5 Cara Mudah Belajar Bisnis Kost untuk Pemula

0
285

5 Cara Mudah Belajar Bisnis Kost untuk Pemula

Memulai bisnis kost bisa jadi hal yang menantang sekaligus menyenangkan. Bagian yang paling menyenangkan mungkin ada pada peluang mendapatkan jumlah passive income menggiurkan setiap bulannya. Sementara itu, untuk mendapatkan tingkat okupansi tinggi di rumah kost, Anda tentu memerlukan sejumlah strategi pemasaran dan memaksimalkan fasilitas kost.

Bagi yang berniat terjun ke dunia bisnis kost, mendulang pengetahuan sebanyak-banyaknya seputar properti tentu dapat menjadi nilai tambah sebelum benar-benar mengeksekusi rencana bisnis. Dengan belajar bisnis kost dari pakarnya langsung, Anda dapat meminimalisasi risiko kerugian akibat trial and error. Sekarang, Anda dapat belajar bisnis kost dengan lebih mudah dengan lima tips berikut ini.

  1. Ikut mengelola bisnis kost keluarga atau kerabat dekat

Praktik langsung tentu dapat memberikan gambaran tepat mengenai pelaksanaan operasional bisnis kost. Bagi yang berminat untuk punya bisnis kost sendiri tapi belum memiliki cukup modal, Anda dapat belajar dengan melakukan obeservasi atau ikut mengelola rumah kost keluarga dan kerabat dekat. Pengelolaan rumah kost dapat meliputi pengawasan terhadap penghuni, memastikan fasilitas kost tetap baik, melakukan kegiatan pemasaran, hingga mengelola pemasukan iuran kost setiap bulannya.

  1. Bergabung di komunitas investor properti

Menjalin relasi dengan orang-orang yang berkecimpung di bidang properti dapat membuat Anda semakin bersemangat dalam merintis bisnis. Komunitas investor properti bisa jadi wadah yang tepat untuk membantu Anda membangun relasi dengan para investor dari berbagai latar belakang. Anda dapat “mencuri” ilmu dari pengalaman para investor terdahulu dalam merintis bisnis properti maupun kost. Jangan sungkan pula untuk mengajak para rekan baru membangun peluang bisnis bersama.

  1. Mengikuti workshop bisnis kost dan properti

Komunitas investor properti, seperti KSI Community (Kost Strategi Investing) sering menggelar workshop dan seminar bagi para pebisnis kost pemula. Dari workshop tersebut, Anda dapat membawa pulang banyak ilmu baru untuk perkembangan bisnis kost, seperti strategi memilih lokasi kost ideal, refinancing bisnis kost, strategi pemasaran, seluk-beluk pajak rumah kost, hingga panduan mengakuisisi rumah kost. Tidak hanya itu, Anda pun akan diajak terjun langsung mempelajari studi kasus di beberapa lokasi kost. Ada banyak sekali manfaat yang dapat Anda dapatkan. Selain belajar, Anda telah bergabung dalam sebuah komunitas, yang tentunya bergabung dalam sebuah komunitas pebisnis properti kost dapat memberikan Anda manfaat yang lain seperti jaringan Anda bertambah luas, sharing pengalaman dan saling belajar dari anggota lainnya.

  1. Mengikuti kursus bisnis kost online

Bagi Anda yang punya keterbatasan waktu dan tempat untuk mengikuti workshop, kursus online bisa jadi solusi tepat. Materi yang diberikan dalam seminar dan kursus online biasanya tidak jauh berbeda. Bedanya, Anda bisa lebih leluasa untuk belajar. Kursus bisnis online ini pun biasanya memberikan webinar atau konsultasi langsung dengan para pakar agar Anda dapat memperoleh solusi bagi permasalahan bisnis kost.

  1. Membaca buku seputar investasi properti

Buku menjadi solusi tepat selanjutnya bagi Anda yang punya keterbatasan waktu dan biaya untuk mengikuti seminar. Di pasaran, Anda bisa dengan mudah mendapatkan buku-buku seputar bisnis properti lengkap dengan studi kasus dan pengalaman para praktisinya. Dari setiap pengalaman maupun studi kasus tersebut, Anda dapat memperoleh gambaran awal mengenai tantangan apa saja yang kemungkinan akan dihadapi saat merintis bisnis kost sekaligus solusi untuk meminimalisasi risiko kerugian akibat tantangan tersebut.

Mempersiapkan bisnis kost Anda secara matang dengan pengetahuan dan pengalaman merupakan langkah aman untuk menghindari kerugian tidak terduga akibat buruknya eksekusi rencana bisnis. Jadi, jangan pernah lelah untuk belajar demi mewujudkan impian menjadi investor kost andal.