Apa Untungnya Bisnis Properti?

0
59

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Properti

Bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati karena dianggap aman dan minim risiko. Namun, sebenarnya sebagai sebuah instrumen investasi, properti tetap memiliki sisi kelebihan dan kekurangan. Apa saja? Mari simak ulasannya.

Kelebihan Bisnis Properti

  1. Harga Properti Naik Secara Otomatis

Kenaikan harga unit properti dari tahun ke tahun merupakan salah satu poin penting yang menjadikan bisnis properti masih menjadi idola hingga saat ini. Bahkan, tanpa perubahan atau penambahan apa pun, harga unit properti yang didiamkan dapat naik secara otomatis mengikuti harga yang berlaku di pasaran. Semakin bagus lokasi properti Anda, maka akan semakin naik harganya. Dalam hal ini, Anda perlu jeli melihat potensi kenaikan harga properti dari pembelian properti Anda.

  1. Mudah Pengelolaannya

Bisnis properti juga merupakan bisnis yang pengelolaannya mudah. Anda tinggal menambahkan fasilitas di dalam unit properti Anda, misal apartemen, rumah indekos, atau rumah sewa untuk menaikkan harga sewanya. Tidak diperlukan kemampuan khusus untuk menjalankan bisnis properti, kecuali ketelitian saat membeli unit dan kemampuan untuk memasarkannya.

  1. Pilihan yang Bervariasi

Di dalam bisnis properti terdapat berbagai jenis bisnis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kekuatan finansial dan keinginan Anda. Berikut beberapa pilihannya:

  • Jual/Beli Apartemen dan Rumah

Jika Anda memiliki modal cukup besar dan kemampuan marketing yang bagus, tidak ada salahnya jika Anda mencoba peruntungan menjadi pengembang perumahan atau apartemen. Menjadi pengembang, tentu membutuhkan kemampuan khusus di bidang konstruksi bangunan dan pemasaran serta bujet yang besar, namun keuntungan dari bisnis ini juga sangat menjanjikan.

  • Penyewaan Apartemen

Bagi Anda yang memiliki modal tidak terlalu besar namun ingin berbisnis properti, Anda bisa membeli apartemen lalu menyewakannya. Harga sewa apartemen bisa dibilang cukup mahal apalagi jika berada di kawasan atau lokasi yang strategis. Lama waktu penyewaan biasanya berkisar antara 2 hingga 3 tahun.

  • Penyewaan Rumah

Selain apartemen, Anda juga bisa berbisnis penyewaan rumah. Keuntungan sewa rumah bisa dibilang cukup menjanjikan dengan waktu sewa rata-rata 1 hingga 2 tahun.

  • Rumah Indekos

Rumah Indekos merupakan bisnis properti yang paling cocok bagi Anda yang masih pemula di bidang bisnis properti. Anda hanya perlu membeli atau membangun rumah yang didesain memiliki banyak kamar dan kamar mandi. Selanjutnya, Anda bisa menyewakan kamar kos secara bulanan atau tahunan. Dengan modal yang hampir sama dengan bisnis apartemen atau sewa rumah, Anda bisa mendapatkan untung yang lebih banyak karena jumlah kamar yang Anda sewakan berjumlah lebih banyak.

Kekurangan Bisnis Properti

Di balik kelebihan bisnis properti yang menjanjikan keuntungan, ternyata ada kekurangan yang perlu Anda pahami jika ingin bergelut di bidang ini yaitu

  1. Properti Tidak Liquid

Properti merupakan instrumen investasi yang tidak liquid. Artinya, saat Anda membutuhkan dana segar dalam waktu cepat, unit properti tidak bisa Anda andalkan. Untuk menjual atau menyewakan unit properti berupa rumah, toko, atau apartemen dibutuhkan waktu, tergantung letak dan fasilitas yang ada di dalamnya juga. Jadi, jika ingin melakukan bisnis properti, pastikan Anda juga memiliki dana simpanan atau instrumen investasi lain yang dapat dicairkan dengan mudah.

Demikian kelebihan dan kekurangan bisnis properti. Semoga bermanfaat dan dapat membuka wawasan Anda mengenai keuntungan bisnis properti.