fbpx
Wednesday, April 17, 2024
HomeBisnis Kost7 Cara Memulai Bisnis Kos-kosan

7 Cara Memulai Bisnis Kos-kosan

Bisnis kos kosan saat ini sangat menggiurkan dengan kentungan yang bisa Anda dapatkan. Jenis usaha yang terbilang pasif ini, memungkinkan Anda tidak bekerja, tetapi tetap mendapatkan penghasilan. Bahkan sudah banyak anak muda yang memiliki jenis usaha ini. Untuk mengetahui cara memulai bisnis kos kosan, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Memilih Lokasi Strategis

Supaya kos-kosan Anda dapat banyak peminatnya, maka sangat penting untuk memilih lokasi kos yang strategis, seperti berdekatan dengan perkantoran, universitas, kampus, atau sekolah. Pasalnya, kos-kosan biasanya lebih banyak dibutuhkan oleh para pekerja dan orang yang sedang menempuh pendidikan. Pastikan juga fasilitas umum tersedia berdekatan dari kos.

  1. Menentukan bangunan yang tepat

Jika Anda membangun sendiri atau membeli rumah kost, sebaiknya mengenali dan memperhatikan setiap detail bangunan. Anda perlu memastikan bahwa kondisi bangunan layak untuk ditempati, sehingga tidak lagi membutuhkan renovasi ulang.

Selain itu, jika Anda membeli rumah kos dari orang lain, baik perorangan atau pun pengembang, perhatikan dan cek segala hal yang terkait dengan legalitas bangunan, agar Anda tidak membeli bangunan sengketa. Pasalnya, hal ini tentu akan merugikan diri Anda sendiri.

  1. Mengenal jenis properti

Anda perlu mengenal jenis properti sebelum memulai bisnis kos-kosan. Apakah bangunan yang ingin Anda bangun atau beli sudah cocok untuk rumah kos. Anda harus menyesuaikan ukurannya, mengingat kos-kosan cukup banyak akan fasilitas dan kamar yang dibutuhkan.

Namun, jika Anda ingin membangun bisnis kos-kosan anti-ribet bisa membeli franchise kost autopilot

  1. Konsep yang Unik

Bisnis kos-kosan saat ini tentunya banyak Anda temui di satu wilayah yang sama, artinya cukup banyak pesaing yang Anda miliki. Agar bisnis Anda dapat menarik dan memberikan kesan yang berbeda, maka sebaiknya menggunakan konsep yang unik, sehingga akan lebih banyak orang yang ingin menyewa kos di tempat Anda.

  1. Menjaga Kebersihan

Kebersihan pada suatu tempat untuk bisnis tentunya merupakan hal yang penting. Kebersihan menentukan apakah tempat kos Anda nyaman atau tidak. Oleh karena itu, pastikan Anda menjaga kebersihan dan melakukan perawatan secara rutin, baik itu pada interior ataupun eksterior bangunan.

  1. Fasilitas Lengkap

Biasanya, semakin lengkap fasilitas yang dimiliki oleh sebuah tempat usaha kos kosan akan semakin menarik banyak orang. Sehingga mereka tidak perlu lagi repot untuk membeli atau membawa dari tempat lamanya untuk barang-barang tertentu, seperti TV, kasur, AC, water heater, dan lain sebagainya.

  1. Harga Bersaing

Harga tentunya menjadi salah satu faktor penting bagi seseorang untuk memutuskan apakah memilih tempat sewa kos Anda atau tidak. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis kos kosan tetapkan harga sewa yang bersaing yang tentunya juga sesuai dengan fasilitas yang Anda tawarkan.

Gimana tertarik untuk investasi di bisnis properti kost?

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?