5 Jenis Software Akunting yang Bisa Mempermudah Pembukuan Bisnis Kost dan Hotel

0
208

5 Jenis Software Akunting yang Bisa Mempermudah Pembukuan Bisnis Kost dan Hotel

Bisnis hotel atau rumah kost di manapun, memerlukan sistem akunting yang teratur agar bisa berjalan dengan lancar dan efisien. Semakin banyak pengusaha hotel di luar negeri dan dalam negeri yang memilih untuk menyerahkan urusan keuangannya pada software akunting hotel.

Penggunaan perangkat lunak ini selain lebih mudah, juga diakui lebih hemat dibanding dengan menggunakan cara manual. Anda bahkan bisa menjalankan bisnisĀ  Anda dengan mode auto pilot. Artinya, akan ada banyak waktu yang bisa Anda manfaatkan untuk pengembangan sektor bisnis yang lain, alih-alih sibuk dengan urusan pembukuan dan keuangan.

Dalam industri perhotelan dunia, ada banyak sekali jenis software akunting hotel ataupun software akunting kost (student dormitory) yang dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk mempermudah bisnis mereka. Berikut adalah 5 software yang paling populer dan paling banyak digunakan.

  1. Sage Intacct Software

Sage Intacct adalah penyedia layanan software akunting hotel berbasis awan (cloud). Perangkat ini cocok untuk bisnis kecil dan menengah dan mampu menampilkan data finansial secara real time. Pengguna juga bisa memperoleh data mendalam dan mengotomatisasi sistem keuangan hotel atau rumah kost yang dikelola. Layanan Sage Intacct ini paling populer di kalangan pengusaha internasional.

  1. Multiview

Multiview adalah solusi manajemen finansial yang termasuk laporan keuangan serta analisisnya. Selain keuangan, Multiview juga menawarkan layanan laporan dan analisis dengan teknologi ViewPoint. Dengan ViewPoint, perusahaan memiliki akses ke data perusahaan ditambah dengan kemampuan untuk menelusuri detail di berbagai subsistem.

  1. QuickBooks Enterprise Software

QuickBooks Enterprise adalah salah satu perangkat lunak yang cocok untuk solusi akunting hotel dan berbagai jenis usaha menengah ke bawah termasuk industri konstruksi, distribusi, manufaktur hingga ritel. Software ini memiliki fungsi untuk mengelola banyak pengguna, lokasi, alur kerja inventaris dan data transaksi dalam jumlah besar.

  1. NetSuite

NetSuite adalah perangkat lunak manajemen bisnis yang menawarkan berbagai layanan termasuk melakukan perencanaan sumber daya perusahaan dan fungsi manajemen hubungan pelanggan. Software ini dirancang untuk berbagai industri termasuk perhotelan. Sistem NetSuite Financials dapat diintegrasikan dengan proses back-office, sales and layanan perusahaan.

  1. SAP Anywhere Software

SAP Anywhere adalah solusi manajemen operasi berbasis awan. Perangkat lunak ini menyediakan fungsionalitas bisnis untuk manajemen hubungan pelanggan, mengatur pesanan, perdagangan multi-channel, manajemen inventaris dan lainnya.

Meski banyak sekali software akunting hotel atau kost yang beredar di pasaran, Anda harus bisa menjatuhkan pilihan pada perangkat lunak yang paling tepat untuk Anda. Semua hotel memiliki masalah masing-masing dengan cara penyelesaian yang berbeda-beda juga. Ibarat sebuah celana, ukurannya harus pas agar Anda tetap merasa nyaman memakainya.

Selain berbagai layanan yang diberikan oleh masing-masing jenis software di atas, yang tak kalah penting adalah kemudahan komunikasi Anda dengan distributor atau pengembang perangkat lunaknya. Akan lebih baik jika Anda memilih perusahaan penyedia software akunting hotel lokal yang sudah memiliki pengalaman bekerja sama dengan berbagai sektor bisnis di Indonesia. Informasi mendalam terkait pemilihan perangkat lunak dan sistem bisnis hotel atau kost bisa Anda dapatkan melalui KSI Community.

KSI Community hadir bagi wadah bagi semua pengusaha di Indonesia. Hanya dengan satu kali membayar biaya keanggotaan, Anda bisa melakukan konsultasi berkaitan dengan distributor atau merek software akunting hotel apa yang paling banyak dan mudah dipakai.

Sebagai komunitas tempat berkumpulnya pebisnis maupun calon pebisnis hotel dan rumah kost, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi bidang terkait dengan anggota lain. Tentu saja jika Anda bingung dalam memilih software akunting hotel yang tepat, Anda juga dapat mendiskusikannya dengan rekan yang lebih berpengalaman.