5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memulai Bisnis Properti Kost

0
63

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memulai Bisnis Properti Kost

Bisnis properti kost merupakan salah satu usaha yang dapat mengembalikan modal dengan cepat dan memberikan keuntungan yang besar. Karenanya, tak heran jika banyak orang mencoba peruntungan di bisnis yang satu ini.

Sayangnya, tidak sedikit pelaku bisnis properti pemula yang malah mengalami kerugian saat menjalankan bisnis indekosnya. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik merintis bisnis kost-kostan, sebaiknya perhatikan lima kesalahan yang sering dilakukan saat memulai bisnis properti kost berikut ini.

  1. Memilih Lokasi yang Kurang Tepat

Kesalahan yang paling sering dilakukan para pelaku bisnis properti pemula saat memulai bisnis properti kost adalah memilih lokasi yang kurang tepat. Dalam mendirikan rumah kost, lokasi yang dekat dengan pusat bisnis atau kampus memang harus menjadi pertimbangan utama. Namun, Anda juga tidak boleh mengabaikan hal-hal lain seperti kedekatan kost dengan tempat umum, kemudahan kost untuk diakses menggunakan alat transportasi umum, keamanan lingkungan, serta lingkungan yang bebas banjir. Lokasi pasti menjadi perhatian pertama dari penyewa karena para penyewa pasti menginginkan kost mereka tidak jauh dari sarana transportasi, tempat-tempat umum, dan lokasi yang ingin mereka tuju. Jika Anda mengabaikan lokasi kos Anda dan membangunnya di lokasi yang tidak bagus, maka jangan heran jika kos Anda mungkin sulit penuh atau uang sewanya terlalu rendah.

  1. Asal-asalan dalam Membangun Kost

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan saat memulai bisnis properti kost adalah membangun rumah indekos secara asal-asalan. Jika ingin kost Anda diburu para pencari kost dan selalu penuh oleh penyewa, Anda tentu harus membangun rumah indekos dengan desain yang nyaman, bersih serta menenangkan. Selain itu, sediakan juga kamar mandi yang sebanding dengan jumlah kamar, dapur, tempat untuk menjemur pakaian, tempat parkir, serta fasilitas lain yang dibutuhkan oleh penghuni indekos.Membangun rumah indekos harus disesuaikan dengan target Anda juga. Sediakan fasilitas yang diperlukan, perhatikan kenyamanan dan kerapian rumah indekos Anda agar penyewa merasa betah.

  1. Tidak Menyediakan Fasilitas Kamar yang Baik

Fasilitas kamar untuk para penghuni kost juga tak kalah penting untuk Anda perhatikan. Idealnya, kamar kos yang baik adalah yang memiliki kasur, lemari, penghuni indekos semakin nyaman, Anda juga bisa menambahkan parabotan lain seperti meja dan kursi belajar. Pastikan apa yang dibutuhkan penyewa tersedia, dengan begitu akan ada banyak calon penyewa yang akan berminat untuk menyewa di rumah indekos Anda.

  1. Tidak Mengelola Kost Secara Efektif

Saat Anda menjalankan bisnis kost-kostan, sebaiknya kunjungi rumah kost Anda setiap beberapa minggu sekali untuk mengecek jika ada kerusakan atau masalah-masalah lain yang dialami para penyewa. Dengan menjaga rumah kost selalu dalam kondisi yang baik, para penghuni yang tinggal di dalamnya tentu akan semakin betah dan terus menyewa kamar di kost-kostan Anda.

  1. Memperlakukan Bisnis Layaknya Hobi

Memperlakukan bisnis kost-kostan layaknya hobi bukanlah hal yang semestinya Anda lakukan. Jika Anda mengangkap bisnis Anda sebagai hobi semata, maka Anda akan santai dalam menjalankannya. Padahal, sama halnya dengan bisnis yang lain, bisnis properti kost juga membutuhkan perincian yang matang agar Anda dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.

Jadi, itulah lima kesalahan yang sering dilakukan para pelaku bisnis properti pemula dalam memulai bisnis properti kost. Agar tidak salah langkah dalam menjalankan bisnis properti kost, sebaiknya Anda bergabung di KSI Community. Di komunitas tersebut, Anda bisa belajar lebih banyak mengenai bisnis properti kost dari para pebisnis kost yang sudah berpengalaman. Semoga bermanfaat!