Cara Memaksimalkan Keuntungan Bisnis Kost

0
39

Cara Memaksimalkan Keuntungan dari Bisnis Rumah Kost yang Anda Jalankan

Peluang usaha rumah kost memang semakin besar seiring dengan perkembangan pembangunan. Berdirinya kampus, berkembangnya industri wisata hingga dibangunnya pusat-pusat industri dan perdagangan adalah lahan empuk bagi pengusaha yang ingin menyewakan propertinya. Namun, apalah artinya jika bisnis yang Anda jalankan tidak mendatangkan keuntungan seperti yang Anda harapkan?

Setiap pengusaha memang memiliki trik bisnisnya masing-masing. Ada yang malah menghabiskan banyak uang untuk perawatan propertinya ketimbang mendapatkan keuntungan. Ada yang memilih mengarahkan profit untuk membeli properti lagi dengan harapan bisnisnya akan semakin berkembang. Namun, tak bisa ditampik kalau tujuan utamanya tetaplah menghasilkan keuntungan. Simak langkah-langkah di bawah ini untuk meningkatkan revenue dari bisnis rumah kost Anda!

  1. Atur Keuangan Anda dengan Baik

Dalam bisnis apa pun, sangat penting untuk mengetahui berapa pemasukan dan pengeluaran Anda. Selain mencacatnya secara detail, Anda sebaiknya tidak enggan membandingkan. Misalnya ada yang menawari Anda biaya perbaikan keran sebesar Rp.200.000. Jika ada yang memasang harga Rp. 150.000, tidak ada salahnya beralih ke pilihan kedua. Walaupun tampaknya perbedaannya tidak besar, tetapi dari nilai yang kecil ini Anda bisa mengatur keuangan lebih cermat lagi.

Jangan lupa untuk membuat target pencapaian. Ini akan membantu Anda bersikap lebih profesional dalam memperlakukan bisnis Anda. Ketika target keuntungan yang dibuat tercapai, Anda bisa menentukan langkah apa yang selanjutnya akan diambil seperti melakukan renovasi atau membeli sebuah properti baru.

  1. Perhatikan Potensi Pasar

Rajin-rajinlah memperhatikan pergerakan pasar penyewaan properti. Anda mungkin akan memutuskan untuk menjual rumah kost lama Anda setelah melihat adanya sebuah komplek industri baru di kota sebelah. Anda mungkin ingin mengembangkan usaha Anda menjadi franchise rumah kost setelah menilik perkembangan pesat industri pariwisata di kota Anda. Atau Anda juga dapat mengembangkan potensi rumah kost Anda sesuai dengan kondisi pasar yang sedang terjadi.

  1. Temukan Cara Tepat untuk Menaikkan Biaya Sewa

Ada banyak cara strategis untuk menaikkan biaya sewa. Selain dengan melakukan renovasi, Anda bisa memberitahukan dengan jelas kepada penyewa mengenai kenaikan harga sewa. Katakanlah Anda akan menaikkan biayanya sebanyak satu hingga tiga persen setiap tahunnya. Cara ini memungkinkan Anda tetap kompetitif sekaligus mendapatkan keuntungan. Para penyewa biasanya tidak akan keberatan dengan kenaikan-kenaikan kecil ini.

  1. Hindari Kekosongan Properti

Properti yang kosong tidak akan mendatangkan apa pun melainkan kerugian. Anda bisa menghindari kekosongan yang memakan biaya ini dengan menawarkan sewa jangka panjang. Jika properti ada dalam kondisi baik dan terawat, penyewa mungkin akan mempertimbangkan untuk menerima tawaran Anda. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengelola properti Anda menjadi sebuah tempat bisnis. Intinya hindari mengosongkan properti Anda.

  1. Ciptakan Peluang Usaha Lain yang Terintegrasi dengan Properti

Memiliki banyak properti yang disewakan bisa menciptakan peluang bisnis yang lain. Anda mungkin ingin mencari keuntungan tambahan dengan membuka usaha yang terintegrasi dengan rumah kost seperti jasa laundry, katering atau mini market. Anda juga bisa menawarkan jasa tukang kebun atau tukang bersih-bersih dengan biaya bulanan kepada penyewa.

  1. Monitor Rating dan Review di Internet

Jika Anda menjalankan sebuah usaha rumah kost yang besar apalagi sudah mengiklankannya secara online, jangan lupa untuk memeriksa review dan rating properti Anda secara berkala. Dari sana Anda akan tahu bagaimana pendapat penyewa tentang properti Anda. Banyak masukan dan kritik juga bisa Anda dapatkan dari review-review online tersebut.

  1. Bergabung dengan Pengelola Manajemen Rumah Kost

Selain mengikuti perkumpulan para pengusaha properti, bergabung dengan penyedia jasa manajemen rumah kost bisa membantu Anda memaksimalkan keuntungan. BLL Management menyiapkan berbagai penawaran menarik untuk membuat bisnis penyewaan properti Anda tampil semakin profesional.

Masalah operasional termasuk sistem penjualan, pengurusan properti hingga laporan keuangan ditangani dengan baik oleh jasa manajemen rumah kost ini. Selain membuat tugas Anda semakin mudah, keuntungan bisa dipastikan akan tumbuh berlipat-lipat.