Analisa Usaha Kos-Kosan dan Tips Membangun Bisnis Kos-Kosan Masa Kini

0
76

Kos – kosan merupakan produk bisnis properti yang dinilai sangat menguntungkan. Pasalnya, jika dibandingkan dengan usaha jual beli rumah atau kontrakan, menjalankan usaha kos-kosan adalah cara terbaik untuk mendatangkan passive income besar dalam waktu yang cepat. Apalagi, permintaan kos-kosan di kota besar setiap tahunnya juga selalu mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya pembangunan.  

Masalahnya, meski menjanjikan keuntungan yang besar, bisnis kos juga dapat mendatangkan kerugian apabila tidak direncanakan dan dikelola dengan baik. Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk terjun di bisnis yang satu ini, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu analisa usaha kos-kosan dan tips dalam membangun bisnis kos.  

Analisa Usaha Kos-Kosan

Analisa usaha kos-kosan penting untuk dilakukan agar Anda tidak sampai salah langkah ketika membangun usaha kos-kosan. Adapun beberap hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian Anda adalah lokasi kos, denah bangunan rumah kos yang ingin Anda bangun, biaya pembuatan kos-kosan, serta penentuan harga sewa.  

Ketika mencari lahan atau rumah, usahakan memilih lokasi yang dekat dengan kampus atau perkantoran. Selain itu, perhatikan juga fasilitas umum di sekitar lokasi karena calon penyewa biasanya akan lebih memilih kos-kosan yang dekat dengan minimarket, ATM, pasar, tempat ibadah, transportasi publik, serta fasilitas umum lainnya.  

Untuk denah bangunan, Anda bisa mempertimbangkan rumah kos dengan dua atau tiga lantai apabila ingin mendapat pemasukan yang lebih besar. Namun, perlu Anda perhatikan juga bahwa biaya pembuatan rumah kos yang terdiri dari dua atau tiga lantai tentunya akan lebih mahal daripada kos-kosan satu lantai.   

Tak hanya itu saja, Anda pun harus memperhatikan dengan benar jasa kontraktor serta material-material yang digunakan untuk membangun kos-kosan. Jangan sampai karena ingin menghemat biaya pembangunan, Anda malah mengorbankan kualitas bangunan. Hal ini nantinya akan merugikan Anda sendiri karena ujung-ujungnya Anda akan membutuhkan dana yang besar untuk keperluan perbaikan di kemudian hari.  

Tips Membangun Bisnis Kos Masa Kini

Setelah melakukan analisa usaha kos-kosan secara rinci, selanjutnya Anda bisa mulai membangun usaha kos-kosan yang Anda inginkan. Namun, perhatikan tips berikut ini agar bisnis kos Anda berjaland dengan lancar dan sukses.  

1.Survei Harga Pasar

Sebelum menentukan tarif sewa, penting untuk melakukan survei pasar agar tarif yang Anda tetapkan tidak terlalu murah atau terlalu mahal dari kos-kos yang ada di sekitar. Tarif yang terlampau murah akan membuat Anda tidak mendapat untung sesuai harapan. Sementara tarif yang terlalu mahal bisa membuat kos-kosan Anda sepi peminat.  

2. Berikan Fasilitas yang Memadai  

Pastikan juga untuk memberikan fasilitas yang memadai dan membuat penghuni kos merasa betah. Untuk tipe kos-kosan sederhana, Anda bisa menyediakan kasur, lemari, kipas angin, serta meja dan kursi di masing-masing kamar. Sementara apabila ingin membangun kos-kosan mewah, setiap kamar sebaiknya sudah dilengkapi dengan AC, spring bed, lemari, televisi, kamar mandi dalam, air panas, serta akses Wi-Fi.    

3. Buat Peraturan bagi Para Penghuni Kos

Terakhir, buat peraturan yang jelas bagi para penghuni kos. Misalnya tidak boleh menerima tamu lebih dari pukul 22.00, tamu tidak boleh menginap lebih dari 2 hari, denda apabila telat membayar uang kos, dan lain sebagainya. Pastikan peraturan tersebut dipahami dengan baik oleh penyewa agar ia tidak merasa dirugikan jika suatu saat terjadi masalah.  

Demikianlah analisa usaha kos-kosan dan tips membangun binsis kos yang perlu Anda perhatikan. Semoga bermanfaat dan selamat memulai usaha.