Inilah 4 Cara Mengatasi Penyewa Rumah Yang Bandel Agar Bisnis Properti Anda Tidak Mampet

0
27
Cara mengatasi penyewa rumah yang bandel

Para pebisnis properti seringkali harus menghadapi para klien atau penyewa properti yang tidak sesuai harapan. Tentu saja para pebisnis properti mengharapkan akan berhadapan dengan klien yang patuh dengan aturan transaksi jual beli atau penyewaan properti. Namun ada kalanya jika harapan tersebut hanya harapan kosong karena klien ternyata sangat “bandel”.

“Bandel” yang kami maksudkan disini yaitu sering telah membayar sewa properti seperti rumah kontrakan, kos-kosan, dan lain sebagainya. Atau ketika melakukan pembelian properti, mereka tak kunjung melunasi pembayaran yang disepakati. Dan pada artikel ini, kami akan membahas cara mengatasi penyewa rumah yang bandel agar bisnis properti tidak mampet.

Yuk baca artikel kami hingga selesai!

Cara Mengatasi Para Penyewa Rumah Yang Bandel

Properti bisnis kost

Pada artikel berikut ini kami memang lebih pilih membahas terkait penyewa rumah yang bandel karena banyak pemilik rumah kontrakan yang mengeluh. Mereka mengeluhkan sikap para penyewa rumah yang “hanya baik di awal”, dan berangsur-angsur menampakkan sifat mereka sebenarnya yang cukup bandel.

Padahal telat membayar biaya sewa kontrakan bisa merugikan para pemilik rumah. Hal ini dikarenakan biaya sewa tersebut seringkali digunakan untuk menjalankan bisnis kontrakan pemilik yang lain. Uang sewa kontrak biasanya juga digunakan untuk memperbaiki komponen rumah kontrakan

Mau tidak mau, pemilik rumah akhirnya hanya bisa bersabar selama penyewa rumah tidak melakukan hal yang lebih merugikan daripada telat bayar kontrakan. Akan tetapi tentu saja kita tidak bisa pasrah begitu saja. Berikut ini cara mengatasi penyewa rumah yang bandel dan sering telat membayar uang sewa rumah :

1. Tenang dan jangan terlalu emosi

Merasa marah terhadap penyewa rumah yang telat membayar uang sewa tahunan rumah memang wajar. Akan tetapi yang harus Anda lakukan adalah tetap tenang serta jangan terlalu emosi. Karena terlalu emosi dan marah membuat hubungan Anda dengan penyewa rumah merenggang.

2. Lakukan komplain terhadap penyewa dengan cara yang baik

Selanjutnya, lakukan komplain terhadap penyewa rumah yang bandel dengan cara yang baik. Tidak dengan ngegas atau ngomel-ngomel, apalagi menuduh yang bukan-bukan dan mempermalukan penyewa dengan berkoar-koar ke tetanggan. Karena hal ini membuat mereka tidak betah. Jika diperlukan, lakukan komplain baik-baik di dalam rumah dan dengan perkataan yang baik pula.

3. Ajaklah seorang mediator

Kalau Anda merasa penyewa rumah ini benar-benar orang yang tidak bisa diajak kompromi atau tipe orang yang sangat keras, ajaklah seorang mediator untuk menengahi proses komplain Anda. Ketika mengajak orang lain, bisa jadi penyewa rumah merasa malu karena tidak membayar kontrakan tepat waktu. Sehingga poin yang satu ini bisa digunakan untuk memojokkan penyewa rumah secara tidak langsung dari sisi psikologi.

4. Ajukan solusi

Ketika Anda merasa jengkel karena penyewa rumah tidak kunjung membayar uang kontrakan, pastikan untuk tidak langsung melakukan eksekusi seperti mengusir penyewa rumah. Pastikan untuk membicarakan masalah tersebut terlebih dahulu dengan yang bersangkutan, lalu ajukan solusi terhadap keterlambatan pembayaran rumah tersebut. Dengan begitu, masalah bisa diselesaikan tanpa menimbulkan masalah lainnya lagi.

Dengan menerapkan keempat poin untuk mengatasi penyewa rumah yang bandel, nantinya kemacetan bisnis Anda bisa lebih diminimalisir. Sehingga nantinya masalah bisa diselesaikan dengan cara yang baik, dan Anda bisa menjaga kelangsungan bisnis tersebut selama mungkin.