Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Terlalu Besar

0
27
bisnis setelah pensiun

Bisnis properti adalah salah satu jenis bisnis yang cukup banyak digeluti terutama oleh kaum milenial. Jenis bisnis yang satu ini dinilai cukup bergengsi dan mampu mendatangkan laba dalam jumlah besar dengan waktu yang cukup singkat. Sehingga banyak pula yang terjun ke bisnis ini dengan harapan cepat memperoleh keuntungan.

Menurut sebagian orang bisnis properti rata-rata dimulai dengan nilai modal awal yang melangit. Namun siapa sangka jika jenis bisnis yang satu ini bisa dimulai dengan modal sedikit. Lalu bagaimana cara memulai bisnis properti dengan modal yang tak terlalu banyak? Pada artikel berikut ini akan kami beritahukan caranya.

Cara Memulai Bisnis Properti Dengan Modal Sedikit

Cara memulai bisnis properti

Tidak semua bisnis properti membutuhkan nilai modal awal yang besar untuk bisa dikembangkan. Sebagian orang bahkan berhasil memulai jenis bisnis yang satu ini hanya dengan modal yang sedikit. Lalu sebenarnya bagaimana sih cara memulai bisnis properti ini dengan modal yang tidak seberapa?

1. Terlebih dahulu lakukan survei

Misalnya nih, Anda ingin menjualkan rumah orang lain agar mendapatkan keuntungan. Terlebih dahulu lakukan survei untuk mengetahui harga rumah dijual di lingkungan Anda. Jangan menawarkan harga di bawah rentang harga rata-rata karena pasti pembeli akan menawar harga yang Anda patok dengan lebih rendah.

2. Tawarkan properti milik orang terdekat

Cara selanjutnya yaitu dengan cara menawarkan properti milik orang di lingkungan terdekat Anda. Misalnya om Anda punya rumah yang butuh dijualkan. Nah, Anda bisa berinisiatif untuk mempromosikan rumah tersebut di media sosial. Nantinya ketika Anda telah memperoleh calon pembeli, ajaklah mereka melihat-lihat properti yang dijualkan tersebut.

3. Layani calon pembeli properti dengan baik

Setelah mendapatkan calon pembeli properti yang Anda jualkan, pastikan untuk melayani mereka dengan baik. Contohnya dengan menjawab berbagai pertanyaan mereka terkait properti yang Anda jualkan. Selain itu, antar mereka berkeliling rumah yang Anda jualkan agar segera mencapai kesepakatan atau deal.

4. Awasi proses transaksi pembayaran dengan teliti

Bisnis properti adalah bisnis yang rawan penipuan. Jika Anda lengah, Anda akan cepat merugi jika terjun ke bisnis ini. Yang perlu Anda lakukan selanjutnya yaitu mengawasi proses transaksi pembayaran serta pengurusan balik nama sertifikat tanah dan rumah yang dimiliki penjual pada pihak pembeli. Biasanya setelah proses pembayaran lunas, Anda juga akan diberikan persenan atau fee. Namun dengan syarat jika bisnis tersebut berjalan sebaik mungkin tanpa ada satu pihak yang berniat untuk menipu.

5. Tabung hasil Anda berbisnis properti

Jika bisnis properti Anda sudah mulai membuahkan hasil, pastikan untuk menabung hasil Anda berbisnis properti. Keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis tersebut bisa banyak maupun sedikit, tergantung usaha dan keberuntungan Anda dalam bisnis ini. Walaupun keuntungannya sedikit, tetap saja hal ini lebih baik daripada rugi besar.

6. Beli properti Anda sendiri untuk disewakan

Tabungan yang Anda kumpulkan dari hasil berbisnis properti selama ini bisa dimanfaatkan untuk membeli properti Anda sendiri. Pastikan untuk terlebih dahulu membeli properti yang menguntungkan seperti rumah kontrakan atau kos-kosan. Nantinya rumah atau kos-kosan bisa disewakan dengan biaya sewa bulanan / tahunan yang pasti menguntungkan bagi Anda.

Itulah cara memulai bisnis properti dengan modal yang tak terlalu besar dan bisa Anda terapkan di dunia nyata. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!