fbpx
HomeBisnis Kost8 Tips Persiapan Masa Pensiun Lebih Produktif

8 Tips Persiapan Masa Pensiun Lebih Produktif

persiapan masa pensiun

Persiapan masa pensiun seringkali menjadi kalimat yang penuh misteri bagi para karyawan. Ya, disadari atau tidak setiap orang memiliki keterbatasan, baik waktu, kemampuan, maupun yang lainnya. Di mana ada masanya produktivitas meninggi dan ada masanya menurun. Dikala badan ini masih kokoh, dan memiliki semangat tinggi, di situlah puncak karir serta produktivitas seseorang dalam melakukan pekerjaan.

Tetapi, dengan seiring berjalannya waktu yang membuat berkurangnya umur seseorang, penurunan atas produktivitas dalam karir menjadi salah satu hal yang mau tak mau harus Anda terima.

Peristiwa ini sudah menjadi faktor yang lumrah dan sudah menjadi sunnah alam, di mana semua orang akan tiba waktunya menurun keproduktivitasannya disebabkan karena umur semakin lanjut. Termasuk dalam hal ini mengenai pekerjaan.

Para karyawan lama akan mundur seiring dengan melemahnya produktivitas kerja dan akan digantikan oleh para pekerja baru yang jauh lebih muda serta memiliki produktivitas yang lebih tinggi.

Bagi sebagian orang, menghadapi masa pensiun merupakan hal yang ditakuti. Pasalnya mereka tidak mengerti hal apa yang harus mereka lakukan setelah berhenti bekerja. Selain kehilangan pekerjaan juga akan kehilangan penghasilan yang selama ini, menjadi penopang kebutuhan ekonomi keluarganya.

Hal ini terbukti dengan sedikitnya jumlah orang yang kaya di masa pensiun. Sehingga tak sedikit pensiunnan yang masih terjajah oleh kebutuhan ekonomi sehari-harinya.

Persiapan masa pensiun tidaklah mudah untuk dilakukan dengan hanya modal waktu yang singkat. Karena ada banyak yang harus Anda siapkan, dari hal yang kecil hingga yang besar. Agar masa pensiun Anda bisa berjalan dengan santai, damai, dan terasa nikmat. Sebaiknya mulailah melakukan hal-hal yang bisa mendatangkan manfaat di masa mendatang.

Masa pensiun bisa Anda rasakan dengan damai, santai, serta nikmat. Manakala Anda sudah mempersiapkannya dengan baik dan matang. Untuk itu, dengan mengenali beberapa langkah ini, mungkin bisa membantu dalam mempersiakan masa pensiun Anda jauh lebih matang.

8 Tips Persiapan Masa Pensiun Lebih Produktif

Selagi masih ada waktu, jangan pernah Anda abaikan beberapa langkah ini, sebagai jurus untuk persiapan masa pensiun di masa yang akan datang.

  1. Mulai mengoleksi aset

Aset adalah sebuah benda yang dapat Anda dipergunakan atau dijual di masa mendatang. Selagi Anda masih menjadi seorang pekerja dan memiliki penghasilan lebih, maka jangan pernah abaikan untuk mulai mengoleksi aset.

Umumnya aset yang sering dibeli di antaranya adalah tanah, rumah, dan lain-lain. Karena benda ini, biasanya semakin lama akan semakin mahal nilai harga jualnya. Namun, Anda juga harus hati-hati dalam membeli aset. Jangan sampai aset yang Anda beli tidak menambah nilai harga jualnya, sehingga menyebabkan kerugian bagi Anda.

  1. Investasi

Rajin investasi diyakini akan mampu memberikan penghasilan tambahan bagi Anda di kala masa produktif sudah mulai melemah. Tidak bisa dipungkiri, ketika Anda mulai merasakan masa pensiun tentunya pendapatan keuangan pun akan berkurang. Nah, solusi untuk menutupi kekurangan tersebut adalah dengan cara melakukan investasi.

Semakin banyak investasi yang Anda lakukan, maka semakin besar pula peluang pendapatan Anda. Untuk memulai investasi ada banyak pilihan yang bisa Anda lakukan. seperti halnya reksadana yang memiliki masa cukup panjang.

Namun, perhatikan juga bahwa investasi yang Anda lakukan benar-benar berada pada orang yang tepat, bukan kepada investasi bodong yang banyak menawarkan dengan iming-iming imbalan yang tinggi. Kejelian serta ketelitian dalam investasi merupakan hak mutlak yang harus Anda lakukan, kapan pun serta di mana pun Anda berada.

  1. Mulai menabung

Menabung bisa menjadi solusi yang bisa Anda lakukan untuk persiapan pensiun. Sebagaimana para ahli keuangan yang banyak merekomondasikan bahwa setidaknya setiap karyawan menyisihkan 10% hingga 15% dari pendapatan penghasilannya setiap bulan.

