Ingin Membangun Bisnis Kost Tanpa Modal Besar?

0
202

Modal sedikit tapi ingin membuka usaha kos-kosan? Dengan jasa manajemen kos semuanya bisa menjadi mungkin.

Sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa untuk menggeluti sebuah bisnis properti, dibutuhkan modal yang cukup besar. Hingga tak jarang banyak dari mereka yang memilih mundur atau menunda, karena kendala ketiadaan modal tersebut. Padahal, jika Anda mengetahui tips dan triknya, bisnis ini pun bisa dijalankan dengan modal seadanya. Bahkan, jika Anda menggunakan jasa manajemen kos, Anda akan diajak untuk mengolah modal seminimal apapun untuk bisa mendapatkan profit yang besar.

Nah, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis kos tanpa modal besar.

1. Pertimbangkan Desain Bangunan dan Fasilitas yang Akan Disediakan

Selayaknya bisnis properti pada umumnya, besaran modal yang harus dikeluarkan sangat bergantung pada seperti apa bangunan yang hendak didirikan. Itulah mengapa ketika akan mendesain atau merancang rumah kos, ada banyak hal yang harus dipertimbangan dan salah satunya adalah faktor ekonomi.

Sebaiknya, jangan pernah menjadikan kemewahan sebagai tolak ukur utama. Yang terpenting adalah bagaimana agar rumah tersebut bisa nyaman dan aman, serta memenuhi ruang kebutuhan.

Selain dari desain bangunan, jenis fasilitas yang akan disediakan juga harus Anda kondisikan. Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda tentu akan kesulitan jika harus menyediakan fasilitas mewah seperti AC dan kamar mandi dalam. Jadi sebaiknya, minimal sediakanlah tempat tidur, lemari, set meja-kursi, dan kipas angin di setiap kamar. Untuk selanjutnya, baru Anda bisa menambahkan fasilitas pendukung kenyamanan lainnya seperti wi-fi, water heater, dan lainnya.

2. Bekerja Sama

Tak ada salahnya jika Anda memulai sebuah bisnis dengan cara bekerja sama. Justru, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, di antaranya adalah bisa memperingan biaya, waktu, dan tenaga yang harus dikeluarkan sebagai modal awal.

Anda bisa mengajak saudara, teman, atau bahkan kolega untuk memulai sebuah usaha bersama. Atau bisa juga bergabung dengan jasa manajemen kos, yang biasanya juga menyediakan tawaran kerja sama untuk berbisnis secara gotong royong. Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi memikirkan soal keterbatasan modal karena telah menjadi tanggung jawab bersama.

Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan jasa pengelolaan kos, BLL management bisa menjadi sarana yang tepat. Di sini, Anda tak hanya akan didampingi dalam perencanaan dan pengelolaan, tetapi juga diwadahi untuk menjalin kerja sama manajemen kos.

3. Manfaatkan Internet sebagai Media Promosi

Umumnya, para pengusaha bisnis kos akan menggunakan brosur dan spanduk sebagai media promosi usaha mereka. Keduanya akan dicetak dalam jumlah besar, dan akan disebarkan di beberapa tempat strategis. Meski tampak efektif, nyatanya cara ini juga cukup menghabiskan anggaran dana.

Cara lain yang lebih hemat, Anda bisa memanfaatkan jaringan internet untuk mempromosikan bisnis kos-kosan. Anda bisa menggunakan media sosial atau membuat blog khusus untuk mengenalkan nama rumah kos yang Anda dirikan. Selain lebih hemat, cara ini juga terbilang cukup efektif mengingat saat ini hampir semua orang tidak bisa lepas dari yang namanya internet dan media sosial. Anda dapat memaparkan semua informasi menarik tentang kos Anda dan nomor yang dapat dihubungi untuk pemesanan kamar kos. Cara ini terbilang sangat praktis dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Nah, nyatanya bisnis kos juga bisa digeluti dengan modal pas-pasan, ya. Yuk, segera dicoba!