Bisnis Sewa Kost di Bandung

0
29
bisnis sewa kost di Bandung

Bisnis sewa kost di kota besar seperti Bandung atau kota besar lainnya cenderung memiliki prospek dan peluang untung yang bagus.

Pasalnya, kawasan perkantoran, pabrik, atau kampus biasanya lebih banyak terdapat di kota-kota besar. Dengan banyaknya kesempatan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang terbuka lebar, maka jangan heran bila tak sedikit masyarakat yang mencari kesempatan dan berpindah ke kota besar seperti Bandung.

Dengan banyaknya penduduk yang masuk ke kota-kota besar yang salah satunya adalah Bandung, mengakibatkan kebutuhan dan permintaan akan tempat tinggal semakin meningkat. Karena itu harga rumah dan tanah di kota kota besar juga semakin meningkat pesat.

Banyak para pendatang memilih menyewa tempat tinggal dengan harga terjangkau. Itulah kenapa peluang bisnis kost di Bandung dan kota kota besar lainnya menguntungkan.

bisnis sewa kost di Bandung

Jika anda tertarik terjun di bisnis sewa kost di Bandung, maka anda perlu memperhatikan hal berikut :

  1. Menyiapkan dana untuk membeli lahan dan membangun rumah kost

Untuk memulai bisnis kost di kota kota besar seperti bandung memang diperlukan dana yang sangat besar mengingat lahan yang harus dibeli dan biaya pembangunan rumah kost yang tidak murah. Jika anda sudah memiliki bangunan yang berdiri di lokasi yang strategis, maka anda hanya perlu mengelolanya dengan tepat sehingga bisnis kost yang anda kelola menghasilkan untung yang maksimal.

Namun jika anda belum memiliki bangunan untuk dijadikan kamar kost, maka anda perlu memulainya dari nol, dan jika anda belum memiliki dana tunai yang cukup untuk membangun itu semua, maka anda bisa mensiasatinya dengan meminjam dana ke bank melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Dengan meminjam dana itulah anda bisa memulai bisnis kost walau kekurangan dana di awal. Setelah pembangunan selesai dan bisnis kost anda mulai berjalan, anda bisa segera melunasi pinjaman tadi menggunakkan penghasilan dari bisnis kost dengan menyicilnya.

Selain mendirikan bangunan dari nol, Anda juga bisa mencari  bangunan kost yang akan dijual. Dengan membeli bangunan kost yang sudah berjalan maka peluang keberhasilan bisnis kost lebih meningkat, karena bangunan yang anda beli sudah dikenal banyak orang sebagai tempat kost.

  1. Pilih lokasi yang strategis

Setelah memikirkan dana untuk membeli dan membangun bisnis sewa kost, saatnya anda melakukan survei lokasi. Jika kita mengetahui target pasar yang akan dituju, maka akan mudah bagi kita menentukan lokasi mana yang akan kita beli.

Jika yang anda tuju adalah mahasiswa, maka lokasi yang anda pilih adalah yang berdekatan dengan kampus. Jika yang anda tuju adalah karyawan, maka pilihlah lokasi yang berdekatan dengan kantor.

Selain karena lokasinya yag strategis, biasanya para mahasiswa dan pegawai memilih menyewa kamar kost daripada pulang kerumah karena menghabiskan banyak waktu, apalagi di jam jam rawan kemacetan.

Selain lokasinya yang berdekatan dengan bangunan penting, anda juga harus mempertimbangkan berbagai aspek lainnya saat menentukan lokasi kost seperti ketersediaan air bersih, mudah di akses kendaraan, hingga bebas dari banjir saat musim hujan tiba.

Pemilihan lokasi kost juga sangat menentukan keuntungan yang bisa anda maksimalkan nantinya. Dengan begitu anda bisa memperhitungkan jangka waktu yang diperlukan untuk belik modal, apalagi jika dana yang anda gunakan adalah pinjaman.

tips memulai bisnis sewa kost di Bandung

  1. Fasilitas menentukan Harga sewa

Selain daripada lokasi kost yang strategis, fasilitas yang tersedia di kost anda juga sangat berpengaruh besar pada tarif sewa kost yang bisa anda tawarkan kepada penghuni kost.

