Jangan Lakukan Kesalahan Fatal Ini Saat Memulai Bisnis Kost

0
8

7 Kesalahan Fatal yang Kerap Dilakukan oleh Pemilik Kost Saat Memulai Bisnisnya

Membuka bisnis properti kost bukan pekerjaan yang gampang. Jangan hanya karena memiliki modal yang cukup, Anda bisa membeli kost atau membangun kost begitu saja. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar bisnis ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan keuntungan.

Nah, kalau Anda sedang memulai bisnis kos, coba hindari tujuh kesalahan di bawah ini agar bisnis tidak jadi senjata makan tuan.

1. Tidak Mempertimbangkan Lokasi

Lokasi adalah hal vital yang harus diperhatikan sebelum membeli atau membangun kost. Salah satu indikator kost yang ramai penyewa adalah dekat dengan fasilitas umum dan pusat bisnis. Anda bisa memilih kost yang berada dekat dengan kampus, stasiun, tempat wisata, atau kawasan perkantoran.

Properti kost juga harus memiliki akses yang mudah. Kalau kost berada di pelosok, tidak akan ada yang menyewa. Selanjutnya, kalau jalan ke kost susah dilalui sepeda motor atau mobil, nilai jualnya juga akan menurun.

2. Tidak Memiliki Target Penyewa yang Jelas

Tetapkan siapa yang kira-kira akan menyewa kost. Beberapa pemilik ada yang membatasi penyewa wanita, pria, atau penyewa keluarga. Ada kost yang mengharuskan penyewanya adalah karyawan. Sedari awal tentukan siapa yang bisa menyewa. Tentukan target yang sesuai dengan lingkungan dan kondisi sekitar Anda.

3. Tidak Melakukan Promosi yang Tepat

Dengan mengetahui siapa target pasar yang akan disasar, Anda bisa melakukan promosi dengan mudah. Kalau targetnya anak muda bisa promosi di media sosial atau kalau penyewanya dewasa bisa melalui forum sewa atau jual-beli.

4. Tidak Mempertimbangkan Harga

Dengan target pasar yang jelas, Anda bisa menentukan harga dengan benar. Lakukan riset pasar terlebih dahulu agar harga yang ditawarkan tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi sehingga tidak ada yang mau menyewanya.

5. Tidak Memperhatikan Fasilitas Vital

Zaman sekarang, penyewa kost selalu mempertimbangkan fasilitas yang diberikan. Kalau fasilitas tidak bisa dilengkapi, masyarakat akan enggan menyewa. Fasilitas standar yang harus ada adalah air, gas, parkir luas, hingga paling penting koneksi Wi-Fi.

6. Tidak Memiliki Aturan yang Jelas

Aturan penghuni kost harus jelas seperti tidak memperbolehkan membawa binatang atau membawa teman untuk menginap. Kalau aturan tidak jelas akan menimbulkan polemik antar penghuni kos.

7. Tidak Memiliki Penjaga

Kost yang besar biasanya memiliki parkir besar dengan puluhan kendaraan terparkir. Agar kost aman, sewalah penjaga yang akan mengawasi siapa saja yang keluar masuk. Selama ini kost selalu menjadi ladang bagi pencuri untuk mengambil kendaraan atau barang yang ada di ruangan.

Selain penjaga, petugas kebersihan juga harus ada di kos. Minimal seminggu sekali kost harus dibersihkan terutama dapur, kamar mandi dan bagian lorong.

Inilah tujuh kesalahan fatal yang kerap dilakukan pemilik kost saat memulai bisnisnya. Semoga uraian tentang properti kost di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan.