Biaya Pembuatan Kos Membangkak?

0
173

Anggaran Biaya Pembuatan Kos Membengkak? Pangkas Dengan Melakukan Hal Ini 

Dikenal dengan sebuah investasi yang menjanjikan, usaha kos-kosan terus menggeliat dan berkembang. Setiap tahunnya pasti ada saja kos baru yang bermunculan. Beberapa dari mereka ada yang dalam bentuk rumah kemudian dimodifikasi dan dibangun lebih banyak kamar. Ada pula yang memang sengaja membangun dari awal untuk bangunan kos.  

Untuk membangun sebuah usaha kos dibutuhkan perhitungan yang cermat dan detail mulai dari awal tanpa mengurangi kualitas bangunan tersebut. Oleh karena itu, biaya pembuatan kos kosan harus mendapatkan perhatian lebih. Bila rencana anggaran biaya tersebut melambung, Anda bisa meminimalkannya dengan melakukan hal berikut.  

1.Perhatikan Pemilihan Bahan Bangunan 

Bahan menjadi dasar berdirinya sebuah bangunan. Dalam memilih, Anda tidak bisa hanya berpatokan pada merek yang paling terkenal, karena selain harganya mahal, belum tentu kualitas yang ditawarkan sesuai dengan apa yang dicari. Anda bisa memilih bahan bangunan dengan kualitas yang baik dan awet sehingga nanti ketika bangunan jadi, Anda tidak perlu melakukan renovasi berulang-ulang.  

Selain itu, lakukanlah survei terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk berbelanja kebutuhan tersebut. Membandingkan harga dari satu tempat ke tempat yang lain menjadi hal yang krusial karena kuantitas bahan yang akan dibeli dalam jumlah banyak. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Perhatikan Rancangan Kamar Kos 

Sebelum proses pembangunan dilaksanakan, Anda perlu memperhatikan model bangunan seperti apa yang Anda inginkan. Begitu juga dengan luas dan jumlah kamar yang nantinya tersedia. Pertimbangkan aspek kualitas yang ingin diusung oleh usaha yang Anda buat, jangan hanya berorientasi pada jumlah kamar yang banyak tanpa memedulikan kenyamanan penghuninya.  

2. Pertimbangkan Fasilitas Ruangan yang Disediakan 

Fasilitas yang dimaksudkan di sini adalah fasilitas dasar yang berhak didapatkan oleh penyewa seperti kamar mandi, dapur, ruang berkumpul, dan jemuran. Untuk kamar mandi, Anda perlu memperhitungkan jumlah kamar dengan kamar mandi yang ada. Perabotan yang harus dilengkapi di kamar mandi bisa berdampak pada anggaran yang Anda buat, semakin banyak ruangan, semakin banyak pengeluaran. 

Selanjutnya, adalah dapur dan ruang berkumpul. Bila rencana Anda adalah membuka sebuah kos untuk wanita, mungkin dapur yang dibangun sebaiknya lebih besar daripada kos pria. Sedangkan untuk ruang yang bisa digunakan untuk berkumpul, ini hanyalah opsional, bila ternyata tidak ada ruang yang memungkinkan untuk itu, Anda tidak perlu memaksakan untuk membuatnya 

  1. Perhitungkan Masalah Perabotan  

Untuk penghitungan lebar dan jumlah ruangan di atas akan berpengaruh pada perabotan yang ingin Anda letakkan di dalam ruangan tersebut. Seperti contoh, bila tujuan Anda ingin membuat kamar untuk individu, maka lemari dan kasur yang ada di dalamnya menyesuaikan dengan ukuran tersebut. Hal ini berlaku bukan hanya untuk kamar tapi juga kamar mandi, dapur, dan fasilitas lain yang ada di kos Anda. 

3. Pemilihan Kontraktor 

Pertimbangan terakhir ialah memilih kontraktor yang akan mengerjakan pembangunan. Pilihlah kontraktor yang terpercaya dengan hasil kerja yang berkualitas. Bila Anda masih ragu untuk men-subkontrakkan pekerjaan pembangunannya, maka Anda bisa memanfaatkan jasa pengelola properti & kost, seperti BLL Management. Tidak hanya bisa membantu Anda mencarikan kontraktor terbaik, tetapi juga membantu berbagai urusan manajemen kost dan properti lainnya.  

Nah, dari hal-hal yang telah disinggung tersebut, mungkin Anda perlu kembali menyimak anggaran yang sudah Anda buat agar pembengkakan biaya bisa terhindarkan.