fbpx
Saturday, May 28, 2022
HomeBisnis KostCara Mengurus IMB Rumah Kost Dan Apa Saja Dokumen Yang Dibutuhkan

Cara Mengurus IMB Rumah Kost Dan Apa Saja Dokumen Yang Dibutuhkan

Bagi Anda yang ingin terjun di dalam bisnis kos-kosan, maka ada hal penting yang harus Anda ketahui, salah satunya adalah tentang imb rumah kost. Menyadari bahwa saat ini bisnis kos-kosan tergolong menggiurkan dan semakin banyak orang yang membutuhkan kos. Terutama para mahasiswa yang membuat kebutuhan akan kamar kos semakin meningkat.

Namun, masih ada pebisnis kos-kosan yang terkena sanksi dikarenakan tidak mengurus IMB untuk kosnya tersebut. IMB sendiri adalah izin yang diberikan untuk membangun bangunan dan dikeluarkan oleh kepala daerah setempat.

Sedangkan izin usaha kos ini sangatlah penting dan wajib dimiliki para pebisnis kos. Anda yang ingin lebih memahami dan mendalami bisnis kos, maka property cash machine ini sangatlah penting Anda ketahui untuk bidang properti yang akan Anda jalani saat ini.

Cara Mengurus IMB Kos

Untuk mengurus IMB kos dilakukan berdasarkan jumlah kamarnya. Di mana untuk kamar yang kurang dari 10 dan lebih dari 10, maka perizinannya pun berbeda. Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

  1. Perizinan Untuk Kamar Kos Kurang Dari 10

Untuk mengurus IMB dengan kamar kurang dari 10, maka dokumen yang harus Anda siapkan berupa pengisian formulir yang ada di Dinas Pekerjaan Umum di tempat kos tersebut. Lalu, lampirkan dengan dokumen penting lainnya, seperti fotokopi KTP dan NPWP Anda, surat kepemilikan tanah, site plan, dan fotokopi izin lokasi.

Selanjutnya juga ada Hinder Ordonantie (HO) yang merupakan izin untuk tempat usaha kepada badan hukum yang menjalankan usaha dan memiliki potensi untuk memunculkan risiko atau pun gangguan.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa melalui RT, RW, maupun pemerintah setempat, di mana kos tersebut akan Anda dirikan.

  1. Perizinan Untuk Kamar Kos Lebih Dari 10

Jika kamar kos yang Anda bangun jumlahnya lebih dari 10 kamar, maka ada beberapa prosedur yang harus Anda lengkapi sebagai berikut:

  • Izin Pemanfaatan Tanah (IPT)

Izin ini digunakan untuk penggunaan tanah yang dimiliki secara pribadi lalu berubah menjadi tanah yang digunakan untuk bisnis. Untuk membuat perizinan ini, Anda perlu untuk mengisikan formulir permohonan, lalu melampirkan beberapa dokumen berupa fotokopi KTP dan NPWP Anda, site plan, serta fotokopi izin lokasi.

  • Dokumen Lingkungan

Dalam imb rumah kos dengan kamar lebih dari 10 juga memiliki dokumen lingkungan yang berfungsi untuk melindungi lingkungan dari adanya dampak dari suatu kegiatan yang dilakukan.

  • Site Plan

Di dalam site plan ini nantinya akan memberikan gambar dua dimensi dari rencana pembangunan. Baik berupa jalannya air, listrik, hingga fasilitas umum dan sosial.

  • IMB

IMB dengan kamar lebih dari 10 sangatlah penting. Di mana nantinya fungsi tersebut akan sama dengan kamar kos yang kurang dari 10.

  • Izin Operasional

Izin Operasiona ini sebagai pelengkap dari perizinan kamar kos yang lebih dari 10. Hal ini juga memiliki fungsi sama dengan kamar kos yang kurang dari 10.

Jadi, untuk membangun bisnis kos, maka jangan lupa untuk mengurus imb rumah kost. Anda juga bisa untuk lebih mendalami akan bisnis kos ini melalui penawaran belajar bisnis kost baik dari buku maupun seminar kami dengan contact 0878 8214 4118.

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?