Investasi Rumah Kost Terpercaya

0
14
Investasi Rumah Kost

Rumah kost atau kos-kosan menjadi salah satu objek bisnis properti yang sangat diminati di era millenial. Semua ini dikarenakan kost dianggap mampu memberikan penghasilan pasif berkelanjutan. Investasi rumah kost pun sontak menarik perhatian banyak pihak.

Jika Anda termasuk salah satunya yang ingin berbisnis investasi di rumah kost, pastikan untuk tidak langsung terjun ke dalamnya. Butuh ilmu yang cukup untuk menjalankan bisnis ini agar nantinya bisa mendatangkan keuntungan.

Bagi Anda yang ingin berbisnis investasi properti rumah kost, pastikan untuk membaca artikel berikut ini. Karena kami akan membantu Anda untuk memahami keuntungan dan resiko berinvestasi kost di era millenial.

Bisnis Investasi Rumah Kost Tak Selalu Menguntungkan

Dari judul heading itu saja mungkin terkesan melemahkan semangat para calon pebisnis atau calon investor properti. Namun inilah realita yang harus dihadapi : bisnis investasi di rumah kost (atau jenis bisnis properti lainnya) memang tak selalu menguntungkan.

Seseorang yang ingin mencapai tujuannya tak cukup hanya dengan bekerja. Ia juga harus berinvestasi agar nantinya bisa mencapai tempat yang dituju dengan lebih cepat. Dan keuntungan yang didapatkan dari proses investasi tersebut tergantung dari “objek”-nya.

Objek investasi yang di era millenial ini banyak disukai oleh masyarakat yaitu rumah kost. Kos-kosan dianggap sebagai properti yang cukup mudah diwujudkan serta disulap menjadi mesin uang yang menguntungkan.

Namun, tanpa ilmu yang cukup nantinya Anda tidak akan bisa mengolah dana yang telah diwujudkan menjadi rumah kost dalam bentuk uang kembali. Untuk itulah Anda disarankan mengikuti kursus investasi properti kost terlebih dahulu, contohnya dengan bergabung di KSI by Yukbisniskost.

Untung Rugi Investasi Rumah Kost dan Solusinya

Investasi Rumah Kost

Ada banyak keuntungan investasi bisnis rumah kost. Diantaranya, cukup mudah proses pembangunan dan pembeliannya, tak terlalu banyak memakan biaya operasional, bisa dirawat dengan bantuan pihak ketiga, dan lain sebagainya.

Namun ada pula resiko berbisnis investasi di rumah kost yang harus Anda hadapi dan kelola jika ingin mendapat keuntungan dari usaha ini. Berikut ini beberapa resiko bisnis investasi di rumah kost serta solusinya :

1. Harus menyediakan sistem keamanan terbaik

Berbisnis rumah kost selain harus menyediakan kamar terbaik, juga harus menyediakan sistem keamanan terbaik. Di rumah kost Anda sebaiknya dipasang CCTV serta disediakan satpam khusus untuk menjaga keamanan di wilayah tersebut. Jika tidak, kost Anda akan dicap sebagai kost yang kurang aman.

Ada banyak kasus dimana kost mengalami pencurian atau jenis kejahatan lainnya karena kurangnya keamanan lingkungan. Terutama untuk jenis kost yang kurang terawat, serta tidak diberi aplikasi satpam penjaga kost serta CCTV. Selain itu, jenis kost tanpa gerbang yang tinggi juga berpotensi mengalami kejahatan dengan tingkat lebih tinggi.

2. Batasan pengunjung harus jelas

Di era millenial, sedang marak tindakan asusila yang dilakukan di dalam kamar kost. Jika Anda tak ingin rumah kost yang disewakan memiliki citra buruk, buat batasan pengunjung pada kost Anda. Halangi teman lawan jenis pengunjung rumah kost tersebut untuk masuk ke dalam kamar untuk menghindari tindakan yang tak diinginkan.