Fasilitas yang harus anda lengkapi tentunya harus disesuaikan dengan target pasar yang nantinya akan menghuni kost anda. Seperti mahasiswa dan karyawan, tentu fasilitas yang mereka perlukan akan berbeda, begitupun budgetnya tentu akan berbeda.

Jika mahasiswa, fasilitas berupa Kasur, meja belajar, lemari, dan sambungan internet saja mungkin sudah cukup. Namun berbeda dengan karyawan, tentu anda bisa memberikan fasilitas lebih seperti AC, TV hingga jasa laundry.

Dengan banyaknya fasilitas yang tersediapun dapat menjadikan kost anda memiliki nilai lebih daripada kompetitor anda.

  1. Jaminan Keamanan dan kebersihan

Membangun bisnis sewa kost memang merepotkan pada awalnya. Mulai dari membangun rumah, menyiapkan kamar-kamar, hingga membeli perabotan untuk fasilitas yang harus dipersiapkan. Namun setelah bisnis ini berjalan, pengelolaannya justru akan mudah karena anda tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga.

Yang harus menjadi perhatian khusus adalah keamanan dan kebersihan. Sebab, dua hal ini akan sangat menentukan kenyamanan penghuni kost. Jika penghuni kost merasa betah, maka masa sewa bisa terus diperpanjang oleh mereka.

Ditambah lagi, strategi pemasaran terbaik adalah word of mouth. Ketika pelanggan sudah membicarakan hal positif tentang kost kostan yang anda miliki, maka tak menutup kemungkinan akan mendatangkan calon penghuni baru.

  1. Buat aturan dengan jelas dan tegas

Sebagai pemilik kost, tentunya anda harus membuat aturan yang wajib di patuhi oleh seluruh penghuni kost, agar dapat menciptakan kenyamanan bersama.

Dengan begitu aturan perlu dibuat se jelas mungkin dan se tegas mungkin seperti waktu minimal untuk menyewa kamar kost, apakah harian, bulanan, tahunan. Peraturan jam malam, tentukan batas waktu bagi para penghuni untuk keluar masuk kost saat malam hari. Dan lain sebagainya.

  1. Promosikan bisnis sewa kost anda di banyak platform

Agar bisnis kost anda berjalan dan ramai perhuni, maka salah satu cara yang perlu anda lakukan adalah promosi atau beriklan. Dengan maraknya masyarakat yang bersosial media, maka anda bisa memanfaatkannya dengan mempromosikan bisnis kost anda di banyak platform social media yang bertebaran seperti website dan aplikasi pencari kost.

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini orang lebih senang mencari informasi melalui internet. Salah satunya adalah informasi mengenai sewa kamar kost, orang-orang lebih banyak mengunjungi website dan aplikasi pencari kost untuk mendapatkan informasi ketimbang harus berkeliling survei langsung ke lokasi kost.

Anda harus mulai mempromosikan bisnis kost yang anda miliki semenarik mungkin di website dan aplikasi pencari kost yang ada saat ini. Dengan begitu para calon penghuni kost bisa menemukan kost anda.

Jika anda sudah melaksanakan pion-poin di atas, maka yang perlu anda lakukan adalah menunggu keuntungan yang akan anda dapatkan beberapa waktu lagi. Jika anda sudah menikmati keuntungan dari bisnis kost di Bandung, bukan tidak mungkin anda membangun bisnis kost di kota lainnya.

Nah, itulah informasi mengenai bisnis sewa kost di bandung yang memiliki peluang keberhasilan yang cukup tinggi.

Semoga bisnis kost yang sedang anda rencanakan bisa terlaksana dengan lancar. Terima kasih dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.