Analisa Anggaran Biaya Investasi Bisnis Kost bagi Pemula

0
1445

Ini Cara Hitung Anggaran Biaya Investasi Bisnis Kost bagi Pemula

Ingin memulai usaha kost-kostan? Berikut ini analisa usaha kost-kostan dengan menghitung anggaran biaya investasi sebagai acuan Anda.

Bisnis kost biasanya dipilih banyak orang karena menjadi cara termudah agar uang bekerja untuk kita atau sering disebut dengan passive income. Apalagi usaha bisnis kost ini tidak akan lekang dimakan zaman, karena permintaan akan rumah kost ini selalu meningkat.

Lalu bagaimana caranya jika Anda ingin memiliki sebuah rumah kost? Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan membangun sendiri rumah kost dari awal Bila memang ini yang akan Anda lakukan, inilah salah satu analisa usaha kost-kostan, yaitu dengan menghitung anggaran biaya investasi sebuah rumah kost sebagai referensi Anda.

Membangun Rumah Kost dari Nol

Saat Anda ingin memulai usaha dan memiliki rumah kost, ada beberapa cara untuk mendapatkan rumah kost. Ada yang membelinya langsung dari developer yang jatuhnya lebih mahal. Ada pula yang tinggal meneruskan dengan membeli rumah kost yang sudah jalan. Ini tentunya tergantung modal dan pilihan Anda masing-masing.

Nah, jika Anda tertarik untuk membangun dari nol, perhitungan anggaran kost berikut ini bisa menjadi acuan perkiraan jumlah uang yang Anda siapkan untuk pembangunannya.

Cara Cepat Menghitung Biaya Membangun Rumah Kost

Untuk memudahkan Anda, perhitungan akan dibuat berdasarkan pembangunan kamar kost satu kamar dahulu. Setelah itu, tergantung pada Anda ingin memiliki rumah kost dengan berapa kamar.

Jadi kita ambil contoh misalkan Anda ingin memiliki kamar kost di atas tanah seluas 4 x 5 m dan tentu Anda harus menyisakan lahan untuk fasilitas jalan dan halaman ataupun lahan parkir. Pertama kali yang perlu dilakukan adalah menghitung biaya bangun rumah kost per m2 sesuai lokasi tanah dan waktu pembangunan. Kita perkirakan biaya per m2 bangun kamar kost adalah Rp2,5 juta termasuk ongkos material dan upah tenaga kerja.

Biaya membeli tanah 4m x 5m atau luas tanah 20m2, bila harga tanah per meter adalah Rp1 juta, harga yang harus dibayar Rp20 juta.

Luas bangunan kamar kost yang akan dibangun misalnya 3m x 4m = 12m2.

Jadi biaya pembangunan kamar rumah kost = luas m2 x harga per m2 = 12 m2 x Rp2,5 juta = Rp30 juta.

Untuk biaya lain-lain seperti perizinan, perlengkapan kost, taman, parkir sebesar Rp5 juta

Jadi total anggaran membangun kamar kost ukuran 3m x 4m di atas tanah ukuran 4m x 5m adalah Rp55.000.000,-. Perhitungan diatas hanya dibuat berdasar asumsi saja, jadi jika Anda mempraktekkan hitungannya, maka sesuaikan dengan kondisi real yang ada di wilayah lingkungan Anda agar data perhitungan Anda lebih sesuai kondisi realnya.

Nah, demikianlah perhitungan anggaran biaya investasi usaha kost-kostan yang bisa Anda jadikan, acuan saat ingin melakukan analisa usaha kost-kostan yang ingin Anda bangun. Jika Anda ingin lebih detail lagi maka sebaiknya membuat RAB agar lebih jelas dan detail mengenai biaya-biaya pembangunan yang pelru dikeluarkan dan ditambahkan dengan biaya-biaya lain yang mungkin terjadi juga. Jangan lupa siapkan dana cadangan saat ingin membangun rumah kost untuk pengeluaran tidak terduga. Semoga bermanfaat.