Kecuali untuk kamar kost yang memang disewakan untuk kepentingan keluarga, yang bisa dihuni oleh pasangan yang telah menikah. Pastikan untuk mengecek keabsahan dokumen pernikahan mereka sebelum Anda memperbolehkan penyewa untuk menempati kamar. Dengan demikian, citra kos Anda akan terus terjaga.

3. Harga harus stabil

Harga dari kamar kost yang disewakan pada pihak penyewa haruslah stabil agar penyewa tak berpindah tempat. Karena harga yang semakin meningkat pasti akan memberatkan para penyewa. Oleh karena itu, sebelum mulai menyewakan kamar kost, pastikan untuk melakukan kalkulasi terhadap harga kamar yang ingin disewakan.

Selalu lakukan riset terhadap harga kamar kost yang ingin Anda sewakan pada kost lainnya. Pastikan harga yang Anda tawarkan tidak terlalu tinggi maupun tidak terlalu rendah dari pemilik kost lain. Dengan demikian, Anda bisa turut menjaga suasana persaingan bisnis kost di daerah Anda agar tetap kondusif.

Itulah beberapa untung dan rugi berinvestasi di rumah kost yang perlu Anda tahu. Pastinya, berbisnis investasi rumah kost tak selamanya mendatangkan keuntungan saja. Dengan mengetahui resiko-resiko di atas, Anda akan lebih berhati-hati ketika menjalankan bisnis ini.

Gunakan Jasa Agen Kost untuk Promosi Kost

Proses menjalankan bisnis rumah kost memang tidak semudah kelihatannya. Ada banyak hal yang harus Anda lakukan, termasuk dengan selalu mempromosikan kost agar menarik banyak minat penyewa.

Nah, proses mempromosikan kamar kost untuk menarik banyak peminat ini bisa dilakukan dengan melakukan digital marketing. Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan dari jasa agen kost untuk melakukan promosi tersebut.

Jasa agen kost adalah pihak perseorangan atau kelompok yang bisa membantu Anda untuk menawarkan kost pada calon penyewa. Biasanya jasa agen kost bisa membantu mencarikan penyewa sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan.

Sehingga kegiatan mempromosikan kost yang kosong bisa lebih mudah dan praktis. Namun begitu, Anda perlu membayar agen kost yang berhasil mendatangkan penyewa yang ingin menyewa kamar kost tersebut.

Jasa agen kost biasanya tidak menawarkan jasa mereka secara eksplisit. Sehingga Anda perlu menawarkan lowongan kerja tersebut pada orang lain, atau menghubungi agen kost secara langsung untuk mendapatkan bantuan promosi kost.

Promosi Secara Online Agar Kost Laris

Berbisnis investasi properti kost memang sangat menguntungkan bagi para pelakunya jika dilakukan dengan baik dan benar. Selain itu, kost juga akan semakin laris jika memang dipromosikan dengan baik, dengan cara offline maupun online.

Anda pun bisa mengiklankan kost di berbagai situs-situs penawaran kost secara online di internet. Atau bisa juga dengan cara menyebarkan info kost yang kosong pada akun media sosial Anda pribadi.

Berbagai usaha harus dilakukan untuk menarik penyewa kamar kost agar nantinya bisa mendatangkan keuntungan. Bahkan Anda juga disarankan untuk mempromosikan kost tersebut secara gencar di lingkungan sekitar Anda.

Dengan begitu, para penyewa yang butuh menyewa kamar kost di lingkungan tempat Anda bisa menjadikan kost Anda sebagai salah satu tujuan mereka. Dan jangan lupa juga untuk selalu menjaga kualitas serta citra dari kost tersebut untuk mempertahankan klien.

Yang pasti, Anda harus melakukan beragam cara untuk menjalankan bisnis investasi rumah kost di era millenial. Karena jika Anda tidak kunjung melakukan berbagai inovasi di bidang investasi rumah kost, bisnis properti kost Anda akan kalah saing.

Itulah berbagai uraian terkait untung dan rugi bisnis investasi rumah kost di era millenial yang perlu Anda tahu. Selamat mempraktekkan berbagai solusi yang telah kami berikan di atas. Semoga bermanfaat!