6 Kiat Cara Sukses Bisnis Kost yang Harus Anda Ketahui !

0
29

Bisa dibilang bisnis kost adalah bisnis yang mudah untuk dijalankan. Karena Anda hanya memerlukan tempat yang strategis, dan membangun tempat kost yang nyaman. Hal seperti ini tidak sepenuhnya salah, tapi jika Anda ingin usaha kost tersebut, sukses, maka beberapa kiat cara sukses bisnis kost yang harus Anda lakukan :

  1. Cek lokasi tempat kost 

Adapun cara sukses bisnis kost yang pertama akan dibahas adalah, cek lokasi tempat kost Anda. Apakah tempat kost berada di kawasan pariwisata atau dekat dengan kawasan wisata, dekat dengan kampus atau sekolah, dekat dengan perkantoran, dekat dengan kawasan pabrik, atau yang lainnya.

  1. Perhatikan segmentasi pasar kost yang hendak dibidik 

Berikutnya cek segmentasi pasar kost yang akan dibidik. Ada beberapa hal yang dapat dipilih kali ini, mulai dari segmentasi pasar standar, pasar menengah, kamar kost khusus untuk putra, kamar kost khusus untuk putri, kamar kost untuk pegawai, dan yang lainnya.

Masing-masing segmentasi mempunyai standar kenyamanan dan fasilitas yang berbeda-beda. Hal seperti ini yang harus diperhatikan dengan baik, agar Anda mampu mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan secara tepat.

  1. Cek fasilitas dan ukuran kamar yang dibutuhkan 

Hal berikutnya dalam bisnis kost kostan adalah mempersiapkan fasilitas dan ukuran kamar yang akan dibuat. Misalnya untuk ukuran standar, maka ukuran ruangan dibuat tidak terlalu besar, dengan fasilitas yang juga standar, mulai dari kosongan, atau ada juga yang full furniture, seperti kasur, lemari pakaian dan meja + kursi belajar. Lain lagi dengan fasilitas untuk kamar menengah, selain ukuran kamar yang sedikit lebih besar, Anda juga dapat menambahkan beberapa fasilitas standar lainnya, selain kasur, lemari pakaian, meja + kursi belajar, bisa juga ditambah dengan rak sepatu, TV layar datar, dan yang lainnya.

Pastikan fasilitas yang disediakan sesuai dengan standar kenyamanan dan kebutuhan para penghuni kos itu sendiri. Misalnya saja adanya tambahan kamar mandi dalam atau kamar mandi bersama.

  1. Buat layanan kamar yang nyaman 

Untuk membuat para penghuni merasa nyaman, Anda juga dapat menambahkan layanan kamar, seperti WiFi, fasilitas air panas, layanan cuci pakaian (adanya mesin cuci yang dapat digunakan bersama), dapur dengan fasilitas memasak lengkap, area parkir yang luas dan nyaman dan fasilitas lainnya.

  1. Buat aturan sewa secara tepat 

Umumnya aturan sewa adalah bulanan atau tahunan. Hal seperti ini memang tidak salah Anda terapkan. Terutama untuk kost yang berada di daerah kampus, perkantoran atau juga dekat dengan kawasan pabrik.

Tapi jika tempat kost Anda berada di dekat kawasan wisata, tidak ada salahnya jika Anda memberikan layanan sewa kamar per hari, atau juga per mingguan.

  1. Buat standarisasi keamanan dengan baik 

Satu hal lain yang tidak boleh Anda lupakan adalah faktor keamanan. Kali ini Anda dapat menggunakan seorang satpam, atau penjaga kost, yang ditambah dengan fasilitas CCTV. Dengan demikian berbagai kegiatan di dalam rumah kost akan selalu terpantau, dan rumah kost dalam kondisi aman.

Demikianlah ulasan akan tips cara sukses bisnis kost yang harus Anda ketahui, semoga berguna untuk usaha rumah kost yang akan dibuat.