fbpx
HomeProperti SyariahCara Memilih Bank untuk KPR

Cara Memilih Bank untuk KPR

5 Tips Memilih Bank untuk Pengajuan KPR Syariah 

Mengajukan KPR syariah kini dapat dilakukan dengan mudah pada bank yang telah menyediakan fasilitasnya. Simak tips memilih bank berikut agar tidak menyesal!

KPR syariah kini semakin populer dibanding KPR konvensional berkat kemudahan akad dan pembayaran tanpa bunga yang ditawarkan. Jika Anda berniat membeli rumah dengan skema ini, ada baiknya pelajari terlebih dahulu cara membeli rumah dengan KPR syariah. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah memilih bank yang tepat untuk pengajuan KPR syariah. Berikut tips-tips yang bisa diikuti.

  1. Tanyakan apakah pengembang memiliki kerja sama dengan bank tertentu

Terkadang pengembang perumahan yang akan dibeli sudah memiliki kerja sama dengan bank tertentu yang memiliki fasilitas KPR syariah. Kerja sama tersebut biasanya menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahan bagi calon pembeli. Misalnya saja syarat pengajuan yang dipermudah, cicilan yang lebih ringan, ataupun promo khusus berupa bonus atau diskon lainnya.

2. Pilih bank yang kredibel dan sesuai dengan profil Anda

Dengan kemudahan akses informasi saat ini, Anda bisa mencari info resmi tentang produk KPR syariah dari tiap bank melalui laman resmi mereka dan membandingkannya. Pilih bank yang memang sudah memiliki reputasi baik dalam pembiayaan KPR syariah. Cermati poin-poin penting untuk pengajuan KPR syariah seperti syarat yang diperlukan, lama proses pengajuan, biaya administrasi, prosedur cicilan, promo-promo yang diberikan, kemudahan akses lokasi terhadap bank, dsb. Cocokkan juga bank yang akan dipilih dengan profil pekerjaan Anda. Ada beberapa bank syariah yang menolak atau justru memberikan keuntungan untuk profesi tertentu.

  1. Tanyakan pengalaman teman atau kerabat yang pernah mengambil KPR syariah di bank tersebut

Praktik langsung kadang berbeda dengan teori yang tertulis pada laman informasi bank. Ada hal-hal yang terkadang tidak muncul ke permukaan jika tidak dialami secara langsung. Akan sangat menguntungkan jika Anda memiliki kerabat yang bisa ditanyai pengalamannya saat hendak mengajukan KPR syariah di suatu bank.

  1. Cermati besar margin keuntungan yang diajukan bank

Bank syariah mengambil keuntungan dari selisih harga alias margin antara harga rumah dan harga cicilan yang harus dibayar pembeli. Tiap bank memiliki persen margin yang berbeda-beda. Bandingkan besarannya dari tiap bank dan pilihlah margin yang paling memberikan keuntungan bagi Anda.

5. Lakukan simulasi dan bandingkan besar cicilan

Hal ini penting dilakukan agar Anda memiliki gambaran nyata dan patokan tentang besaran cicilan per bulan. Dengan demikian Anda juga bisa terhindar dari penipuan. Bandingkan besarnya cicilan dari tiap bank. Kemudian pilih yang paling sesuai dengan pendapatan Anda.

Itulah beberapa tips untuk memilih bank syariah. Sangat penting untuk mengetahui salah satu langkah dari cara membeli rumah dengan KPR syariah tersebut. Semoga setelah ini Anda tidak bingung lagi ya!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?