fbpx
HomeBisnis KostFranchise Atau Bisnis Kost

Franchise Atau Bisnis Kost

Baik bisnis franchise maupun bisnis kost, keduanya adalah jenis usaha yang sangat diminati beberapa tahun belakangan ini. Bisnis franchise memang sangat terkenal karena produk-produknya yang juga banyak digemari. Selain itu, bisnis kost juga dianggap mampu mendatangkan keuntungan dalam jumlah besar serta waktu BEP yang singkat.

Jika dipertimbangkan, manakah diantara bisnis franchise dan bisnis kost yang lebih menguntungkan? Terutama bagi pengusaha pemula? Yuk ketahui jawabannya pada artikel berikut!

Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Franchise

Bisnis franchise bisa juga disebut dengan bisnis waralaba. Jika Anda ingin membuka bisnis franchise, Anda harus membayar sejumlah besar uang terhadap pemilik merek untuk bisa membuka tempat bisnis lain dengan merek tersebut. Memang bisnis ini sangat praktis dan begitu diminati.

Berikut ini berbagai kelebihan dari bisnis waralaba tersebut :

1. Bisnis ini sudah stabil

Kelebihan bisnis franchise yang pertama adalah sistemnya yang stabil serta autopilot. Jika Anda ingin membuka bisnis franchise, Anda tinggal menghubungi pihak franchisor dan menandatangani sejumlah kontrak yang legal terkait pembelian hak merek. Selain itu, Anda juga tinggal membayarkan sejumlah dana yang diperlukan untuk bisa membuka bisnis atas nama mereka.

Merek yang menawarkan sistem franchise biasanya sudah sangat terkenal dan stabil. Sehingga pihak franchisee atau orang yang membeli hak merek tersebut tinggal menjalankan bisnis sesuai dengan perangkat bisnis yang diberikan franchisor.

2. Punya target pasar yang pasti

Karena merupakan bisnis yang memiliki strategi sistematis, target pasar atau market audience dari bisnis franchise pun juga sudah bisa diperkirakan sebelumnya. Selain itu, karena merek yang diwaralabakan sudah terkenal, akan ada banyak orang yang membeli produk tersebut. Dengan begitu, bisnis waralaba cukup menguntungkan karena Anda tidak perlu susah-susah menarik pelanggan.

3. Prospektif sebagai passive income

Bisnis waralaba sangat menguntungkan karena bisa dijadikan passive income. Selain itu Anda tidak perlu repot karena Anda bisa mempekerjakan orang lain untuk menjaga stand bisnis tersebut nantinya.

Sedangkan Kekurangan dari bisnis franchise adalah sebagai berikut :

1. Tidak bisa kontrol penuh

Sebagai franchisee, kita tidak bisa melakukan kontrol penuh terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Kita hanya bisa menerima keputusan manajemen pusat terkait berbagai hal yang terkait bisnis tersebut. Contohnya dari segi bahan baku, harga jual, hingga keuntungan yang harus diambil.

2. Hanya bisa bergantung pada franchisor

Selain itu, Anda juga tidak bisa melakukan apapun karena semuanya tergantung oleh franchisor. Termasuk wilayah atau lokasi mana yang akan diambil untuk menyelenggarakan bisnis waralaba tersebut. Jika lokasinya strategis, itu akan sangat menguntungkan. Akan tetapi jika lokasi yang dipilih tidak strategis, itu akan merugikan franchisee.

3. Modal yang besar

Karena pihak franchisor menjual nama, mereka mengambil biaya yang besar dari para franchisee yang ingin membuka bisnis atas merek mereka. Sehingga modal yang besar ditambah royalti yang tak kecil juga akan memberatkan franchisee, terutama yang merupakan pebisnis pemula.

Itulah kekurangan dan kelebihan bisnis franchise yang banyak diminati oleh kaum milenial masa kini. Namun dibandingkan bisnis franchise, ternyata bisnis kos-kosan memiliki berbagai kelebihan lain yang sangat menggiurkan. Penasaran? Berikut ini ulasannya.

Kelebihan Bisnis Kos Dibandingkan Franchise

Bisnis kos memang dikenal sebagai bisnis yang membutuhkan dana lebih banyak, bahkan hingga ratusan juta rupiah. Terlebih jika Anda harus membangun kos-kosan sedari awal di tempat atau tanah yang kosong. Akan tetapi jangan khawatir, dibandingkan bisnis franchise, bisnis kos-kosan nyatanya mampu mendatangkan keuntungan yang cukup banyak. Berikut ini diantaranya :

1. Pemilik punya kontrol penuh

Bisnis kos-kosan adalah jenis bisnis yang membuat pemiliknya memiliki kontrol penuh terhadap properti yang disewakan. Dengan begitu, pemilik kos-kosan bebas untuk memodifikasi bentuk kos-kosan serta melalukan manajemen terhadap bisnis yang mereka jalankan.

2. Mudah untuk mendapatkan pendanaan

Untuk mendirikan bisnis kos-kosan, Anda bisa dengan mudah mendapatkan pendanaan dari berbagai pihak. Contohnya dengan menggadaikan tanah atau bangunan yang Anda miliki. Atau jika Anda tidak keberatan dengan bunga bank yang lebih besar, bisa meminjam dana di bank dengan jaminan tertentu.

3. Tidak perlu mengeluarkan biaya royalti

Tidak seperti bisnis franchise yang harus mengeluarkan biaya royalti untuk membayar jasa manajemen pusat, bisnis kost justru mendatangkan keuntungan pasif dengan lebih besar. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya royalti karena melakukan manajemen bisnis sendiri.

Itulah berbagai keuntungan bisnis kost dibandingkan dengan bisnis franchise. Selain itu masih ada banyak lagi berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan jika membuka bisnis kost. Jika ingin tahu selengkapnya, Anda bisa bergabung dengan KSI dengan cara mengikuti akun IG @yukbisniskost. Jangan lupa juga untuk selalu mendapatkan informasi terbaru dari KSI hanya melalui www.yukbisniskost.com. Semoga bermanfaat!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?