fbpx
HomeBisnis KostHal Yang Harus Dihindari Ketika Memulai Bisnis Kos Kosan Untuk Pemula

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Memulai Bisnis Kos Kosan Untuk Pemula

Sudah sejak lama bisnis kos kosan dianggap sebagai ranah bidang usaha yang sangat menguntungkan. Alasan klise yang memang benar terkait hal paling menarik apa dari bisnis kos-kosan yaitu : “karena bisnis ini bisa mendatangkan passive income yang besar”. Memang begitu kenyataannya.

Sehingga banyak sekali para pengusaha atau pebisnis pemula yang coba-coba untuk mengucurkan sebagian besar dananya untuk memulai bisnis investasi properti kos. Walaupun mereka masih awam terhadap realita bisnis ini di masa sekarang. Akibatnya, mereka mengalami kerugian karena gagal menghindari apa yang “seharusnya dihindari” ketika membangun bisnis kos kosan.

Nah, pada artikel berikut ini kami akan membahas berbagai hal yang harus dihindari ketika Anda memulai bisnis kos kosan untuk pemula. Jangan sampai lewatkan satu informasi pun ya!

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Memulai Bisnis Kos Kosan

Usaha Kost Kostan

Sebagai pebisnis pemula, ada kalanya jika kita merasa begitu excited untuk ikut-ikutan berbisnis pada ranah tertentu yang sudah berhasil dilakoni oleh orang lain. Termasuk bisnis kos-kosan yang memang sangat menjanjikan. Akan tetapi ada berbagai hal yang harus dihindari ketika Anda ingin membangun bisnis ini nantinya. Berikut ini diantaranya :

1. Tidak membuat “Planning”

Hal pertam yang harus dihindari oleh para pebisnis kos yaitu kondisi dimana Anda mengucurkan dana tanpa planning sama sekali. Ada banyak orang yang berpikir bahwa bisnis ini begitu sederhana. Mereka hanya berpikiran jika membangun kos / membeli kos bekas akan membawa para penyewa untuk datang ke lingkungan mereka dan menyewa kamar.

Padahal bisnis kos kosan tidak sesederhana itu. Bisnis ini menggabungkan aspek arsitektural, seni berbisnis, manajemen kos, serta pemasaran sekaligus. Jika Anda mengucurkan dana untuk membuat kos baru tanpa melakukan perhitungan lain seperti target pasar, maksimalisasi biaya pembangunan kos, nantinya kos yang dibangun akan sia-sia dan tidak menghasilkan keuntungan.

2. Tidak melakukan manajemen kos

Selanjutnya, tidak melakukan manajemen kos menjadi kesalahan lain yang harus Anda hindari nantinya. Bisnis kos kosan merupakan jenis bisnis yang melibatkan banyak pihak, yaitu para penyewa kos. Dan jika Anda berpikiran bisa menyelesaikan semua masalah pada kos tersebut sendirian, Anda salah besar.

Bisnis kos yang berhasil tidak selalu dijalankan oleh pemiliknya saja. Sekarang ini ada banyak pemilik kos kosan yang bekerjasama dengan perusahaan manajemen kos untuk menjalankan sistem bisnis kos autopilot. Nantinya dalam menjalankan bisnis tersebut, Anda akan mendapatkan keuntungan karena bisnis dikelola oleh pihak yang sudah profesional.

3. Tidak melakukan proses marketing

Salah satu mindset jadul yang masih dimiliki oleh pemilik kos sekarang ini yaitu “asalkan ada kos, nanti penyewa akan datang dengan sendirinya”. Jaman sekarang bukan begitu konsepnya, pak bos! Sebagai pemilik kos, Anda akan butuh memasarkan kos tersebut dengan cara memasang spanduk di depan kos atau melakukan digital marketing di internet.

 

Sekarang ini ada banyak sekali situs yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran kos agar nantinya tempat kos anda bisa menarik banyak sekali peminat, bahkan yang berasal dari luar kota. Biaya untuk memasarkan kos secara daring juga tidak terlalu tinggi. Bahkan dengan melaksanakan proses marketing secara online, nantinya penjualan sewa kos bisa meningkat secara signifikan.

Itulah berbagai hal yang harus dihindari ketika Anda mengembangkan bisnis kos kosan untuk pemula. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat untuk Anda ya!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?