Aplikasi Manajemen Kost, Solusi Masalah Kost

0
464

Aplikasi Manajemen Kost Berikut Bisa Membuat Pekerjaan Lebih Efektif

Mengelola usaha kost tidak semudah dan seenak seperti yang dibayangkan ketika menerima pembayaran dari penyewa. Dalam menjalankannya tentu saja akan ditemui beberapa kendala yang berkaitan dengan hal yang sensitif, yaitu uang. Terlebih lagi bila Anda menemui penyewa yang sedikit susah ditagih ketika jatuh tempo, yang biasanya terjadi pada mahasiswa.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi manajemen kost untuk mempermudah pengelolaan pemasukan yang Anda dapatkan. Hal tersebut termasuk pula dalam kiat sukses bisnis kost area kampus yang bisa mulai Anda pertimbangkan.

  1. Ikost

Data merupakan aset digital yang sangat penting di era milenial ini. Tidak dapat dihindari bahwa semua bisnis pasti memerlukan data untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Namun mengumpulkan dan menyimpan data bukanla masalah mudah. Masih banyak orang yang dalam bisnis mengabaikan penting suatu aplikasi yang dapat membantu dalam transaksi bisnis tersebut. Begitu pula dengan bisnis kost, aplikasi kost akan sangat membantu Anda efisien dan efektif dalam mengumpulkan dan menyimpan data baik dari transaksi hingga pelaporan.

Salah satu aplikasi manajemen kost yang dapat digunakan oleh pebisnis kost adalah ikost. Ikost merupakan suatu aplikasi manajemen kost yang membantu Anda dalam mengumpulkan data transaksi kost, mendata pengeluaran operasional, mengintegrasikannya dengan semua bagian manajemen kost yang diperlukan. Sehingga pengguna dapat membaca laporan keuangan kost dan dapat mengambil langkah dan tindakan yang tepat. Aplikasi ikost ini juga dapat Anda gunakan bagi yang memiliki bisnis perhotelan dan bisnis kost tempat lainnya.

2. Halokos

Data yang Anda miliki terkait rumah kost yang Anda punya bisa diintegrasikan dalam sebuah aplikasi manajemen kost ini. Pengelolaan kamar dan penyewa dapat diakses di sini pula. Selain itu, laporan penyewa yang keluar maupun masuk bisa dikontrol sekaligus laporan keuangan yang dilengkapi dengan penghitungan rugi dan laba.

Bila Anda tinggal jauh dari tempat kost yang Anda miliki, memberikan kepercayaan pada orang lain belum tentu sepenuhnya benar. Untuk menghindari terjadinya kecurangan, Anda bisa menggunakan aplikasi Holokos ini. Fitur tambahan yang sangat menguntungkan adalah adanya kesempatan untuk calon penghuni melakukan pemesanan secara online.

3. Visikos

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda pakai adalah Visikos. Terdapat beberapa fitur dalam aplikasi ini yang menguntungkan proses pengelolaan dana kos yang Anda punya. Di antaranya adalah tagihan otomatis yang akan dikirim melalui SMS bila sudah jatuh tempo. Dengan memanfaatkan hal ini, Anda tidak perlu menghabiskan tenaga untuk mendatangi para penyewa satu persatu ke kamar mereka.

Setelah mereka melakukan pembayaran, akan ada laporan sebagai konfirmasinya. Tidak hanya itu, Anda bisa memasarkan usaha kost Anda secara online yang jumlah ketersediaan kamarnya bisa dilihat melalui aplikasi ini. Data penyewa kamar juga akan tersimpan rapi di dalam database.

Dari beberapa saran aplikasi manajemen tersebut ada beberapa hal tambahan yang perlu Anda perhatikan yaitu mengenali terlebih dahulu aplikasi tersebut sebelum menggunakannya. Ditambah lagi, Anda perlu memperhatikan apakah aplikasi tersebut berbayar atau tidak, dan jenis alat elektronik apakah yang bisa digunakan untuk aplikasi tersebut.

Aplikasi tersebut adalah salah satu kiat bisnis kost di area kampus yang bisa Anda pakai apalagi bila Anda tidak memiliki kemampuan dalam pengelolaan biaya keuangan. Selain memberikan citra pada usaha Anda menjadi lebih baik dan praktis, pekerjaan Anda juga lebih efektif karena Anda tidak harus tinggal dan menunggu tempat kost.