5 Cara Cerdas Bangun Rumah Tanpa Modal

0
147

5 Cara Cerdas Bangun Rumah Tanpa Modal

Rumah adalah kebutuhan utama setiap orang. Rumah jadi tempat bernaung dari segala cuaca. Sayangnya, biaya untuk membeli atau membangun rumah sangatlah mahal. Banyak orang yang hingga kini tidak memiliki rumah karena tidak memiliki modal.

Lantas, apakah bisa bangun rumah tanpa modal sendiri? Jawabannya tentu saja bisa. Ada beberapa tips yang akan kami berikan. Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini:

  1. Sweat equity developer

Istilah sweat equity developer biasa dikenal sebagai “pengembang modal keringat” atau “pengembang modal dengkul”. Jika Anda berniat memiliki rumah tanpa modal, Anda bisa mempertemukan pemilik lahan dan pemilik modal. Dana tersebut bisa Anda gunakan untuk biaya operasional dan biaya promosi.

Anda bisa membuat kesepakatan dengan pemilik modal bahwa jika Anda bisa mendapatkan pembeli, maka salah satu rumah yang dibangun adalah milik Anda.

  1. Mengajukan kredit ke bank

Jika Anda telah berusaha untuk menabung namun dana tidak bisa mencukupi modal membeli rumah, Anda bisa mengajukan kredit ke bank untuk membangun rumah. Cara ini adalah cara yang paling umum digunakan. Kini banyak bank yang menawarkan sistem pembayaran dengan cicilan yang disesuaikan dengan gaji Anda. Membeli rumah dengan sistem kredit lebih cepat dan mudah daripada menggunakan modal sendiri.

  1. Menjaminkan sertifikat tanah atau rumah

Jika Anda tidak memiliki penghasilan rutin setiap bulannya, biasanya bank meminta Anda untuk menjaminkan sertifikat tanah atau rumah agar bisa mendapatkan pinjaman. Cara ini memang memiliki risiko yang besar, namun bisa disiasati dengan meminjam ke bank pemerintah yang menawarkan suku bunga pinjaman yang rendah.

Nantinya, Anda akan mendapatkan sejumlah dana yang disesuaikan dengan nilai jaminan yang Anda miliki.

  1. Memanfaatkan dana dari sewa rumah

Salah satu kelebihan bisnis rumah adalah Anda bisa menyewakan rumah yang belum Anda beli. Pertama, buatlah kesepakatan kapan Anda akan melunasinya dengan pemilik rumah. Kedua, Anda harus melakukan promosi yang gencar untuk menyewakan rumah tersebut.

Untuk menarik peminat, Anda bisa menawarkan beberapa fasilitas tambahan seperti tersedianya furnitur, renovasi ringan, atau keringanan biaya sewa jika penyewa mau menyewa beberapa tahun sekaligus.

Ketiga, jika sudah ada penyewa, Anda bisa meminta mereka untuk memberikan uang muka. Gunakan uang tersebut untuk membayar uang muka pembelian rumah ke developer atau pemilik rumah sebelumnya.

  1. Menjadi agen properti

Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan cara menjual rumah dengan harga yang lebih tinggi (mark-up). Caranya, carilah pemilik rumah yang sedang mencari orang lain untuk menjual rumahnya. Gunakan kesempatan itu untuk menawarkan menawarkan diri Anda untuk membantu menjual rumahnya.

Buatlah kesepakatan untuk berbagai komisi dengan pemilik rumah. Jujur dari awal bahwa Anda akan menjual kembali rumah tersebut dengan harga yang lebih tinggi akan memudahkan proses negosiasi mengenai harga.

Cara bangun rumah tanpa modal di atas dapat membuat property cash machine Anda bergerak semakin kencang. Bagaimana tidak, Anda mendapatkan rumah atau uang tanpa harus mengeluarkan dana. Pilih cara yang menurut Anda paling aman, nyaman, dan tidak membebani di kemudian hari. Salah satu cara dan ilmu yang harus Anda pelajari apabila ingin membangun properti cash machine dalam bentuk properti kost adalah bergabung bersama KSI Community.