Kenali Berbagai Pilihan Pembiayaan Rumah Tanpa Riba

0
83

Kenali Berbagai Pilihan Pembiayaan Rumah Tanpa Riba

Saat ini, untuk bisa memiliki rumah banyak yang memanfaatkan Kredit Pinjaman Rumah (KPR) dari bank yang bisa dicicil sesuai kemampuan.  Namun skema pembayaran KPR konvensional dianggap mengandung unsur riba dalam pelaksanaannya.Ingin membeli rumah tanpa pembiayaan yang mengandung riba? Mungkinkah ada cara untuk membeli rumah tanpa terjebak riba? Artikel berikut akan menyajikan jenis-jenis pembiayaan rumah tanpa riba yang bisa dicoba. Yuk, simak detailnya berikut ini.

  1. KPR syariah

Alih-alih menggunakan KPR konvensional, kini telah banyak bank terutama yang berbasis syariah mengeluarkan produk KPR syariah. Perbedaan kedua KPR tersebut terletak pada akad yang dipakai. Pada KPR syariah, bank mengambil keuntungan dari margin penjualan sehingga besar cicilan bisa ditetapkan di awal dan tidak tergantung pada suku bunga bank seperti pada KPR konvensional.

  1. Kredit rumah tanpa bank

Melihat banyaknya minat pembeli yang menginginkan pembiayaan rumah tanpa riba, kini banyak pengembang perumahan yang menyediakan kredit rumah tanpa bank. Anda bisa membayar cicilan rumah per bulan sama seperti KPR, namun cicilan ini dibayarkan langsung kepada pengembang. Dengan demikian syarat cicilan bisa lebih mudah karena tidak harus melalui pengecekan kemampuan bayar calon pembeli (BI checking).

  1. Pembelian langsung secara tunai

Cara yang satu ini mungkin bisa dibilang cara yang paling aman untuk menghindari riba. Anda bisa menyiapkan uang tunai sejumlah harga rumah yang langsung dibayarkan saat membelinya. Meski memang untuk menabung dan mengumpulkan uang tersebut butuh waktu dan usaha yang tidak sedikit. Untuk bisa terus menambah tabungan rumah ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti memangkas pengeluaran yang tidak perlu, melakukan investasi tanpa riba atau mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama. Jika berusaha keras, bukan tidak mungkin rumah impian Anda bisa dibeli langsung secara tunai.

  1. Pembelian secara bertahap

Skema pembiayaan ini bisa dipilih jika Anda memiliki uang tunai cukup banyak namun tidak sekaligus bisa melunasi harga rumah. Anda bisa membeli secara bertahap seperti cicilan namun dengan angsuran yang jauh lebih banyak dan periode yang lebih cepat. Jika pembayaran melalui cicilan KPR bisa memakan waktu 10-15 tahun, pembelian secara bertahap biasanya hanya membutuhkan waktu 24 bulan saja dan tanpa bunga. Kini juga telah banyak pengembang yang menyediakan fasilitas pembelian bertahap tesebut.

  1. Mencari pinjaman lunak dari kerabat

Nah, cara yang terakhir bisa dipertimbangkan jika memang kondisinya memungkinkan. Daripada Anda meminjam uang di bank yang mengandung riba, lebih baik mencicil pinjaman pada kerabat yang sudah dikenal bukan? Namun demikian tetap harus ada kesepakatan jelas mengenai pembayaran pinjaman di awal perjanjian. Jangan sampai masalah utang piutang ini sampai merusak hubungan baik antar kerabat. Ingatlah bahwa hutang itu harus dilunasi dan bisa diwariskan sampai ke anak cucu.

Demikianlah beberapa pembiayaan rumah tanpa riba yang bisa dilakukan. Pertimbangkan dengn baik segala risikonya sebelum memilih skema pembiayaan yang tepat, ya!