Hati-Hati, 4 Masalah Berikut Bisa Menjadi Penyebab Bisnis Kos Anda Gagal di Tengah Jalan

0
27

Kos-kosan sudah lama terkenal sebagai salah satu lahan bisnis properti yang menjanjikan. Namun, apabila Anda asal-asalan dalam berinvestasi, bukannya untung, yang ada malah kerugian besar yang Anda perolah. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik memulai bisnis kos-kosan mewah ataupun sederhana, sebaiknya pahami dulu kiat sukses bisnis kos-kosan dan hindari 4 kesalahan berikut agar bisnis Anda tidak gagal di tengah jalan.

1.Kualitas Kos Buruk

Kualitas kos yang buruk bisa menjadi penyebab kos-kosan Anda kurang diminati calon pelanggan. Kualitas di sini meliputi bangunan kos-kosan, ruangan kamar, serta fasilitas-fasilitas yang tersedia di dalamnya. Oleh sebab itu, desain rumah kos-kosan Anda sedemikian rupa agar nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali. Pastikan Anda juga menyediakan sirkulasi udara yang baik di setiap kamar, lahan parkir yang cukup luas, aliran listrik dan air bersih yang lancar, serta area cuci dan jemur yang memadai.

2. Penghuni Tidak Terlayani dengan Baik

Selain kualitas kos yang buruk, hal lain yang juga bisa menyebabkan bisnis kos Anda gagal ditengah jalan adalah kekecewaan penghuni yang merasa tidak terlayani dengan baik. Kekecewaan penghuni bisa terjadi ketika ia membutuhkan bantuan tetapi tidak mendapat respon yang baik dari Anda selaku pemilik kos. Misalnya ketika aliran air di kamar mandi bermasalah, kamarnya mengalami kebocoran, AC di kamar mengalami kerusakan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu tanggap dan sigap dalam menangani komplain penghuni kos.

3. Manajemen Kos Kurang Baik

Bisnis rumah kos memang terbilang bisnis yang tidak terlalu membutuhkan effort besar. Namun, bukan berarti Anda bisa santai dan sembarangan dalam mengelolanya. Lokasi yang strategis saja tidak cukup untuk membuat kos-kosan ramai disewa. Di sisi lain, manajemen kos yang kurang baik bisa menjadi bumerang yang akan membuat bisnis kos-kosan Anda gulung tikar. Karenanya, pengelolaan kos yang baik sangat dibutuhkan kos Anda bisa bersaing dengan kos-kos lainnya. Manajemen kos di sini meliputi pengelolaan dan perawatan bangunan, tarif dan sistem pembayaran kos, serta kegiatan operasional kos lainnya.

4. Penyewa Sering Menunggak Pembayaran Sewa

Tunggakan dalam membayar uang kos merupakan masalah yang paling sering dialami oleh pemilik kos. Sebagai pemilik kos, nda berhak menerapkan peraturan atau kebijakan mengenai waktu dan tata cara pembayaran uang sewa. Misalnya dengan menetapkan tanggal tertentu sebagai batas akhir pembayaran kos, serta sanksi apabila penyewa terlambat membayar. Pasalnya jika tunggakan ini lama-lama dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami kerugian besar sehingga menyebabkan bisns kos Anda gulung tikar.

Jadi, itulah 4 masalah yang bisa menjadi alasan bisnis kos Anda gagal di tengah jalan. Untuk mencegah masalah-masaah di atas, pastikan Anda telah merencanakan pengelolaan kos dengan baik dan memperhatikan kiat sukses bisnis kos-kosan. Semoga bermanfaat.