Bisnis Properti Kos vs Apartemen, Mana yang Lebih Menjanjikan?

0
57

Properti merupakan salah satu instrumen bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya selain menjanjikan keuntungan yang besar, investasi di bidang ini juga terbilang aman.

Seiring dengan perkembangannya, jenis produk bisnis properti pun semakin beragam. Jika dulu tanah dan rumah menjadi produk utama yang banyak diminati, kini sudah ada bentuk lain yang tak kalah menjanjikan, yaitu kos-kosan mewah dan apartemen.

Di kota-kota besar yang umumnya identik dengan perkantoran, kampus, serta pusat perbelanjaan, bisnis kos dan apartemen memang cukup populer. Namun, produk mana yang sebenarnya lebih menjanjikan, bisnis kos-kosan mewah atau apartemen? Berikut perbandingannya.

Bisnis Properti Kos

Kos-kosan adalah produk bisnis properti dengan peminat yang besar dan stabil dari waktu ke waktu. Bayangkan saja, dengan banyaknya kampus dan perkantoran yang ada di kota-kota besar, setiap tahun pasti ada kebutuhan akan tempat tinggal bagi para mahasiswa serta karyawan yang berasal dari luar kota atau luar pulau.

Tak hanya itu saja, bisnis properti kos juga membuka peluang Anda untuk mencari untung dari usaha tambahan, misalnya dengan membuka jasa laundry atau catering. Dengan memilih lokasi kos yang strategis dan memberikan fasilitas memadai, tidak susah untuk membuat bisnis kos-kosan mewah Anda ramai peminat.

Sayangnya, modal untuk membangun kos-kosan ini lumayan besar. Di samping itu, Anda juga harus mempekerjakan orang untuk membersihkan dan menjaga kos-kosan. Lebih lanjut, apabila tarif yang Anda patok tidak sesuai dengan fasilitas yang Anda berikan, bisnis kos bisa jadi tidak akan dilirik oleh calon penyewa.

Bisnis Apartemen

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan hunian vertikal, minat masyarakat untuk menggeluti bisnis apartemen juga kian meningkat. Apalagi, modal untuk memulai bisnis ini bisa dibilang lebih kecil daripada bisnis kos-kosan mewah. Hanya dengan beberapa ratus juta, Anda sudah bisa membeli satu unit apartemen. Berbeda dengan bisnis kos-kosan yang memerlukan dana hingga miliaran rupiah.

Anda bisa memilih apartemen yang terletak di lokasi strategis dan menawarkan fasilitas lengkap agar diminati oleh penyewa dari kalangan menengah ke atas. Sedangkan jika bisnis properti kos, Anda harus lebih jeli dalam memilih lokasi kos dan menetapkan harga sewa yang sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Salah-salah, kos akan sepi peminat.

Meski begitu, bisnis apartemen juga memiliki beberapa keurangan. Apabila tidak teliti dalam memilih lokasi, maka Anda akan sulit mendapat hasil yang maksimal. Selain itu, biaya perawatan dan pemeliharaan yang harus Anda keluarkan juga lumayan besar.

Kos-Kosan atau Apartemen?

Lantas, manakah yang lebih menjanjikan? Bisnis kos-kosan mewah atau apartemen? Secara garis besar, kedua instrumen properti tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal bagaimana Anda menyesuaikannya dengan alokasi dana dan kemampuan Anda dalam mengelolanya.

Apabila Anda memiliki modal yang terbatas, berinvestasi di apartemen untuk disewakan secara harian atau bulanan bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun apabila Anda memiliki dana yang cukup besar, tidak ada salahnyaAnda memilih bisnis kos-kosan. Di samping itu, Anda sebaiknya juga memiliki waktu luang yang lebih karena bisnis kos-kosan membutuhkan perhatian ekstra.

Jadi, itulah perbandingan antara bisnis kos-kosan mewah dan apartemen. Jadi, mana yang akan Anda pilih?