5 Manfaat Membayar Pajak untuk Pemilik Kost

0
143

5 Manfaat Membayar Pajak untuk Pemilik Kost

Pajak adalah salah satu sumber penerimaan terbesar negara. Selain pajak kost yang termasuk di dalam Pajak Penghasilan, banyak sumber pajak lain seperti Pajak Pertambahan Nilai, Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Kendaraan Bermotor, dan lainnya. Mengutip data Menteri Keuangan, hasil pajak sebesar Rp1 triliun dapat dimanfaatkan untuk infrastruktur. Sedangkan 20% dari APBN dapat dimanfaatkan untuk pendidikan.

Sayangnya, tidak semua orang taat membayar pajak. Ada saja alasan mengapa orang menghindarinya. Pertama, pajak dianggap sebagai beban yang mengurangi penghasilan. Kedua, belum mengerti manfaat membayar pajak itu sendiri. Ketiga, mengisi formulir dan menghitung pajak dinilai merepotkan. Keempat, masyarakat belum percaya pada pegawai pajak saat ini.

Sebagai pemilik kost yang baik dan taat akan aturan negara, membayar pajak adalah hal yang wajib. Selain bermanfaat untuk negara, membayar pajak kost juga memberi manfaat bagi Anda sebagai pengusaha.Yuk kita simak, apa saja manfaat membayar pajak bagi pemilik kost, detailnya adalah sebagai berikut:

1. Wadah bagi Anda untuk belajar mengelola keuangan

Memiliki kost tentu ada pemasukan dan pengeluaran keuangan. Sebagai pengusaha dan sebagai pemilik kost, Anda harus melakukan pecatatan untuk setiap transaksi yang terjadi. Semua detail pemasukan dan pengeluaran harus Anda catat sehingga Anda belajar membagi pengeluaran berdasarkan kebutuhan seperti perawatan gedung, membayar pegawai, hingga membayar pajak. Jangan sampai usaha kost Anda merugi karena tidak mampu belajar mengelola keuangan, karena Anda menganggap dan mengira-ngira bahwa bisnis kost Anda berjalan lancar karena pemasukan lancar, namun tidak mengetahui bahwa pengeluaran Anda jauh lebih besar dan rutin. Pencatatan dan pengelolaan keuangan sangat dibutuhkan untuk semua jenis bentuk usaha.

2. Mudah mendapatkan pinjaman

Saat membayar dan melapor pajak kost, Anda akan mencantumkan NPWP di dalam sistem perpajakan negara. Dengan begitu, bank akan memudahkan peminjaman jika Anda memiliki NPWP karena bank akan melihat Anda sebagai sosok yang bertanggung jawab dan mampu membayar kredit pada nantinya. Jika Anda adalah orang yang taat akan pajak, bank akan mempertimbangkan Anda sebagai seseorang yang memiliki kredibilitas yang baik. Tentunta hal ini akan menambah kepercayaan bank kepada Anda jika Anda ingin melakukan kredit di bank atau sekedar menabung di bank.

3. Belajar berbisnis dengan profesional

Bagisegala jenis usaha yang memiliki NPWP, konsumen akan lebih percaya terhadap bisnis Anda karena terlihat lebih profesional. Beberapa kontrak bisnis juga melampirkan NPWP sebagai syaratnya. Maka dari itu, dengan membayar pajak, bisnis Anda akan dinilai sebagai bisnis yang dapat dipercaya dan profesional, sehingga perusahaan lainnya yang ingin bekerjasama dengan Anda juga lebih percaya.

4. Melindungi usaha kost

Manfaat yang utama dalam membayar pajak pada bisnis Anda adalah Anda mendapatkan kepastian untuk melindungi usaha kost Anda. Saat Anda taat membayar pajak, maka pemerintah tidak akan menetapkan sanksi ataupun denda pada usaha kost Anda. Namun jika Anda tidak membayar pajak dengan benar, tentunya akan ada sanksi tegas terhadap pemilik kost yang tidak membayar pajak, dimulai dari penyegelan hingga penyitaan aset bangunan setelah melalui prosedur yang sangat panjang, melelahkan, dan menguras energi, waktu serta uang Anda.

5. Membuat diri lebih peka kepada sesama

Membayar pajak dapat meningkatkan rasa peduli terhadap masyarakat dan negara. Pendapatan dari pajak membiayai negara untuk membangun fasilitas rumah sakit, kantor polisi, dan sekolah.

Untuk program sekolah, Anda dapat membantu anak-anak mendapatkan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS), beasiswa, wajib belajar Sembilan tahun gratis, hingga pengadaan alat tulis.

Belum lagi, pajak dapat membantu biaya pembangunan infrastruktur. Misalnya pembangunan jalan tol di Sumatra, Kalimantan, dan Papua, pembangunan jembatan, pelabuhan hingga bandara. Bayangkan, mobilitas orang dan barang menjadi cepat. Harga bahan pokok pun menjadi murah.

Pajak juga membiayai subsidi pangan dan bahan bakar minyak. Secara tidak langsung, pajak yang Anda bayar akan kembali lagi dirasakan oleh Anda.

Jadi, rutinlah membayar pajak agar semua orang dapat merasakan manfaat membayar pajak. Usaha akan tetap aman, negara akan terus maju.