fbpx
Thursday, February 9, 2023
HomeBisnis KostKelebihan & Kekurangan Bisnis Kost

Kelebihan & Kekurangan Bisnis Kost

Bisnis Kost memang merupakan bisnis yang potensial untuk dilakukan. Namun tentunya tidak semua orang bisa melaksanakan bisnis tersebut. Ada banyak hal yang mesti diperhatikan dalam tips bisnis kos kosan. Untuk itu sebelum Anda benar-benar terjun dalam bisnis kost, maka sebaiknya Anda juga perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari mengelola bisnis kost. Dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan melakukan bisnis kost Anda bisa lebih mempertimbangkan kembali apakah sebaiknya terus memulai bisnis tersebut. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari mengelola bisnis kost:

Kelebihan Mengelola Bisnis Kost

Ketahuilah bahwa bisnis kost ini tidak pernah sepi peminat. Bagi pengelola  bisnis kost yang sudah lebih dulu bergelut dalam bidang ini tentunya paham betul, biasanya hanya dalam beberapa saat setelah kamar kost kosong, maka akan ada orang yang bertanya dan berminat ingin mengisi kamar tersebut. Apalagi jika kamar kost yang disewakan bersih, memiliki fasilitas lengkap, lokasinya strategis dan harganya sesuai dengan kualitasnya, maka tentu kamar kost tersebut semakin ramai peminatnya. Biasanya para peminat kamar kost tersebut datang dari mahasiswa yang kuliah atau pekerja kantoran  yang kebetulan ditempatkan di kota tersebut. Dengan banyaknya orang yang merantau dari kampung halamannya maka tentunya wajar jika kamar kost ramai peminatnya.

Kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan saat mengelola bisnis kost adalah biasanya kenaikan harga kost per tahunnya bisa lebih tinggi daripada kenaikan harga rumah, namun kenaikan harga kost juga harus sesuai dengan fasilitas dan kualitas dari kost itu sendiri. Jika kost tidak dikelola dengan baik dan justru rusak sana sini, maka tidak mungkin untuk Anda menaikkan harganya. Maka dari itu agar kost Anda bisa selalu terawat dan ramai peminatnya Anda bisa bergabung dengan investasi bisnis franchise kost dan mendapatkan bantuan pengelolaan kost yang lebih profesional.

Kekurangan Mengelola Bisnis Kost

Selain kelebihan, tentunya bisnis kost juga memiliki beberapa kekurangannya sendiri, dengan mengetahui kekurangannya tersebut maka Anda bisa melakukan berbagai tindakan untuk mencegah adanya kerugian saat mengelola bisnis kost. Seperti yang sudah disebutkan sekilas di pembahasan sebelumnya, pengelolaan kost harus sangat diperhatikan jika Anda ingin kost Anda tetap ramai peminat dan bahkan bisa mendapatkan kenaikan harga tiap tahunnya. Namun tentunya mengelola fasilitas kost agar senantiasa baik juga membutuhkan biaya maka dari itu sebagai pengelola kost Anda harus memiliki tabungan khusus untuk pengelolaan kost, agar bisnis kost Anda bisa semakin berkembang.

Selain itu Anda juga harus mengantisipasi adanya keterlambatan pembayaran sewa dari penghuni kost Anda, bahkan ada juga resiko tidak dibayarnya kamar kost sementara penghuni kostnya sudah kabur entah kemana. Maka dari itu Anda juga perlu menyeleksi siapa yang akan tinggal dalam kost Anda, sebisa mungkin minta data diri yang lengkap dari para penghuni kost.

Untuk mempermudah pengelolaan bisnis kost Anda maka bisa mencoba menggunakan aplikasi kelola kost agar laporan keuangan dan data penguhuni dapat tercatat dengan rapi dan meminimalisir resiko pengelolaan bisnis kost.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

    Open chat
    Halo Sobatku Ada yang bisa kami bantu?
    Halo Sobatku, Ada yang bisa kami bantu?