Apakah Bisa Beli Rumah Nyicil Tanpa KPR?

0
73

Simak 5 Cara Beli Rumah Nyicil Tanpa KPR Berikut Ini!

Beli rumah nyicil tanpa KPR bisa Anda lakukan dengan cicilan lewat pengembang syariah, menabung, dsb.

Memiliki rumah sendiri merupakan impian semua orang. Saking pentingnya rumah, tidak jarang orang rela berutang bahkan mencicil dengan bunga besar demi bisa memiliki rumah. Sayangnya karena beberapa faktor, banyak penduduk yang kesulitan memiliki rumah sendiri termasuk pembelian dengan sistem KPR. Lalu banyak juga orang bertanya, apakah ada cara yang dapat dilakukan untuk membeli rumah dengan metode menyicil namun tanpa perlu menggunakan KPR? Jawabannya adalah bisa dan mungkin sekali cara ini juga sudah pernah Anda lakukan. Penasaran bagaimana caranya beli rumah nyicil tanpa KPR?

Ada beberapa metode yang bisa Anda tempuh untuk beli rumah nyicil tanpa KPR. Simak 5 di antaranya!

  1. Cicilan Lewat Pengembang Syariah

Untuk Anda yang ingin mencicil rumah tanpa khawatir terjebak riba atau tidak ingin KPR, sekarang Anda bisa memilih pengembang yang memberikan penawaran tanpa cicilan bank. Asosiasi pengembang perumahan syariah saat ini sedang intens mengembangkan model penjualan rumah semacam ini karena banyak peminatnya.

Dengan jasa mereka, Anda bisa beli rumah nyicil tanpa KPR langsung kepada pengembang dengan jangka 10 hingga 15 tahun. Untuk keamanan, pilihlah pengembang yang memiliki kredibilitas serta riwayat yang bagus. Jangan sampai terjebak iming-iming pengembang tanpa melihat kredibilitasnya.

  1. Melalui Pembelian Bertahap

Semakin banyaknya orang yang ingin mencicil rumah secara syariah membuat banyak perusahaan menawarkan metode pembayaran bebas bunga. Ini bisa Anda lakukan dengan cara pembayaran bertahap. Misalnya, Anda ingin membeli rumah seharga Rp. 400 juta dengan kesepakatan pembayaran bertahap selama 48 bulan. Dengan demikian Anda diwajibkan menyicil pembayaran sebanyak Rp. 8,3 juta setiap bulannya. Ini menjadi solusi bagi Anda yang ingin menyicil rumah tanpa riba.

  1. Mencicil dengan Tabungan

Jika Anda ingin memiliki rumah namun khawatir akan dihadapkan pada opsi yang melibatkan riba, ada baiknya Anda mencicil biaya pembelian rumah lewat tabungan khusus. Buat perencanaan mengenai berapa harga rumah yang ingin Anda beli dan berapa dana yang bisa Anda tabung per bulannya.

Menabung mungkin terdengar melelahkan karena artinya Anda harus menunggu lama. Tapi dengan ketekunan dan kesabaran, Anda pasti bisa membeli rumah impian Anda secara tunai tanpa harus khawatir terjebak riba.  Selain dengan menabung, berinvestasi emas atau membeli reksadana syariah juga bisa menjadi opsi menyimpan uang untuk membeli rumah.

  1. Bekerja Sama dengan Agen Perumahan

Saat ini menemukan pengembang yang memberikan bonus pada salesnya bukanlah hal yang sulit. Jika Anda memiliki ketertarikan atau keahlian di bidang marketing, Anda bisa menjadikan ini sebagai kesempatan untuk memiliki rumah sendiri.

Jika agen real estate yang Anda ajak kerja sama misalnya memberikan komisi sebesar 3 persen untuk setiap rumah yang berhasil Anda jual, Anda sudah bisa mengantongi Rp. 150 juta dari penjualan 20 rumah seharga Rp. 250 juta. Bukan hanya bonus berupa fee, beberapa agen bahkan tidak segan memberikan satu unit rumah sebagai bonus jika penjualan Anda memenuhi target.

  1. Melakukan Pembangunan Secara Bertahap

Cara lain selain menabung dan menunggu uang Anda terkumpul untuk pembangunan seluruh rumah. Anda bisa lakukan dengan melakukan pembangunan rumah bertahap. Mulailah dari fondasi, dinding dan seterusnya sesuai dengan ketersediaan dana. Meskipun memerlukan kesabaran, metode semacam ini bisa menghindarkan Anda membeli rumah dengan skema riba.

Itulah 5 cara beli rumah nyicil tanpa KPR yang bisa Anda lakukan untuk menghindari riba dan utang.