7 Tips Memilih Lokasi Bisnis Kost

0
383

Ini Cara Memilih Lokasi Bisnis Kost yang Prospektif

Pemilihan lokasi atau place adalah hal yang sangat penting, bagian dari 4P (product, price, place, promotion) dari sebuah pemasaran. Tidak terkecuali bagi lokasi bisnis kost yang prospektif dan menguntungkan. Bila Anda bergabung dengan komunitas properti Indonesia, Anda akan lebih paham tentang isu pemilihan lokasi yang demikian krusial.

Alasan orang memilih tempat kost tentu saja harus dekat dari lokasi sekolah atau tempat bekerja. Selain itu, lokasi tempat kost tentu harus dekat dengan tempat penting seperti mini market, rumah makan, mal, rumah sakit dan fasilitas umum lain. Nah, berikut 7 hal yang perlu Anda pertimbangkan terkait pemilihan lokasi, sebelum Anda memulai bisnis kost, agar memiliki prospek yang baik.

1. Lokasi Strategis

Tempat kost Anda nantinya harus berada di lokasi yang strategis. Strategis dalam arti dekat dengan keramaian dan pelayanan publik seperti  kampus, sekolah, rumah makan, tempat hiburan, mal,  atau rumah sakit. Pertimbangannya adalah para penghuni kost mencari lokasi yang memudahkan mereka dalam beraktivitas sesuai kebutuhan  dan jarak tempuh.

2. Lokasi Sesuai Target Market

Saat Anda memutuskan membeli lahan atau rumah kost, sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu. Anda harus menentukan target market Anda dan lokasi yang ingin Anda sasar. Dengan demikian, dipastikan tingkat hunian kost Anda nantinya tinggi dan terhindar dari kerugian.

Jadi jangan sampai Anda sembarangan memilih lahan. Bila Anda ingin membidik kalangan mahasiswa atau pelajar, lokasi kost harus dekat dengan sekolah atau kampus. Bila sasaran Anda adalah karyawan, pilih yang dekat dengan perkantoran. Sebaliknya, jika sasaran Anda pekerja pabrik tempat kost harus dekat dengan pabrik industri.

3. Lokasi Aman dan Nyaman

Anda harus mengecek tingkat kejahatan di lokasi rumah kost tersebut, dari seseorang yang memenuhi kriteria untuk memberikan informasi. Pastikan tingkat kejahatan rendah, bahkan aman dan nyaman. Ada baiknya Anda bergabung dengan Komunitas Properti Indonesia, untuk mendapatkan informasi terkait lokasi yang aman dan nyaman ini.

4. Transportasi yang Mudah

Perhatikan transportasi yang tersedia yang melewati lokasi tempat kost Anda. Ini untuk memudahkan penghuni kost nantinya untuk menjangkau lokasi kost. Jika memang ada angkutan umum yang lewat dekat tempat kost, berarti Anda memiliki nilai lebih dan tempat kost ini prospektif.

5. Tempat Parkir Luas

Tempat parkir bukanlah hal yang sepele, justru merupakan hal yang sering menjadi pertimbangan para penghuni kost. Tidak sedikit dari penghuni kost yang membawa mobil atau motor. Jadi pertimbangkan untuk memilih tempat kost dengan lahan luas, yang bisa dijadikan tempat parkir  memadai.

6. Kelengkapan Utilities

Untuk usaha tempat kost, pastikan kelengkapan terkait fasilitas air sumur atau air PAM, listrik, jaringan internet, semua tersedia dengan baik. Pastikan juga lokasi tempat kost Anda ini bebas banjir.

7. Persaingan

Anda perlu juga melihat tingkat persaingan di lokasi yang Anda pilih. Evaluasi persaingan bisnis kost di lokasi tersebut. Dengan demikian, Anda tidak akan salah langkah dan terlibas dalam persaingan ketat di lokasi tersebut.

Nah, itulah cara memilih lokasi bisnis kost yang prospektif dan menguntungkan. Bila Anda ingin mendapatkan informasi ter-update lebih jauh sebelum memulai bisnis kost ini, sebaiknya Anda mengikuti workshop bisnis kost, KSI (Kost Strategi Investing) dan menjadi bagian dari Komunitas Properti Indonesia. KSI berisikan para investor properti kost yang siap sharing tentang cara memilih lokasi bisnis kost yang prospektif ini. Semoga bermanfaat.