Kamar Kost Banyak Belum Tentu Untung Lho, Bisnis Kos

0
70
kamar Kost banyak

Bisnis yang mendatangkan passive income dalam jumlah banyak memang sangat diminati. Contohnya seperti bisnis kos-kosan, yang memang terbukti stabil dan tak terlalu goyah walaupun di masa pandemi. Bisnis jenis ini pun sangat diminati karena bisa mendatangkan passive income dalam jumlah banyak.

Seringkali kita terpana dengan para pemilik kos yang punya banyak sekali pintu kamar kos pada bisnis yang mereka geluti. Padahal belum tentu lho, kamar kost yang banyak bisa mendatangkan keuntungan dalam jumlah banyak pula. Nah, untuk mengetahui perhitungan biayanya, ikuti ulasannya berikut yuk!

Manfaat Berbisnis Kos Sejak Dini, Kamar Kost Banyak Belum Tentu Untung

Bisnis kos diminati para pebisnis bukan tanpa sebab. Bahkan jenis bisnis yang satu ini cenderung disukai, sehingga banyak pebisnis pemula yang nekat untuk membuka kos-kosannya sendiri. Padahal ada banyak cara untuk membangun bisnis kos-kosan tanpa harus membangun dari awal.

Namun sebelum itu, kita bahas dulu yuk apa saja manfaat berbisnis kos sejak dini!

1. Investasi properti yang menguntungkan

Investasi properti memang selalu bisa membuat pemiliknya beruntung, terutama properti kos-kosan. Bisnis yang satu ini memang anti rugi, karena akan selalu dibutuhkan oleh orang banyak. Kita sendiri tahu, faktanya kos-kosan sangat dibutuhkan oleh para perantau. Sehingga manfaat dari bisnis ini sangat baik di masa depan.

2. Berbisnis dengan modal yang terjangkau

Manfaat lain bisnis kos-kosan yaitu Anda bisa memulai bisnis sedini mungkin dengan modal yang terjangkau. Anda bahkan bisa memulai bisnis ini dengan memanfaatkan aset-aset yang dimiliki. Dengan menggunakan aset tersebut, Anda bisa membeli kos bekas atau membangun kos baru yang nantinya bisa mendatangkan keuntungan berlipat ganda.

3. Biaya perawatan yang terjangkau

Manfaat lain dari bisnis kos-kosan yaitu biaya perawatannya yang begitu terjangkau. Biaya ini bahkan lebih kecil jika kos sering dirawat sehingga tidak mudah rusak. Dengan begitu, proses merawat kos nantinya bisa meminimalisir kerusakan yang terjadi pada bangunan kos.

Dan masih ada banyak lagi manfaat yang bisa didapat dengan memiliki kos-kosan. Dan sesuai judulnya, kami akan membahas lebih untung mana sih jumlah kamar kos banyak dibandingkan dengan kamar kos yang sedikit?

Kamar Kos Banyak Belum Tentu Untung

Bisnis Kost

Ketika seseorang mengatakan “Saya punya bisnis kos-kosan”, mungkin banyak orang yang bertanya, “Jumlah kamarnya berapa?”. Hal ini merefleksikan sesuatu, yaitu orang cenderung melihat kuantitas daripada kualitas. Karena belum tentu kamar kos dengan jumlah pintu cukup banyak punya sistem bisnis yang lebih berkualitas daripada yang jumlah kamarnya sedikit.

Karena kita harus berpikir pula jika kamar kos yang jumlah kamarnya banyak butuh perawatan dengan biaya tidak sedikit pula. Belum lagi biaya perawat atau penjaga kosnya yang disuruh membersihkan kos-kosan secara rutin. Dengan pengeluaran yang begitu banyak, bisa saja pemilik kos dengan banyak pintu memiliki penghasilan bersih lebih banyak dari yang punya kos-kosan kecil.

Pada salah satu video pada channel Youtube kami, KSI telah membahas perbandingan antara biaya yang diperlukan oleh pemilik kos besar dengan pemilik kos kecil. Dari perbandingan hasil pendapatan bersih kedua belah pihak, bisa jadi pemilik kos yang berukuran kecil lebih diuntungkan dengan biaya perawatan yang kecil pula.

Hal ini menunjukkan jika yang kita nilai sebaiknya bukan besar – kecil atau banyak – sedikit kamar kosnya saja. Akan tetapi kualitas pengelolaan kos tersebut serta jumlah cashflow yang didapatkan pemilik kos. Barulah nanti terlihat siapa yang paling diuntungkan.

Bagi bapak dan ibu yang ingin mencari ilmu lebih dalam tentang bisnis kos, bisa banget bergabung dengan KSI . Dengan bergabung melalui komunitas KSI, nantinya proses membuka bisnis kos-kosan bagi pebisnis kos pemula akan terasa jauh lebih ringan.