7 Strategi untuk Investasi Properti Kost yang Sukses

0
247

Ingin Memulai Investasi Properti Kost? Lakukan 7 Strategi Ini

Dampak terjadinya inflasi negara memaksa masyarakat untuk memiliki dana cadangan demi terjaganya kestabilan finansial. Salah satu cara yang banyak dipilih adalah dengan berinvestasi. Dari banyaknya jenis investasi, investasi properti disinyalir memiliki keuntungan yang jauh lebih besar. Hal ini salah satunya disebabkan oleh harga properti yang cenderung selalu naik setiap tahunnya.

Meskipun terlihat menjanjikan, ternyata menjalankan usaha properti tidaklah mudah. Dibutuhkan perencanaan dan strategi yang matang agar profit yang diperoleh mencapai angka maksimal. Selain rumah, kost juga menjadi jenis investasi properti yang menguntungkan jika dilakukan dengan 7 strategi ini:

  1. Temukan Pengembang yang Tepat

Pertama, Anda butuh seorang pengembang. Supaya lebih mudah, Anda bisa bergabung di Komunitas Properti Indonesia. Nantinya, Anda akan mendapatkan informasi yang menarik seputar investasi properti kost dari para investor properti. Anda juga bisa mengikuti berbagai workshop atau KSI (Kost Strategi Investing).

2. Beli Properti di Waktu yang Pas

Prinsip dari investasi properti kost adalah membeli dengan harga yang paling terjangkau dan menyewakannya kembali dengan keuntungan setinggi mungkin. Inilah mengapa Anda perlu mengetahui dengan pasti kapan harga properti sedang berada pada angka termurah. Beberapa waktu yang bisa Anda pertimbangkan adalah saat Lebaran atau menjelang awal masuk sekolah.

3. Cari Lokasi Properti Kost yang Strategis

rumahdijual

Sebelum mulai membangun, terlebih dahulu Anda harus menemukan lokasi yang strategis. Pastikan lokasi kost Anda terletak dekat dengan jalan raya, minimarket, apotek, sekolah, kantor, rumah sakit, dan penjual makanan. Pastikan pula akses transportasinya memadai. Lokasi yang strategis akan membuat peminat kost meningkat, dan tentunya keuntungan yang akan Anda peroleh dari investasi properti ini pun tinggi.

4. Berikan Fasilitas yang Memadai

Tak hanya di luar bangunan kost, kamar kost yang Anda tawarkan pun harus memiliki fasilitas yang lengkap. Selain kasur dan lemari, Anda bisa menambahkan meja belajar, rak meja, dan kipas angin atau AC. Lebih baik lagi jika tersedia fasilitas kamar mandi dalam.

5. Cari Informasi Mengenai Harganya

Sebelum mulai mempromosikan investasi properti kost, sebaiknya Anda mencari informasi mengenai harga sewanya. Anda bisa menentukan tarif pembayaran bulanan atau tahunan. Umumnya, rumah kost lebih digemari dengan sewa bulanan, karena biaya yang akan dikeluarkan tidak terlalu besar di awal.

6. Perhatikan Biaya Tak Terduga

Memulai investasi properti kost tak berarti hanya sebatas membeli properti dan menyewakannya kembali dengan harga yang tinggi. Anda pun harus memikirkan adanya biaya-biaya tambahan termasuk biaya perawatan, seperti pengecatan atau penggantian furnitur yang rusak.

7. Cermati Perkembangan Properti di Masa Depan

Menjadi tugas utama seorang investor untuk mengetahui segala perkembangan properti yang terjadi di masa depan. Hal ini diperlukan agar Anda bisa menyusun rencana dengan lebih matang, sehingga kerugian dapat dihindari.

Demikian 7 strategi yang bisa Anda lakukan jika ingin memulai investasi properti kost. Apabila membutuhkan saran atau strategi lain terkait investasi ini, Anda bisa bergabung di Komunitas Properti Indonesia dan mengikuti KSI (Kost Strategi Investing). Para pakar di komunitas ini siap membantu Anda mendulang keuntungan dari berbinis properti kost.