4 Kesalahan Fatal dalam Bisnis Kost

0
20

Hindari 4 Kesalahan Fatal dalam Bisnis Kos Ini, dengan Menggunakan Jasa Manajemen Kos

Kegagalan usaha dapat dihindari dengan tidak melakukan 4 kesalahan fatal ini. Jasa manajemen kos akan membantu Anda.

Meski terlihat sangat menjanjikan, nyatanya bisnis kos juga tidak lepas dari potensi kegagalan. Banyak dari pebisnis ini yang bukannya meraih kesuksesan, melainkan justru harus menelan pil pahit karena merugi jutaan rupiah.

Jika ditelusuri, hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh kesalahan dalam mengatur bisnis itu sendiri. Bagaimanapun, bisnis harus direncanakan secara matang, detail, dan penuh pertimbangan. Itulah mengapa, bagi Anda para pebisnis pemula sangat disarankan untuk bergabung dengan jasa manajemen kos. Sebuah usaha jasa yang akan membantu Anda, baik dalam hal perencanaan, pengelolaan, maupun ketika terjadi masalah dengan bisnis kos-kosan yang didirikan.

Setidaknya, meski tidak menjanjikan kesuksesan 100%, kehadiran jasa pengelola kos ini bisa membantu Anda terhindar dari beberapa kesalahan fatal. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

1. Menggunakan Jasa Konstruksi yang Kurang Kompeten

Barangkali Anda pernah menemukan sebuah bangunan yang hanya dalam kurun beberapa tahun, dinding temboknya sudah mengelupas atau terjadi kerusakan. Hal ini bisa saja menjadi pertanda bahwa jasa konstruksi yang digunakan kurang kompeten dan profesional.

Padahal, dalam bisnis properti kekokohan dan kualitas bangunan sangat berpengaruh terhadap jalannya roda bisnis. Karena itu pula, Anda tidak boleh acuh dan asal dalam memilih jasa konstruksi. Pilihlah jasa bangunan yang telah tepercaya agar bangunan bisa sesuai dengan yang diinginkan, baik dari segi model, kualitas, dan harga.

2. Salah Menentukan Target Pasar

Kerugian yang sering dialami oleh pebisnis kos umumnya disebabkan karena kesalahan dalam menentukan target pasar. Bagaimanapun, target pasar erat kaitannya dengan pemilihan lokasi, bentuk bangunan, fasilitas, dan lainnya. Jika tidak ada sinergi di antara faktor-faktor tersebut, tentu usaha Anda tidak akan berhasil menarik perhatian khalayak.

Misalnya, Anda ingin membangun kos mahasiswa tetapi justru memilih lokasi yang lebih dekat dengan kawasan perkantoran. Atau, Anda salah dalam memilih lokasi yang terlalu bising dan dengan tingkat keamanan yang rendah.

3. Modal dari Utang yang Besar

Mendirikan usaha dengan modal awal yang berasal dari dana utang memang tak ada salahnya. Namun, jika dana utang tersebut terlalu besar, hal tersebut juga tidak baik bagi perkembangan bisnis Anda. Jika tidak ada dana pasti yang akan terus mendukung Anda membayar cicilan setiap bulan. Lebih baik pikirkan dahulu baik-baik cara ini.

Karena dikhawatirkan, dana pemasukan yang akan diperoleh tidak cukup untuk membayar cicilan utang di setiap bulan. Jika hal ini terjadi, tentu Anda akan kelimpungan dan bukan tidak mungkin akan berakhir pada kegagalan usaha.

4. Salah Menentukan Harga Sewa Kos

Salah menentukan harga sewa atau uang kos juga dapat menjadi bumerang dalam bisnis ini. Pertimbangan harga yang tidak melihat pasar akan berpotensi menyebabkan kos-kosan Anda tidak dilirik oleh para pencari. Sebaliknya, jika mematok harga di bawah pasar, bisa menyebabkan pemasukan tidak seimbang dengan biaya operasional. Karenanya, penentuan harga harus melalui berbagai pertimbangan, termasuk salah satunya adalah kesesuaian dengan fasilitas dan pasar.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh para pebisnis kos. Namun, kesalahan tersebut bisa diminimalisasi jika Anda bergabung dengan BLL management. Sebuah jasa manajemen kos yang akan membantu Anda merencanakan dan mengelola bisnis kos-kosan.

Jadi, tunggu apa lagi?