fbpx
HomeBisnis KostKelebihan Dan Kekurangan Bisnis Investasi Kost Kostan

Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Investasi Kost Kostan

Salah satu jenis bisnis properti yang profitable di era milenial yaitu bisnis investasi kost kostan. Jenis bisnis yang satu ini memang diketahui sangat menguntungkan karena mendatangkan passive income lumayan banyak. Nah, bisnis investasi kost-kostan memang sangat bisa diandalkan, terutama karena jenis homestay seperti ini begitu diminati.

Di Indonesia, tempat tinggal indekos atau kost – kostan biasanya diminati para pelajar atau mahasiswa dan karyawan yang sedang merantau. Ada jenis kost – kostan harian serta bulanan, dan ada juga yang dibayar tiap 3 atau 6 bulan sekali. Sehingga ada banyak pula para pebisnis yang ingin mengembangkan bisnis investasi kost – kostan di masa depan.

Sebenarnya bisnis investasi kost-kostan juga tidak selalu menguntungkan. Akan selalu ada kekurangan dalam setiap jenis bisnis, termasuk bisnis investasi properti kost-kostan. Nah, berikut ini berbagai kelebihan dan kekurangan dari jenis investasi bisnis kost-kostan yang harus Anda ketahui!

Kelebihan Dari Bisnis Investasi Kost Kostan

Bisnis investasi kost-kostan memang sangat disarankan bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis dengan nilai yang terus meningkat. Jenis bisnis ini memiliki berbagai kelebihan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Demand yang tinggi

Keuntungan berbisnis kost-kostan yang pertama yaitu tingkat permintaan atau demand yang tinggi.  Jenis bisnis yang satu ini biasanya banyak didirikan di kota-kota yang dekat dengan pusat keramaian. Contohnya kampus, sekolah, perkantoran, pabrik, dan lain sebagainya. Nantinya para perantau yang lokasi rumahnya jauh dari tempat tersebut akan bisa ngekost di tempat yang Anda sewakan.

2. Harga per kamar yang cukup terjangkau

Kelebihan lain bisnis investasi kost-kostan yaitu harga per kamar yang cukup terjangkau bagi penyewa kost. Dibandingkan dengan rumah kontrakan yang bisa disewa dengan harga tinggi, harga kamar kost per bulannya justru lebih murah. Tak heran jika seseorang lebih suka menyewa kamar kost dengan jangka waktu lebih lama daripada menyewa rumah kontrakan.

3. Mudah dirawat

Bisnis kost-kostan juga tidak memerlukan biaya perawatan yang cukup banyak. Proses perawatan kost-kostan juga tidak terlalu sulit. Bahkan Anda bisa menyewa pihak lain untuk merawat kost-kostan tersebut sehingga nantinya lingkungan kost bisa selalu rapi dan layak untuk ditinggali.

4. Nilainya selalu meningkat

Bagi Anda yang berbisnis investasi properti, pasti sangat paham jika nilai dari sebuah properti akan selalu meningkat seiring berjalannya waktu. Sama halnya dengan kost-kostan, nilai dari propertinya akan selalu meningkat. Nantinya Anda akan bisa mendapatkan uang dengan menyewakan atau menjual bangunan kost-kostan tersebut.

Itulah berbagai keuntungan dari proses mengembangkan bisnis investasi kost-kostan. Jika Anda tidak ingin salah langkah, tentu saja Anda bisa terlebih dahulu belajar ilmu investasinya dengan bergabung di KSI.

Kekurangan Dari Bisnis Investasi Kost-Kostan

strategi investasi properti

Walaupun bisnis kost-kostan memiliki banyak kelebihan, tetap ada berbagai kekurangan yang bisa dirasakan oleh para pebisnis investasi kost. Berikut ini berbagai kekurangan dari jenis bisnis yang satu ini :

1. Memerlukan proses planning yang baik

Bisnis investasi kost-kostan memang begitu menggiurkan. Akan tetapi jika proses pelaksanaannya tidak didasari dengan planning yang cukup baik, nantinya rencana tersebut akan gagal dan merugikan Anda di tengah jalan.

2. Cashflow bisa macet sewaktu-waktu

Para penyewa kost adalah sumber cashflow dari pebisnis investasi kost-kostan. Jika penyewa kost tidak membayar kost tersebut tepat waktu, nantinya cashflow yang digunakan untuk menjalankan bisnis kost-kostan juga akan macet.

Itulah berbagai kelebihan dan kekurangan bisinis investasi kost-kostan yang hendaknya Anda ketahui. Jangan ragu untuk bergabung dengan KSI jika Anda membutuhkan ilmu bisnis investasi properti langsung dari ahlinya. Semoga artikel dari kami ini bisa bermanfaat untuk Anda!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?