Beli Rumah Dengan Pinjaman Tanpa Riba

0
105

Beli Rumah Tanpa Riba dengan Pinjaman Syariah Bangunan

Beli rumah tanpa riba bukanlah hal yang mustahil saat ini. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan pinjaman syariah bangunan.

Sistem perbankan syariah terutama yang ada di Indonesia memang terus berinovasi demi memberikan pelayanan terbaik pada para nasabahnya. Salah satu program yang terus disosialisasikan hingga saat ini adalah program beli rumah tanpa riba. Mungkinkah?

Pemahaman beli rumah tanpa riba awalnya dinggap sebagai hal yang mustahil. Ini karena dalam prosesnya bank bisa saja mengalami kerugian. Apalagi jika dibandingkan dengan program kredit rumah yang ditawarkan oleh bank-bank konvensional. Tidak banyak yang mengetahui bahwa Anda bisa membeli rumah dengan pinjaman tanpa harus riba di bank-bank konvesional.

Memahami Konsep Tanpa Riba

Dalam sistem ekonomi kapitalis saat ini, riba yang dimaksud adalah bunga. Bunga ini adalah jumlah tambahan yang harus dibayarkan ketika nasabah membayar cicilan. Dalam konsep syariah, hal semacam ini tidak dibenarkan karena dianggap ada salah satu pihak yang haknya dilanggar. Banyak orang yang akhirnya terbelit utang yang tak kunjung lunas karena bunga dari sistem riba ini.

Kehadiran sistem keuangan syariah berusaha mengatasi masalah semacam ini. Konsep tanpa riba digaungkan agar masyarakat bisa menikmati pinjaman dari bank tanpa harus cemas akan bunga yang berfluktuasi. Selain menghindari dosa riba, kelebihan ini jugalah yang membuat banyak orang mulai meninggalkan bank konvensional termasuk untuk urusan kredit rumah.

Kredit Tanpa Denda

Saat Anda memutuskan untuk membangun rumah lewat pinjaman bank konvesional, selalu ada denda yang ditetapkan ketika pembayaran tidak dilakukan tepat waktu. Meski terdengar sebagai konsekuensi yang wajar, dalam Islam aturan semacam ini termasuk ke dalam kategori riba.

Beli Rumah dengan Pinjaman Syariah

Di zaman yang serba cepat ini, tidak berhubungan dengan bank sepertinya adalah hal yang hampir mustahil. Apalagi menyangkut jual beli rumah, terutama yang menggunakan KPR. Bank sebagai penjamin akan mengenakan bunga untuk pinjaman yang Anda terima. Lantas bagaimana caranya beli rumah tanpa riba?

  • Mengajukan Pinjaman ke Bank Syariah

Saat ini banyak sekali bank syariah yang menawarkan pinjaman untuk membeli rumah yang bebas riba. Dengan pinjaman ini Anda bisa mendapatkan pembiayaan baik untuk keseluruhan atau sebagian kebutuhan pembelian rumah. Sistem yang digunakan menggunakan prinsip murabahah (jual beli) dan ijarah (sewa menyewa) sehingga tidak ada riba di dalamnya.

Setiap bank biasanya mengajukan persyaratan yang berbeda-beda. Jangka waktu cicilan pun beragam. Anda bisa memilih bank mana yang paling tepat dengan kriteria yang diinginkan.

  • Pinjaman Syariah ke Pengembang

Seperti halnya bank syariah, saat ini pengembang syariah pun semakin banyak dicari orang-orang yang ingin membeli rumah tanpa skema riba. Jika Anda ingin menggunakan opsi kedua ini, pastikan Anda mencari developer yang memiliki riwayat dan kredibilitas yang bisa dipercaya.

Kelebihan menggunakan jasa pengembang syariah ini antara lain Anda bisa melakukan cicilan rumah tanpa perantara bank. Tidak ada denda yang ditetapkan, tidak ada sita, tanpa akad bermasalah dan tentu saja tanpa riba.

Baik opsi pertama maupun kedua adalah cara yang sama baiknya untuk beli rumah tanpa riba. Kedua sistem ini sudah banyak dibuktikan tidak hanya oleh masyarakat tapi juga para pemberi kredit. Ini menjadi bukti bahwa memiliki rumah tanpa riba sama sekali bukan hal yang mustahil.