5 Strategi Menjalankan Bisnis Kost yang Menguntungkan

0
69

Ini 5 Strategi Menjalankan Bisnis Kost

5 strategi investasi bisnis kost yang penting ini sering menjadi bagian penting dalam proposal usaha kost-kostan

Banyak yang ingin memiliki rumah kost karena merupakan salah satu peluang bisnis menarik yang menjadi investasi jangka panjang menguntungkan. Seperti kita ketahui, bisnis kost ini semakin menjamur terutama di kota-kota besar yang banyak didatangi penduduk dari luar kota.

Dengan permintaan yang tinggi, bisnis kost ini jelas masih memiliki peluang besar yang bisa dimanfaatkan. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui, strategi apa yang perlu diterapkan saat akan memulai menjalankan bisnis kost? Inilah 5 strategi yang tidak dapat dipisahkan dari proposal usaha kost-kostan

  1. Modal dari Pihak Ketiga

Modal jangan dijadikan sebagai penghambat, karena saat ini cukup banyak alternatif strategi membeli properti kost dari pihak ketiga seperti dana bank. Pinjaman kredit ini bisa dimanfaatkan terutama bagi mereka yang telah memiliki pendapatan tetap. Dengan demikian tidak terjadi risiko kredit macet yang pastinya akan menghambat usaha Anda. Namun saat menggunakan modal dari pihak ketiga maka harus betul-betul dipikirkan agar tidak salah langkah.

2. Lokasi yang Strategis dan Harga Bersaing

Dua hal ini sangatlah memengaruhi usaha kost-kostan Anda, karena lokasi berbanding lurus dengan harga tanah. Jika lokasi sangat strategis, tentu usaha kost Anda akan menguntungkan dan cepat balik modal. Sedangkan lokasi strategis membutuhkan modal tinggi dan kepiawaian dalam bertransaksi yang mutlak Anda miliki.

Sedangkan harga kost yang harus Anda tetapkan haruslah kompetitif sehingga dapat menarik lebih banyak peminat kost. Kompetitif di sini artinya harus disesuaikan dengan lokasi, fasilitas, dan area wilayah. Ingat bahwa harga sebuah kamar kost ditentukan oleh lokasi strategis dan kelengkapan fasilitasnya.

3. Bangunan yang Layak Huni

Bangunan yang tidak bermasalah di sini terkait bangunan yang layak huni sebagai rumah kost. Jadi, usahakan rumah kost Anda terawat, atap tidak bocor, cat dinding tidak terkelupas, kamar mandi terpelihara, dan kebersihan ruang bersama juga terjaga. Dengan demikian, kondisi bangunan yang istimewa ini akan menjadi nilai lebih dan menarik banyak peminat, yang akan merasa betah dan mau membayar lebih untuk mendapatkan kenyamanan.

4. Fasilitas Lengkap dan Oke

Fasilitas standar sebuah rumah kost adalah tempat tidur, meja kursi, dan lemari. Namun, saat ini kamar mandi dalam sudah menjadi kebutuhan untuk kost bagi kelas menengah ke atas. Sesuaikan fasilitas dengan target market Anda, misalnya bila target Anda adalah karyawan kantor, Anda harus menyediakan AC yang memberikan kenyamanan lebih. Jangan lupa untuk menyediakan tempat parkir yang cukup luas dan aman juga. Intinya, fasilitas kost Anda akan menjadi penunjang harga kos Anda, maka perlu diperhatikan kesesuaian fasilitas dan target market Anda juga. Jangan sampai tidak menyediakan fasilitas yang dibutuhkan target market Anda, karena kost Anda akan jadi tidak menarik dimata konsumen Anda.

5. Promosi yang Baik

Setelah Anda telah memiliki rumah kost yang layak untuk disewakan mulai dari lokasi, bangunan, harga, hingga fasilitas, langkah terakhir adalah dengan melakukan promosi. Promosi ini bisa dilakukan baik secara konvensional maupun secara online.Promosi online pun sangat prospektif karena lebih praktis baik bagi para pemilik kost maupun prospek. Banyak mahasiswa dan karyawan mencari informasi melalui internet, setelah itu baru melakukan survei untuk memudahkan.

Nah, demikianlah 5 strategi yang biasanya tidak dapat terlepas dengan proposal usaha kost-kostan yang perlu Anda perhitungkan. Semoga bermanfaat.