3 Tips Memulai Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal Untuk Pemula !

0
9

Jika membahas tentang bisnis kos kosan, maka imajinasi Anda akan langsung terarah ke masalah modal yang begitu besar. Memang tidak salah, mengingat bisnis kos kosan pasti akan berhubungan dengan property. Tapi bagaimana jadinya jika ada ulasan atau pembahasan tentang bisnis kos kosan tanpa modal.

  1. Jadi agen pemasaran

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis kos kosan tanpa modal, adalah dengan menjadi seorang agen pemasaran. Tekniknya tidak jauh berbeda dengan agen pemasaran properti pada umumnya. Dalam hal ini Anda selaku agen pemasaran akan mempromosikan kamar kos yang kosong, pada siapa saja yang membutuhkan.

Kali ini Anda dapat bekerja sama dengan pemilik kos, tempat tinggal Anda saat ini, atau juga bekerja sama dengan pemilik kos lain yang Anda kenal.

Siapa saja yang tertarik, dan berhasil mengisi kamar kos yang kosong, maka Anda akan memperoleh sejumlah keuntungan imbalan, adapun keuntungan atau imbalan yang diberikan sendiri beragam, tergantung kesepakatan di awal, mulai dari kamar kost gratis selama beberapa bulan, mendapatkan sejumlah uang, atau yang lainnya.

  1. Jadi pengelola 

Tempat kos yang ada saat ini, bisanya dibagi menjadi 2 jenis, ada yang berdekatan dengan tempat tinggal pemilik kost tersebut, ada juga yang berjauhan. Jika lokasinya berjauhan, biasanya akan ada pengelola atau penjaga tempat kost.

Pengelola atau penjaga tempat kost seperti ini yang dapat Anda pilih sebagai program atau bisnis kost kostan. Anda yang saat ini tinggal di sebuah tempat kost dengan situasi demikian, tidak ada salahnya jika mengambil peluang tersebut. Kali ini, Anda dapat meminta gaji bulanan pada pemilik kost, sebagai upaya menjaga tempat kost dan merawat tempat kost itu sendiri, ketika pemiliknya tidak ditempat.

Tugas Anda, tidak lain adalah merawat dan membersihkan tempat kost, menjaga tempat kost dari hal-hal yang tidak diinginkan, memandu calon penghuni kost yang ingin mengetahui tempat kost tersebut, dan yang lainnya.

  1. Menyewakan kamar kost di rumah 

Jika Anda mempunyai rumah dan ada kamar kosong, maka kamar tersebut dapat digunakan sebagai kamar kost, atau dengan kata lain, Anda akan menyewakan kamar tersebut.

Adapun jangka waktu sewa kamar tersebut bisa beragam, mulai dari harian, mingguan, bulanan hingga per tahun.

Sistem jangka waktu sewa seperti ini bisa Anda lakukan, dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Apalagi jika tempat tinggal Anda dekat dengan lokasi wisata, maka adanya layanan sewa kost tersebut bisa jadi angin segar untuk para pelancong yang datang, sebagai pengganti hotel. Yang harus Anda lakukan adalah menyediakan aneka fasilitas menginap layaknya hotel secara nyaman, seperti kasur yang nyaman, lemari, meja dan kursi belajar, serta yang lainnya. Akan lebih baik jika ada kamar mandi dalam, dan dilengkapi dengan AC. Ini yang membuat para pelancong atau para penghuni kost merasa nyaman.

Usaha atau bisnis kos kosan tanpa modal jangan dianggap sepele. Apalagi untuk Anda yang masih mahasiswa atau pemula. Dengan belajar cara mengelola dan menangani kost, secara seksama, suatu saat nanti jika Anda sudah mempunyai cukup biaya, maka Anda mampu mengelola kost tersebut dengan baik.