Ikuti 8 Langkah Cerdas Investasi Properti ala Kim Kiyosaki

0
185

Cermati 8 Langkah Cerdas dalam Investasi Properti ala Kim Kiyosaki 

Memulai investasi properti terdengar susah-susah gampang. Sebagian orang percaya bahwa investasi satu ini membutuhkan modal besar. Selebihnya mengandalkan insting dan modal nekat ketika terjun dalam dunia properti. Namun demikian, Kim Kiyosaki dalam www.richdad.com menyatakan bahwa kita justru harus mengedukasi diri lebih dulu sebelum mengambil suatu keputusan besar, khususnya saat berinvestasi properti. Nah, mari kita cermati 8 langkah cerdas dalam investasi properti ala Kim Kiyosaki berikut ini.

  1. Pelajari istilah finansial

Pelajari dan pahami istilah-istilah finansial yang selama ini asing di telinga Anda. Mulailah dari kata-kata yang sering didengar saat berurusan dengan properti, seperti aset, ROI, penghasilan kotor, dan penghasilan bersih. Jika Anda menemukan kata asing lainnya saat membaca buku, sempatkan untuk memahami lebih dulu makna kata tersebut, jangan dilewatkan begitu saja.

  1. Bersahabat dengan angka

Ini penting agar Anda bisa membaca dan memahami laporan keuangan. Kiyosaki menuturkan, anggaplah investasi yang Anda targetkan adalah sebuah tantangan misteri dengan angka-angka sebagai petunjuk rahasianya.

  1. Baca dan dengarkan

Ada banyak buku, situs, blog, dan rekaman seminar online yang bisa Anda baca dan pelajari. Tips untuk pemula dalam berinvestasi properti pun mudah didapat. Kuncinya hanya mau mencari, membaca, dan mendengarkan.

  1. Carilah seorang mentor

Mentor yang sudah makan asam garam sebagai investor tentu punya banyak kisah yang bisa Anda ikuti. Bukan soal bagaimana ia mencapai kesuksesannya saja, tetapi bagaimana ia pernah gagal dan belajar bangkit lagi dari kegagalannya itu.

  1. Ikuti workshop

workshop KSI

Banyak ragam workshop dan seminar tentang properti yang bisa Anda ikuti. Jika Anda ingin menekuni bisnis kost misalnya, cobalah bergabung dengan Komunitas KSI (Kost Strategi Investing). Anda bisa belajar bagaimana memulai bisnis kost dari nol, hingga mengelolanya dengan tepat untuk menghasilkan keuntungan.

  1. Bersikap kritis

Terus pertanyakan suatu hal atau informasi yang Anda peroleh dari sumber mana pun. Opini atau pengalaman orang lain tidak selamanya cocok, maka Anda sendiri yang harus menemukan mana jalan terbaik versi Anda.

Saat menatap peluang, Kiyosaki menyarankan Anda untuk pertanyakan hal-hal berikut: apakah ini logis untuk saya? Bagaimana sisi pro kontranya? Bagaimana keputusan ini membawa saya selangkah lebih dekat dengan tujuan finansial saya?

  1. Belajar tanpa henti

Saat Anda merasa sudah banyak tahu seputar investasi bidang properti, sesungguhnya semakin banyak informasi lain yang belum Anda ketahui. Karena dunia berubah begitu cepat, maka perangkat hukum, regulasi, dan istilah-istilah pun berkembang sesuai zaman. Stay up to date alias selalu berusaha kekinian penting untuk menjaga peluang investasi Anda di masa depan.

  1. Cari pengalaman

Membaca dan menggali informasi hanya menghasilkan teori untuk Anda. Maka beranikan diri untuk memulai investasi perdana berbekal pengetahuan yang ada. Kesalahan tentu wajar terjadi. Namun, yang paling penting adalah pelajaran apa yang bisa Anda ambil dari pengalaman tersebut, sehingga pada investasi berikutnya Anda bisa lebih baik lagi.

Mari kita terapkan 8 langkah cerdas dalam investasi properti ala Kim Kiyosaki di atas pada rencana bisnis yang tengah dibuat. Tidak ada hal yang mustahil dilakukan jika Anda mau berusaha dan jeli melihat peluang usaha dalam dunia properti. Pilihannya ada di tangan Anda, sekarang atau tidak sama sekali!