Hal ini tidak lain supaya di masa pensiun menjadi nyaman, serta tentram, tanpa perlu memikirkan biaya hidup.

Bagaimanapun kondisi serta situasinya, usahakanlah dalam setiap bulan, Anda menyisihkan sebagian uang dari penghasilan yang didapat untuk ditabungkan. Lakukanlah cara ini secara konsisten tanpa jeda. Supaya tabungan yang didapat bisa sesuai kapasitas yang dibutuhkan pada masa pensiun nanti.

  1. Tekuni hobi

Setiap orang memiliki hobi yang sering dilakukan di luar jam pekerjaannya. Setelah melepas pekerjaan dalam artian masa pensiun, tentunya Anda memiliki waktu yang cukup luang ketimbang hari-hari biasanya. Nah, untuk mengisi waktu tersebut, Anda bisa menekuninya secara lebih serius mengenai hobi yang Anda miliki.

Selain bisa memberikan nilai positif, juga akan memberikan nilai plus jika Anda pandai dalam mensiasati peluang. Sebab tidak sedikit orang yang bisa membiayai kehidupan rumah tangganya karena bakat hobi yang dimiliki.

Jika hal ini berhasil Anda lakukan, maka Anda akan memiliki dua nilai yaitu bahagia karena bisa melakukan aktivitas yang menjadi hobi, sekaligus bisa mendapatkan penghasilan dari aktivitas yang Anda lakukan.

  1. Pastikan tanggungan cicilan sudah terlunasi

Banyak orang yang kesulitan hidup, bahkan sampai menderita disebabkan karena memikirkan biaya cicilan yang tak kunjung selesai. Oleh karenanya, bagi Anda yang memiliki kredit rumah, cicilan bank, dan lain sebagianya, disarankan untuk melunasinya secepat mungkin sebelum masa pensiun itu datang menghampiri.

Jangan sampai ketika menginjak masa pensiun, Anda masih harus memikirkan biaya cicilan yang cukup memberatkan. Alih-alih menikmati hidup masa tua, yang ada malah menjadi stress karena utang cicilan membengkak sementara penghasilan kosong.

  1. Bangun usaha sampingan sekarang juga

Membangun usaha sampingan bisa menjadi salah satu cara jitu guna dalam mempersiapkan masa pensiun. Dalam merintis sebuah usaha, tentunya tidak cukup hanya dengan modal waktu yang sangat singkat. Di sinilah pentingnya untuk memilkirkan merintis usaha dari jauh-jauh hari.

Semasa aktif bekerja di kantor, usahakan waktu yang tersisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan memikirkan usaha yang hendak dibangun. Di mana dengan usaha ini, nantinya akan membiayai kehidupan Anda serta keluarga di masa yang akan datang.

Tetapi dengan satu catatan, jangan sampai usaha yang Anda rintis melalaikan pekerjaan untama Anda di kantor. Memprioritaskan kerjaan utama adalah bentuk keprofesionalan seorang karyawan.

  1. Gemar membeli buku

Terkadang banyak dari kita yang terfokuskan hanya memikirkan kesehatan badan saja. Namun, perlu Anda sadari bahwa kesehatan otak pun patut Anda jaga. Hal ini supaya Anda tidak mengalami berbagai macam penyakit yang bisa menyerang di saat usia senja.

Salah satu cara yang efektif adalah dengan rajin membaca serta membeli buku di saat masih aktif bekerja. Buku tidak mengenak yang namanya kadaluarsa, jadi sampai kapan pun jika tersimpan dengan baik, Anda bisa membaca untuk menikmatinya.

  1. Utamakan kesehatan

Apa jadinya jika banyak harta namun tubuh Anda tidak sehat. Tentu akan percuma jika tubuh Anda terserang dengan berbagai penyakin. Oleh karena itu, menjaga kesehatan salah satu hal yang harus selalu Anda jaga. Guna menjaga kebugaran tubuh di usia senja.

Dengan rajin olahraga, tubuh Anda akan terjaga kebugarannya. Meskipun terkadang bagi sebagian orang sulit untuk dilakukan, tetapi jika Anda mau berusaha dan ingin segera mengubah pola hidup sehat, maka segera rutinkan olahraga setiap hari mulai dari sekarang.

Demikianlah Delapan Tips Persiapan Masa Pensiun Yang Bisa Anda Lakukan.

Pensiun merupakan satu masa yang mau tidak mau harus Anda hadapi. Sebuah waktu di mana kebanyakan orang merasa risau dan cemas dibuatnya. Agar kegelisahaan itu tidak menghampiri Anda, maka mulailah persiapan masa pensiun Anda dengan melakukan langkah-langkah yang telah kami paparkan di atas.

Semoga apa yang kami sampaikan tentang tips persiapan masa pensiun ini, bisa memberikan manfaat nyata bagi kehidupan Anda. Terimakasih.

 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?