5 Langkah Jadikan Rumah Pribadi Menghasilkan

0
51

5 Langkah Jadikan Rumah Pribadi Sebagai Property Cash Machine

Siapa yang tidak ingin punya rumah yang juga sekaligus berfungsi sebagai property cash machine? Membayar pajak, tagihan perawatan bulanan, hingga cicilan (jika rumah belum lunas) memerlukan biaya yang besar. Jika Anda tidak cukup cerdas, Anda mungkin akan kehilangan kesempatan memiliki investasi yang cukup sebelum pensiun.

Tapi tenang saja. Anda tak perlu menunggu untuk bisa memulai bisnis properti. Dari rumah Anda, coba pilih salah satu ide bisnis untuk menciptakan property cash machine sendiri!

  1. Tambahkan Ruang untuk Disewakan

Jika Anda tinggal di rumah dengan halaman luas atau bangunan luas yang tak terpakai, tidak ada salahnya mulai memanfaatkannya. Membangun rumah petak atau kios kecil untuk disewakan akan memberikan pemasukan yang cukup menjanjikan. Anda juga bisa menjadikan garasi yang tak terpakai sebagai gudang sewaan. Intinya jika Anda memiliki lahan kosong di rumah maka buatlah menjadi bermanfaat dengan menyewakannya atau membuat bisnis tambahan di rumah Anda.

  1. Sewakan Seluruh Rumah

Harus pindah tugas selama beberapa bulan atau ingin tinggal di daerah dengan suasana yang sedikit berbeda? Saatnya menjalankan bisnis penyewaaan rumah. Jika rumah Anda berada dekat dengan kampus atau perusahaan besar, tidak akan sulit menemukan penyewa. Lebih menarik lagi jika Anda tinggal di daerah wisata, Anda bisa menyulapnya jadi vila musiman bagi turis yang datang.

  1. Buka Guest House

Punya rumah besar dengan banyak kamar bisa jadi menyulitkan jika Anda tak cukup cerdik mengelolanya. Cobalah untuk membuka guest house atau rumah kost. Anda bisa menyewakannya dalam jangka panjang atau jangka pendek, tergantung kebutuhan. Membuka guest house mungkin akan sedikit lebih ribet karena Anda harus menyiapkan sarapan dan membersihkan kamar untuk tamu.

  1. Mengadakan Event

Punya lahan kosong yang cukup luas? Kenapa tidak mencoba menyewakannya sebagai tempat event seperti konser musik atau festival? Banyak juga pengusaha yang mendapatkan keuntungan dari bisnis agrowisata dengan membuat labirin dari rumput, lokasi outbond, atau tempat belajar bertani.

Semakin meluasnya tren small wedding dan outdoor wedding juga menciptakan peluang yang tak kalah menjanjikan. Tanami halaman belakang rumah Anda dengan rumput hijau, buat gazebo dan siapkan kursi-kursi untuk disewakan jika Anda orang yang membutuhkan venue wedding dengan tema garden party.

  1. tips bisnis

Menjadikan rumah sebagai property cash machine bukanlah hal yang mustahil. Selain keempat pilihan di atas, Anda bisa melakukan banyak bisnis di rumah tergantung dengan keahlian Anda. Jika Anda tertarik memulai bisnis properti dari rumah tanpa harus menyewakannya, Anda bisa memulai dengan menjadi agen perumahan, membuat website dan membantu memasarkan rumah sewa milik orang-orang atau agen perumahaan di sekitar tempat tinggal Anda.

Ada dua hal penting yang harus Anda pikirkan sebelum memutuskan menyulap rumah tinggal menjadi property cash machine. Pertama, asuransi dan masalah hukum. Pastikan Anda mengasuransikan rumah Anda dan menjalankan bisnis sesuai dengan aturan yang berlaku. Kedua, pastikan Anda tidak menjalankan bisnis di luar kemampuan Anda. Tidak semua orang cocok melakukan bisnis BnB dan menyewakan rumah yang mereka miliki karena kadang tidak semudah yang Anda bayangkan. Setiap bisnis memiliki masalah dan kesulitannya masing-masing. Maka ingatlah bahwa Anda harus terus berusaha dan jangan menganggap remeh bisnis yang properti yang Anda jalankan.