5 Langkah Sukses Merencanakan Pensiun Bersama Pasangan

0
78

5 Langkah Sukses Merencanakan Pensiun Bersama Pasangan

Setiap orang yang telah memasuki usia senja pasti ingin melewati masa tuanya dengan bahagia. Salah satu indikatornya adalah bebas dari beban pikiran untuk mengurus masalah keuangan. Sayangnya, tak semua orang menyadari pentingnya merencanakan masa pensiun dengan matang.

Bahkan, mereka yang dulunya memiliki karier cemerlang serta pemasukan diatas rata-rata, bisa mengalami masa pensiun yang memprihatinkan karena tidak mampu mengelola keuangan dengan baik. Agar bisa menikmati masa tua yang nyaman bersama pasangan, jangan lupa untuk mempersiapkan pensiun Anda. Sebagai pasangan yang sudah menikah, sudah saatnya mempersiapkan pensiun bersama pasangan dengan 5 langkah ini.

  1. Rencanakan Jauh-Jauh Hari

Rata-rata orang Indonesia akan memasuki masa pensiun pada usia 50-60 tahun. Karena itu, persiapkanlah dana pensiun Anda minimal 10 tahun sebelumnya. Anda bisa menyimpan dana secara rutin setiap bulan, misalnya dengan menyisihkan 10% dari penghasilan bulanan Anda dan pasangan.

Opsi lainnya, Anda bisa menggunakan fasilitas dana pensiun yang disediakan oleh lembaga-lembaga keuangan seperti asuransi atau bank. Dengan layanan pembayaran secara autodebet yang dilakukan setiap bulan, Anda bisa menjadi lebih disiplin dan terhindar dari kelalaian menabung untuk masa tua.

Melalui fasilitas ini, Anda juga bisa mendapatkan manfat tambahan berupa asuransi kematian jika Anda menggunakan asuransi jiwa. Diskusikan bersama pasangan Anda, mana opsi terbaik yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kemampuan finansial yang dimiliki.

  1. Persiapkan Anak-Anak Sejak Dini

Hal yang cukup memberatkan orang tua di masa pensiun adalah ketika anak-anak belum bisa mandiri secara finansial. Bahkan beberapa anak yang telah berpenghasilan sendiri, masih meminta bantuan dari orang tua.

Karena itu, persiapkan anak sedini mungkin supaya mereka siap menghadapi tantangan hidup dan menyelesaikan persoalan keuangannya sendiri. Bekali anak-anak dengan pendidikan yang cukup serta cara hidup mandiri. Buat anak-anak Anda menjadi pribadi yang mandiri secara mental dan finansial. Mempersiapkan masa depan anak agar menjadi pribadi yang mandiri adalah tugas utama sebagai orang tua. Agar kelak saat meninggalkan anak-anak Anda, mereka akan mandiri terutama secara finansial.

  1. Bersiaplah dengan Investasi

Selain menabung atau menggunakan fasilitas dana pensiun dari lembaga keuangan, Anda bisa mempersiapkan pensiun dengan berinvestasi sejak berada di usia produktif. Pilih investasi dengan risiko kecil, tetapi memiliki kemungkinan tumbuh lebih pasti, seperti investasi properti.

Seiring meningkatnya kebutuhan akan hunian, nilai properti juga akan terus meningkat tiap tahunnya. Bila memiliki investasi jenis ini, keuntungan jadi kian besar saat memasuki masa pensiun nanti.

  1. Mengatur Pola Hidup Hemat

Karena nantinya Anda merencanakan untuk hidup bersama pasangan menggunakan dana pensiun, dari sekarang usahakanlah untuk memiliki pola hidup hemat. Biasakan membeli barang berdasarkan kebutuhan bukan berdasar keinginan belaka. Bila pola hidup hemat ini sudah terbentuk, Anda tak perlu lagi melakukan penyesuaian saat memasuki masa pensiun kelak.

  1. Hidup Sehat

Kesehatan adalah sebuah investasi jangka panjang. Sayangnya, banyak orang yang ketika memasuki masa pensiun kondisi fisiknya kian menurun. Karena itu, usahakan untuk menerapkan gaya hidup sehat sejak saat ini untuk menghindari berbagai masalah kesehatan, yang tidak hanya mengganggu aktivitas, tetapi juga memberatkan finansial Anda. Atur pola makan yang sehat, istirahat yang cukup, dan lakukan olahraga teratur untuk mendapatkan tubuh yang bugar.

Berjuang selagi masih masa muda untuk mempersiapkan pensiun lebih baik ketimbang harus menderita saat memasuki masa tua. Lakukanlah 5 langkah diatas dengan konsisten agar mendapatkan masa tua yang lebih cemerlang.