Alasan Mengapa Bisnis Properti Kost Kian Digandrungi

0
63

Inilah 7 Alasan Mengapa Bisnis Properti Kost Kian Digandrungi

Properti kost adalah model bisnis investasi jangka panjang yang paling diminati oleh khalayak umum. Dengan risiko kerugian minimum, siapa pun bisa menjalankan bisnis properti kost dengan mudah.

Lantas apa saja penyebab bisnis ini kian digandrungi dari waktu ke waktu? Berikut adalah 7 alasan mengapa bisnis properti kost kian digandrungi.

  1. Tak Perlu Keterampilan Khusus

Skema bisnis indekos yang sederhana membuatnya tidak memerlukan keterampilan khusus untuk dijalankan. Dengan sedikit pengeluaran tambahan, Anda bisa meminta orang lain untuk mengurus pengawasan dan perawatan properti kost Anda.

  1. Passive Income yang Menggiurkan

Istilah passive income merujuk pada pendapatan bersih tanpa perlu bekerja. Sebagai pemiliki indekos, dengan mempekerjakan orang lain untuk mengurus properti, Anda akan mendapat passive income secara rutin tanpa perlu melakukan apa-apa. Dengan kata lain, tidak ada usaha tertentu yang mesti Anda lakukan untuk meraih pendapatan tetap. Enak, bukan?

  1. Biaya Operasional Relatif Kecil

Untuk menjalankan bisnis indekos dengan baik, Anda cukup fokus pada perawatan properti dan ketersediaan fasilitas yang baik. Hal ini berdampak pada biaya operasional yang relatif kecil karena pada dasarnya yang harus Anda bayarkan hanya sekadar kebutuhan sehari-hari, seperti biaya air, listrik dan uang iuran sampah.

  1. Harga Jual Properti Stabil

Karena merupakan properti-jadi, harga jual properti kost cenderung lebih stabil bahkan meningkat. Jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana besar secara cepat, menjual indekos adalah salah satu alternatif efektif karena jenis properti ini biasanya sangat laris di pasaran.

  1. Tidak Pernah Sepi Peminat

Dengan banyaknya jumlah perantau antardaerah, baik untuk bekerja maupun kuliah, bisnis properti kost dijamin tidak akan pernah sepi peminat. Terutama jika indekos Anda berada di daerah strategis seperti perkotaan atau dekat area perguruan tinggi.

  1. Risiko Kerugian Sangat Kecil

Bisnis properti kost adalah salah satu jenis investasi jangka panjang yang paling aman. Tak ada risiko kerugian signifikan yang dapat terjadi dalam model bisnis ini. Bahkan seandainya sepi peminat, Anda dapat menjual lahan kosan Anda atau mengubahnya menjadi lokasi komersil seperti ruko atau kios-kios kecil untuk disewakan kembali.

  1. Modal Usaha yang Fleksibel

Salah satu keunggulan bisnis indekos adalah penggunaan modal usaha yang sangat fleksibel. Karena tidak ada standar luas lahan atau besar bangunan, Anda dapat menyesuaikan properti kost dengan bujet yang tersedia. Sekalipun lahan yang Anda miliki terbatas, Anda tetap dapat membuat bisnis properti kost dengan jumlah kamar yang lebih sedikit.

Itulah 7 alasan mengapa bisnis properti kost kian digandrungi. Meskipun menggiurkan, bermain di sektor bisnis ini memerlukan kejelian dan visi yang tajam. Untuk belajar mengenai hal tersebut, Anda dapat bergabung dengan komunitas Kost Strategi Investing (KSI) dan berguru langsung dari para ahli yang berpengalaman.