3 Jenis Warisan Terbaik Untuk Keluarga

0
263

Ketahui 3 Jenis Harta Warisan Terbaik untuk Keluarga Anda

Umur memang tidak bisa diprediksi. Kematian bisa datang kapan saja. Namun, tidak ada salahnya Anda menyiapkan sebuah warisan untuk keluarga tercinta, agar kelak hidup mereka tercukupi kebutuhannya.

Ada banyak substansi yang bisa Anda wariskan untuk anak cucu, seperti uang, tanah, barang berharga, atau bahkan usaha yang dimiliki. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, ada tiga aset terbaik yang layak untuk dijadikan warisan, yaitu:

1. Perusahaan Keluarga

Meski kecil, usaha tetap aset terbaik yang diwariskan untuk keturunan. Selain merupakan usaha pertama yang Anda rintis dengan cara jatuh bangun, hasilnya pun dapat memenuhi kebutuhan hidup anak-cucu kelak.

Dalam mewariskan perusahaan keluarga ke anak, Anda bisa mempertimbangkan hal ini.

  • Kemampuan Anak untuk Mewarisi Perusahaan Keluarga

Sebelum melimpahkan perusahaan ke tangan anak, Anda harus memastikan kemampuannya dalam bidang bisnis terlebih dahulu. Jika Anda masih meragukan kapabilitasnya, sebaiknya Anda menunda untuk mewariskannya atau justru menyerahkan perusahaan tersebut ke tangan yang lebih ahli. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan keberlangsungan perusahaan kelak setelah Anda tinggalkan.

  • Jumlah Anak dan Pembagiannya

Dalam pembagian warisan perusahaan keluarga, Anda pun harus memperhitungkan jumlah anak dan besaran bagian yang akan mereka terima. Sebisa mungkin, Anda membaginya dengan adil, agar kelak tidak terjadi perselisihan mengenai perusahaan warisan tersebut.

Mewariskan perusahaan pada keturunan tidak berpatok pada penyerahan perusahaan secara utuh. Bisa juga dengan pembagian saham atau menempatkan mereka pada posisi penting dalam perusahaan.

2. Rumah

Rumah tidak hanya sekadar bangunan tempat tinggal, melainkan aset berharga bernilai tinggi serta harta warisan terbaik untuk keluarga. Pasalnya, tidak hanya kenangan yang terkumpul di dalam rumah tersebut, tetapi fungsinya pun dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Contoh, rumah dapat diubah menjadi ladang bisnis untuk anak-cucu kelak. Bangunan tersebut dapat dijadikan sebagai bisnis properti kos atau disewakan. Dengan begitu, hasilnya dapat dibagi secara merata setiap bulannya untuk semua anak dan cucu.

Rumah pun bisa menjadi ladang amal bagi Anda, jika anak-anak mengubah rumah tersebut menjadi tempat kegiatan sosial. Seperti mewakafkan untuk yayasan panti asuhan anak-anak fakir miskin atau anak-anak difabel. Sepanjang fungsinya masih untuk umat, Anda akan terus mendapatkan pahala dan kenikmatannya.

3. Emas Batangan

Logam mulia merupakan investasi harta warisan terbaik untuk keturunan kelak. Pasalnya, nilai emas tidak mengalami penurunan atau depresiasi ketika terjadi inflasi, justru cenderung naik meski tidak terlalu signifikan.

Selain itu, ada beberapa alasan yang menjadikan emas batangan layak untuk diwariskan, yaitu:

  1. Emas batangan mempunyai sifat likuiditas tinggi, sehingga mudah dijual kapan pun dan di mana pun. Sebab, hampir semua wilayah menerima pembelian logam mulia ini. Jadi, ketika anak cucu membutuhkan uang cepat, maka emas bisa menjadi solusi untuk dijual.
  2. Mudah untuk melakukan pindah tangan. Anda tidak perlu melakukan banyak prosedur untuk memberikan emas batangan sebagai harta warisan pada keturunan. Cukup meninggalkan dalam surat wasiat, maka emas tersebut sudah menjadi milik mereka.

Mulai sekarang, Anda dapat mempersiapkan tiga harta warisan terbaik untuk anak-cucu kelak.