Cek 5 Tips Manajemen Kost Untuk Hasilkan Keuntungan Maksimal

0
145

5 Tips Manajemen Sederhana untuk Mengelola Bisnis Kost yang Menguntungkan

Ingin punya passive income? Bisnis kost adalah peluang usaha properti yang menjanjikan. Gunakan bangunan yang ada untuk dijadikan kost, kelola dengan baik, maka pendapatan bulanan akan mengalir. Namun demikian, membangun dan mengelola usaha ini tidak bisa sembarangan. Coba intip 5 tips manajemen sederhana berikut ini untuk mengelola bisnis kost yang menguntungkan.

  1. Merencanakan segala sesuatunya dengan jelas dan terperinci

Memulai suatu bisnis tentu membutuhkan rencana detail dari A–Z. Tuangkan ide Anda ke dalam sebuah catatan khusus. Rancang bangunan kost seperti apa yang Anda inginkan, berapa jumlah kamar, kamar mandi, fasilitas untuk penghuni, serta akses menuju kost. Jangan lupa tetapkan batas anggaran Anda. Kemudian wujudkan seluruh rencana tersebut secara bertahap, sambil tetap menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

  1. Mengorganisasikan setiap aspek bisnis dengan teratur

Bisnis properti bukan soal bangunan saja, tetapi juga apa yang ada di balik pengelolaan bangunan tersebut. Maka perlu pengaturan setiap aspek dengan efektif dan efisien. Bangunan ibarat hardware, maka mengorganisasikan bisnis berarti fokus pada software. Mulai dari kelengkapan izin usaha kost, prosedur penagihan dan pembayaran uang kost, prosedur keselamatan, peraturan untuk penghuni, hingga jasa layanan yang diberikan untuk penghuni.

  1. Menempatkan orang untuk operasional kost

Mempekerjakan seseorang untuk mengurus kost tentu menjadi pilihan jika Anda tidak bisa terjun langsung mengawasi rumah kost. Pertimbangkan pula untuk mengajak tetangga terlibat dalam pengelolaan kost sebagai upaya menjaga bisnis Anda. Misalnya, menempatkan tetangga sebagai penjaga kost, menawarkan peluang usaha katering untuk penghuni kost, atau jasa laundry pakaian.

  1. Mengarahkan tenaga operasional kost

Sebagai pemilik, Anda berhak memberikan pengarahan tertentu kepada penjaga kost dan orang-orang yang terlibat dalam operasional kost. Awali dengan menjelaskan secara detail apa saja tugas mereka, kapan mereka boleh mengambil keputusan sendiri, kapan mereka harus berkonsultasi dengan Anda lebih dulu.

Perjelas batas kewenangannya sehingga mereka bisa mengukur sejauh mana dapat bertindak mengatasi suatu masalah. Hal ini penting karena mereka adalah perpanjangan tangan Anda di kost, sehingga harus mampu membina hubungan baik dengan penghuni kost dan warga sekitar.

  1. Memantau secara berkala

Usaha kost memang bisa diandalkan untuk menambah pundi-pundi, tetapi bukan berarti Anda bisa menyerahkan sepenuhnya kepada penjaga kost. Pemantauan dan pengontrolan tetap berada di tangan Anda.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemantauan secara berkala, jika perlu lakukan inspeksi mendadak suatu waktu. Selain itu, membina relasi yang baik dengan penghuni kost juga membuat mereka lebih betah dan menjamin keberlangsungan bisnis Anda.

Itu baru 5 tips manajemen sederhana. Anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi dan pengetahuan tentang pengelolaan bisnis kost jika bergabung dengan Komunitas KSI. Di komunitas ini, Anda bisa mempelajari semuanya melalui workshop bisnis kost, sehingga dapat memahami lebih dalam bahwa kost adalah investasi properti yang menguntungkan.

Jadi, pilihannya ada di tangan Anda sekarang. Siap menangkap peluang usaha kost bersama Komunitas KSI?