fbpx
HomeBisnis KostBisnis Kost-Kost-an Mewah Vs Sederhana, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Bisnis Kost-Kost-an Mewah Vs Sederhana, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Kost merupakan salah satu kebutuhan utama di perkotaan, terutama di area kampus dan perkantoran. Kini, jumlah kost bertambah seiring meningkatnya arus urbanisasi. Karena itu, bisnis kost-kost-an menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Namun, sebelum membuka usaha tersebut, tentukan jenis kost seperti apa yang ingin dibangun. Anda bisa memilih bisnis kost-kost-an mewah atau sederhana. Soal jenis kost mana yang lebih menguntungkan, berikut perbandingannya.

1.Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar untuk bisnis kost mewah cenderung membidik kalangan menengah ke atas. Harga kamar kostnya pun lebih mahal. Artinya, segmentasi usaha ini terbatas; tidak bisa menjangkau konsumen menengah ke bawah.

Sebaliknya, konsumen kost sederhana tidak terbatas untuk konsumen menengah ke bawah. Mereka yang berada di kelas ekonomi mapan pun kerap memilih kost sederhana. Alasannya beragam; mulai dari lokasi kost lebih strategis, dekat dengan kantor, serta ingin bergaya hidup sederhana.

2. Modal Awal

Apakah Anda pernah melihat isi kost elite di kawasan perguruan tinggi? Biasanya, kost mewah dilengkapi fasilitas canggih, seperti AC, TV layar datar, kamar mandi dengan hot shower serta spring bed empuk dan nyaman. Untuk menyediakan semua itu, modalnya tidak sedikit; mencapai puluhan juta rupiah.

Lain halnya jika Anda membangun kost sederhana, harga membangun satu kamar ukuran 3 x 3 meter hanya sekitar Rp8.000.000. Fasilitasnya tidak mewah, tetapi cukup nyaman. Contohnya, kasur busa, kamar mandi standar, dan sebuah lemari.

3. Pengelolaan

Dari sisi pengelolaan, kost mewah maupun sederhana sama-sama membutuhkan perawatan intensif. Tujuannya, supaya para penyewa betah tinggal di rumah kost tersebut.

Namun, pengelolaan kost mewah sedikit lebih mahal daripada kost sederhana. Hal itu karena tiap kamar kost memiliki barang elektronik yang sewaktu-waktu bisa rusak atau menurun fungsinya. Kalau sudah demikian, Anda mesti mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki fasilitas tersebut.

4. Penghasilan

Penghasilan yang Anda dapatkan dari penyewaan kamar kost dipengaruhi dua faktor. Pertama adalah faktor wilayah. Biaya kost di kawasan Jakarta tentu tidak sama dengan area Semarang. Begitu area Semarang dan Surabaya, selisih harganya cukup jauh.

Meski begitu, di tempat mana pun, kost mewah pasti disewakan dengan harga lebih mahal daripada kost sederhana. Semisal, harga sewa kost mewah per bulan minimal Rp1.000.000 per kamar. Sementara kost sederhana hanya sekitar Rp300.000 per kamar per bulan.

5. Keamanan

Rumah kost eksklusif pastinya memiliki barang mewah yang jumlahnya cukup banyak. Untuk menjaga barang agar tetap aman, Anda perlu menyediakan sistem keamanan canggih. Semisal, dengan memasang CCTV di tiap sudut kamar, lorong, dan pintu gerbang, serta membayar satpam jaga.

Sistem keamanan serupa pun harus ada di kost sederhana meskipun tidak lengkap seperti di kost mewah. Di kost sederhana hanya butuh pemantauan lewat CCTV. Selebihnya, keamanan menjadi tanggung jawab masing-masing penghuni kost.

Bagaimana? Sudah bisa membandingkan keuntungan bisnis kost-kost-an mewah dan sederhana? Kalau sudah, segera siapkan kamar yang ingin Anda sewakan.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?