5 Langkah Persiapan Finansial Setelah Pensiun

0
96

Persiapan finansial setelah pensiun merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam kehidupan. Bukanlah sesuatu yang berlebihan jika Anda memikirkan masa pensiun sejak awal. Tentunya Anda tidak akan terus-menerus bekerja dan akan berhenti saat di rasa sudah tidak mampu bekerja lagi.

Lalu, persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk menunjang masa pensiun Anda? Ikuti lima langkah untuk mempersiapkan finansial pensiun di bawah ini.

1. Susunlah Rencana Keuangan

Segala sesuatu perlu direncanakan dengan matang dan cermat, termasuk masalah keuangan. Susunan rencana keuangan adalah bagian dari persiapan finansial setelah pensiun yang wajib dilakukan pertama kali. Anda tetap harus mengutamakan kebutuhan di masa sekarang sebelum mendahulukan keuangan pensiun. Bayangkan apa saja yang akan dilakukan setelah pensiun nanti dan catat ke dalam rencana anggaran.

2. Persiapkan Dana Pensiun

Penghasilan yang didapatkan tidak hanya untuk kebutuhan masa sekarang. Sesekali Anda perlu memikirkan bagaimana kehidupan di masa depan dan mempersiapkan simpanan untuk keadaan genting. Salah satunya adalah menabung dana pensiun yang akan sangat berguna untuk menunjang keperluan di usia tua.

Berapa pun gaji yang didapatkan, selalu sisihkan beberapa persen untuk tabungan. Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Tabungan akan sangat membantu jika suatu saat ada keperluan mendadak, seperti biaya kesehatan dan pengobatan serta kekurangan biaya untuk mencicil tagihan rutin.

3. Berinvestasi atau Usaha Sampingan

Selain memiliki penghasilan tetap, Anda perlu membuat usaha sampingan atau melakukan investasi. Investasi sudah menjadi keharusan jika Anda memiliki modal dan aset yang cukup. Modal yang dibutuhkan tidak selalu besar karena terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk berinvestasi dengan modal kecil.

Penyewaan aset-aset seperti kendaraan, rumah, ruko, indekos, dan tanah bisa menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan. Hal itu karena Anda tidak perlu bersusah payah hingga mengganggu pekerjaan utama. Anda hanya perlu menyusun manajemen dasar di awal saja, lalu tinggal meneruskan bisnis sesuai manajemen yang telah dibuat.

Anda juga bisa memanfaatkan hobi dan bakat sebagai usaha sampingan. Misalnya, pandai memasak dan membuat kue sehingga membuka jasa katering. Jika Anda terampil dalam menggambar dan membuat kerajinan tangan, kreatifitas tersebut bisa dituangkan dan dijadikan bisnis yang menguntungkan.

4. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Dibutuhkan

Di zaman sekarang, kebutuhan pokok memang sudah berbeda dari zaman sebelumnya. Gaya hidup setiap orang yang berbeda-beda mempengaruhi penggunaan uang. Ada orang yang menyukai gaya hidup glamor, ada pula yang lebih suka bersikap dan hidup sederhana. Tak ada salahnya bergaya hidup glamor jika memang memiliki penghasilan berlebih. Namun, jika bujet terbatas, sebaiknya hidup secara sederhana dibanding hidup mewah hanya untuk mendapatkan pengakuan dari lingkungan.

Latihlah diri untuk bersikap bijak dalam mengurus keuangan. Batasi kebutuhan-kebutuhan seminimal mungkin dan hindari menggunakan uang untuk sesuatu yang kurang penting. Jika memang Anda menginginkan sesuatu, tetapi tidak termasuk ke dalam kebutuhan utama, sisihkan sebagian uang untuk membelinya tanpa mengorbankan anggaran pokok.

5. Lunasi Tagihan atau Utang

Masa pensiun adalah masa untuk menenangkan diri dan menjalani kehidupan yang lebih santai. Anda tidak mau jika di masa pensiun harus dikejar-kejar oleh tagihan atau utang yang membengkak dan tak kunjung lunas, bukan? Selalu utamakan uang untuk melunasi kewajiban dan tanggung jawab agar tidak ada beban dan masalah di masa mendatang. Oleh karena itu, membuat rencana anggaran sangat dibutuhkan supaya Anda bisa menyediakan uang untuk tagihan tanpa mengganggu anggaran kebutuhan hidup.

Nah, sekian artikel terkait lima langkah persiapan finansial setelah pensiun yang bisa Anda terapkan. Lebih baik untuk mempersiapkan sejak dini daripada harus menunggu waktu yang dekat dengan masa pensiun. Dengan begitu, Anda bisa segera mendapatkan kebebasan finansial. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.