Ingin Bisnis Apartemen? Jangan Salah Langkah

0
113

Ingin Bisnis Properti Apartemen? Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini

Apartemen merupakan salah satu unit properti yang banyak diminati  beberapa dekade terakhir ini. Apartemen dipandang sebagai hunian yang praktis dan ekonomis, serta dapat digunakan sebagai instrumen investasi yang cukup menjanjikan. Sayangnya, tidak semua orang jeli saat membeli apartemen, akibatnya ada yang nilainya turun atau terjun bebas setelah beberapa tahun karena kecerobohan saat membelinya. Berikut beberapa hal penting  yang perlu Anda perhatikan jika ingin berinvestasi pada apartemen:

Lokasi

Lokasi merupakan faktor penentu utama jika Anda menginginkan keuntungan dari apartemen yang akan Anda beli. Lokasi yang menguntungkan salah satunya adalah lokasi yang memiliki penilaian sunrise property. Lokasi yang dianggap sunrise property yaitu lokasi yang dengan pembangunan infrastruktur, dekat dengan pusat bisnis, dan memiliki akses jalan yang mudah dan sudah tersedia.

Lokasi juga menentukan pangsa pasar dan kemungkinan keuntungan yang akan didapatkan. Oleh karena itu, jangan mudah tergoda dengan tawaran apartemen yang murah dengan aneka macam bonus namun tidak berada di lokasi yang strategis karena dapat merepotkan Anda di kemudian hari saat ingin menjual atau menyewakannya.

Kenaikan Harga

Anda juga perlu memerhatikan faktor kenaikan harga jika ingin berinvestasi pada unit apartemen. Perhitungkan harga penawaran awal, kapan apartemen dibangun, dan kapan apartemen siap dihuni.  Anda harus memperkirakan kenaikan harga dengan ROI (return of Investment) dari unit apartemen yang Anda inginkan. Jangan hanya asal investasi di apartemen berharga murah, karena belum tentu harganya juga akan naik di kemudian hari. Perhatikan kemungkinan yang akan terjadi dari data-data yang Anda kumpulkan. Cermati baik-baik apakah investasi yang Anda buat untuk apartemen ini akan menghasilkan keuntungan di kemudian hari atau tidak.

Status Tanah atau Lahan

Faktor berikutnya yang harus Anda perhatikan dengan jeli saat ingin berinvestasi pada apartemen adalah status lahan atau tanah tempat apartemen dibangun. Pastikan lahan yang digunakan merupakan lahan yang tidak bermasalah dan bebas sengketa.

Hindari status kepemilikan tanah BOT (Build, Operate, Transfer) yaitu pemanfaatan aset milik negara atau pemerintah daerah yang pemanfaatannya diserahkan kepada pihak swasta dalam kurun waktu tertentu. Hal ini dikarenakan saat masa BOT habis, maka tanah dan bangunan yang telah dibangun di atasnya harus dikembalikan kepada negara atau pemerintah daerah setempat.

Fasilitas

Semakin lengkap fasilitas yang tersedia, maka harga apartemen juga semakin tinggi. Apartemen yang memiliki kolam renang, jogging track, taman bermain,dekat dengan berbagai fasilitas umum, tempat fitness, dan service charge yang terjangkau tentu menjadi nilai lebih yang dapat meningkatkan harga apartemen.

Berinvestasi pada unit apartemen bisa dibilang cukup menjanjikan asalkan Anda memerhatikan beberapa poin di atas dan memiliki modal yang cukup besar. Jika Anda belum memiliki cukup modal untuk berbisnis apartemen, Anda bisa memilih bisnis rumah indekos yang membutuhkan dana yang tidak terlalu besar namun dapat memberikan keuntungan yang berlipat dan cepat.

Bisnis properti rumah indekos juga termasuk investasi minim risiko karena pengembalian modal dapat Anda peroleh dalam waktu yang cukup singkat. Hanya dengan bermodal satu rumah, Anda dapat menyewakan beberapa kamar sekaligus. Hal ini sangat membantu Anda untuk mendapatkan modal Anda kembali dengan cepat. Bisnis ini juga sangat minim risiko, apalagi jika rumah indekos Anda berada di tempat yang strategis. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?.