  1. Mendesain kamar mandi yang nyaman dan bersih

Kamar mandi merupakan fasilitas penting untuk kenyamanan penghuni rumah kost Anda. Pastikan ketersediaan kamar mandi sesuai dengan jumlah kamar dan penghuni, agar teratur ketika menggunakannya.

  1. Mempertimbangkan harga kost sesuai fasilitas yang ditawarkan

Penentuan harga juga harus Anda dasarkan pada lokasi. Semakin dekat rumah kost Anda dengan tempat strategis, seperti kampus dan pertokoan, harga sewa kamar juga semakin mahal.

  1. Melakukan pemeriksaan terhadap bangunan dan fasilitas secara teratur

Pemerikasaan fasilitas rumah secara teratur dapat mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah,  jika Anda langsung memperbaikinya.

  1. Melakukan promosi

Setelah kesembilan langkah di atas Anda lakukan, langkah yang terakhir adalah promosi. Promosi bisa dilakukan melalui informasi dari mulut ke mulut, brosur, atau iklan di media massa. Sampaikan keunggulan yang Anda tawarkan kepada calon penghuni kost, agar tertarik dengan rumah kost Anda.

Langkah-langkah cerdas investasi properti kost ini dapat membantu Anda mengawali bisnis dengan mulus. Selanjutnya, teruslah belajar untuk mengoptimalkan keuntungan usaha Anda. Salah satu komunitas yang mewadahi tentang tata kelola investasi properti kost adalah KSI (Kost Strategi Investing). Anda bisa bergabung dan mendapatkan berbagai informasi bermanfaat seputar investasi properti dan kost. Selamat Berinvestasi!