5 Kelebihan Kredit Tanpa Bank

0
36

5 Kelebihan Kredit Rumah Tanpa Bank

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk memiliki rumah. Sebagian besar orang memanfaatkan produk yang ditawarkan pengembang yakni Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Namun, Anda bisa tetap memiliki rumah tanpa melibatkan bantuan bank. Kredit rumah tanpa bank sangat mungkin Anda lakukan, terlebih cara ini memiliki beberapa kelebihan daripada kredit melalui jalur bank. Meski belum banyak dilirik, namun berikut 5 kelebihan dari kredit rumah tanpa bank yang bisa dinikmati.

  1. Tanpa Prosedur Panjang

Membeli rumah melalui kredit tanpa bank artinya Anda akan tak akan melalui proses BI checking. Proses ini berisi laporan dari Bank Indonesia (BI) tentang riwayat pinjaman seorang nasabah. Apakah nasabah pernah mengalami masalah di suatu bank atau tidak, kredit di bank pernah macet atau tidak, dan lain-lain.

Lewat laporan ini, setiap lembaga keuangan bisa mengakses riwayat kredit nasabah yang bersangkutan. Karena BI checking ditiadakan, proses persetujuan kredit Anda pun semakin cepat.

  1. Harga yang Lebih Murah

Biasanya, harga rumah yang dibeli kredit tanpa melalui bank memiliki harga beli yang lebih murah. Ini disebabkan karena tak ada biaya tambahan yang harus dibayarkan kepada pihak bank seperti biaya appraisal maupun survei calon rumah. Juga karena tidak ada biaya bunga yang harus dibayarkan karena kredit tersebut. 

  1. Masa Cicilan Bisa Dinegosiasikan

Saat Anda membeli rumah langsung ke pengembang, lama masa pembayaran cicilan bisa dinegosiasikan. Meskipun biasanya pengembang telah menetapkan lamanya waktu pembayaran, manfaatkanlah keahlian Anda untuk bernegosiasi. Bukan tidak mungkin Anda dapat bernegosiasi mengenai jangka pembayaran, dan lainnya.

Skema kredit rumah tanpa bank ibarat Anda menyewa rumah dari pengembang dalam jangka waktu tertentu. Ketika masa angsuran selesai, maka secara otomatis rumah serta sertifikatnya akan menjadi milik Anda.

Dengan skema ini, proses serah terima properti bisa dilakukan maksimal ketika pembayaran cicilan telah mencapai 80 persen dari harga rumah yang harus dibayarkan.

Anda wajib mengomunikasikan seputar kejelasan serah terima rumah. Bila perlu cantumkan poin tersebut dalam akta Perjanjian Jual Beli (PJB) yang disahkan notaris. 

  1. Terlambat Bayar Cicilan tak Jadi Masalah

Kelebihan lainnya yang bisa Anda rasakan saat memilih kredit rumah tanpa bank yaitu tak ada penalti atau denda bagi nasabah yang terlambat membayar cicilan. Pihak pengembang menganggap masalah tersebut bisa diselesaikan secara musyawarah dengan nasabah. Namun tidak semua pengembang bisa melakukan hal ini, maka sebaiknya Anda membaca lagi smua klausal dalam akta Perjanjian Jual Beli (PJB) Anda dengan pihak pengembang.

Sementara ketika mengambil kredit melalui bank, Anda diharuskan membayar cicilan tepat waktu sesuai tanggal yang sudah disepakati. Bila terlambat, Anda bisa dikenai denda hingga 0,5% per hari, dihitung dari besarnya cicilan bulanan. Namun, jangan jadikan ini alasan untuk menunggak cicilan.

  1. Cicilan Tanpa Riba

Bila ingin menikmati keuntungan kredit rumah tanpa riba, pililah para pengembang yang tepat. Cari pengembang yang tidak menerapkan perhitungan bunga untuk mendapat laba. Laba diperoleh berdasarkan penetuan margin dari biaya operasional pembangunan.

Kelebihan kredit rumah tanpa bank tersebut bisa Anda rasakan manfaatnya, asalkan memilih pengembang yang kredibel. Pelajari rekam jejak pengembang dan minta refernsi dari pembeli sebelumnya.