Bisnis Kost Autopilot Sangat Mudah

0
58

5 Tips Menjalin Kerjasama Manajemen Kos 

Menjalankan bisnis kos seorang diri pasti akan sangat melelahkan. Untuk itu Anda perlu melakukan kerjasama manajemen kos. Lakukan hal-hal berikut agar kerja sama Anda berjalan lancar.  

Menjalankan bisnis kos memang membutuhkan ketelatenan. Jika melakukannya sesuka hati dan asal-asalan, bisnis yang modalnya terbilang cukup besar ini bukan tidak mungkin akan berhenti di tengah jalan.  Maka dari  itu, jika ingin mencoba peruntungan di bisnis properti yang satu ini, Anda haruslah siap memfokuskan fikiran dan tenaga untuk mengelolanya.  

Namun tenang saja. Bagi Anda yang tidak memiliki cukup waktu dan tenaga untuk menjalankan bisnis kos, tetapi ingin memeroleh penghasilan dari usaha ini, Anda dapat memanfaatkan bisnis kos auto-pilot dengan melakukan kerjasama manajemen kos. 

Dengan melakukan kerjasama ini, pekerjaan-pekerjaan terkait rumah kos Anda akan dilakukan oleh pihak jasa pengelola kos. Agar kerjasama tersebut dapat berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut.  

  1. Hubungi Manajemen Kos yang Profesional  

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menjalin kejasama manajemen kos adalah menghubungi jasa pengelola kos. Pastikan Anda menggunakan jasa pengelola kos yang tepat, dalam artian profesional. Oleh sebab itu, jangan ragu-ragu untuk bertanya sedetail-detailnya terkait sistem dan cara kerja jasa manajemen kos yang ingin Anda ajak bekerjasama. Anda juga dapat meminta bukti keberhasilan jasa manajemen kos tersebut dalam mengelola kos-kos lain sebelumnya.  

 2. Berikan Kepercayaan pada Mitra Bisnis Anda  

Setelah mantap dengan tujuan menjalin kerjasama manajemen kos, berikan kepercayaan pada jasa manajemen kos untuk melakukan tugasnya sebagai tangan kanan dalam mengelola aset rumah kos Anda. Kepercayaan ini diperlukan agar pihak mitra bisnis nyaman dalam bekerja membantu mewujudkan bisnis kos yang dapat memberikan pasive income untuk Anda.   

3. Konsultasikan Hambatan dan Keinginan Anda  

Jika sebelumnya Anda pernah menjalankan bisnis kos namun selalu gagal, beritahukan kepada jasa manajemen kos kesulitan-kesulitan yang Anda rasakan hingga bisnis Anda tidak berjalan sesuai keinginan. Apakah karena Anda terlalu sibuk, ataukah jumlah penyewa yang sedikit, sulit menagih uang sewa bulanan dan lain sebagainya.  Menceritakan masalah tersebut sangatlah penting agar pihak jasa manajemen kos dapat mengatur strategi yang tepat untuk memperbaiki performa bisnis kos Anda. Pada waktu yang sama, sampaikan pula keinginan-keinginan Anda dan diskusikan hal tersebut dengan pihak manajemen kos.  

4. Diskusikan Pembagian Tugas dan Keuntungan  

Dalam sebuah kerja sama bisnis, diperlukan adanya pembagian tugas dan keuntungan yang jelas agar tidak terjadi masalah-masalah yang tidak diinginkan di kemudian hari. Dalam kerjasama manajemen kos, seorang pemilk rumah cenderung tidak memiliki banyak tugas karena semua hal mengenai pengelolaan kos akan menjadi tanggung jawab jasa pengelola kos. Namun usahakan untuk memahami hal tersebut agar tidak terjadi salah pengertian. Hal terpenting lain yang perlu didiskusikan adalah perihal pembagian keuntungan dari kerja sama yang dilakukan. Pastikan pembagian keuntungan ini dimusyawarahkan dengan baik, jelas,  sesuai dan menguntungkan kedua belah pihak.  

5. Segera Selesaikan Jika Ada Masalah  

Adanya permasalahan dalam suatu kerja sama bisnis adalah hal yang wajar. Bisa jadi masalah yang timbul sesungguhnya hanya perkara salah paham belaka. Oleh sebab itu, jika dalam perjalanan kerjasama  manajemen kos Anda dengan jasa pengelola kos mengalami kendala, segera komunikasikan dan selesaikan dengan cara yang baik.    

Demikian tips menjalin kerjasama manajemen kosSebagai rekomendasigunakanlah jasa management kos untuk mengelola kos Anda dengan baik sehingga benefit yang didapat pun maksimal.