Kenali Untung Rugi Bisnis Properti Kost

0
108

Kenali Untung Rugi Bisnis Properti Kost

Bisnis kost-kostan adalah salah satu bisnis yang menguntungkan di bidang properti. Apalagi jika Anda memang sudah memiliki lahan atau properti di tempat-tempat yang terbilang strategis, seperti kampus, daerah perkantoran, pabrik, pusat perbelanjaan, dan rumah sakit. Meski begitu, Anda masih harus mempertimbangkan berbagai hal sebelum terjun ke bisnis properti kost. Salah satunya adalah menimbang kemungkinan untung dan rugi bisnis ini. Berikut akan dijabarkan keuntungan dan kerugian dari bisnis property kost.

Keuntungan Bisnis Porperti Kost

  1. Pasar yang Luas

Bisnis property kost atau kost-kostan adalah salah satu peluang investasi di bidang properti yang memiliki pasar yang luas dan tingkat permintaannya tergolong tinggi (high demand).  Penyewa kost datang dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, para pekerja kantoran, sampai para eksekutif. Kebanyakan peminat kost menilai bahwa kost adalah pilihan yang tepat untuk menghemat uang transportasi. Maka dari itu, lokasi yang strategis sangat menentukan keberhasilan bisnis kost Anda.

  1. Tingginya capital gain dan capital rate

Yang membedakan investasi propert kost dengan investasi lainny adalah adanya capital gain dan capital rate. Capital gain adalah laba atau keuntungan yang Anda peroleh dari hasil investasi. Jika dibandingkan dengan investasi berupa tanah tanpa bangunan, capital gain rumah sewa atau kost akan lebih besar. Capital gain rumah kost bisa Anda peroleh dalam jangka Panjang.

Selain capital gain, kost-kostan juga memiliki capital rate yang lebih tinggi dibanding tanah kosong atau rumah biasa, yaitu sekitar 6-8%. Capital rate adalah perbandingan antara hasil atau keuntungan yang diperoleh dari sebuah properti dengan harga properti tersebut.

  1. Mudah dikelola

Bisnis kost termasuk bisnis yang mudah dikelola karena Anda hanya harus turun tangan ketika proses persiapan dan pembangunan. Jika Anda sudah mempersiapkan rumah di lokasi yang strategis, melengkapi setiap kamar dengan fasilitas yang baik, dan memastikan keamanan dan kebersihan lokasi kost, Anda bisa menyerahkan pengelolaan bisnis kost Anda ke orang yang Anda percayai. Anda hanya perlu mengontrol sesekali saja.

Meskipun memiliki banyak keuntungan, namun bisnis property kost juga memiliki kerugian atau kekurangan yaitu sebagai berikut:

Kekurangan Bisnis Properti Kost

  1. Modal Awal yang Besar

Meskipun keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis kost memang terbilang tinggi, Anda juga harus memulai bisnis ini dengan modal yang besar. Bahkan, modal awal yang diperlukan bisa mencapai miliaran rupiah. Selain lahan, Anda harus membangun rumah yang akan dijadikan tempat kost.

Anda juga harus melengkapi fasilitas di setiap kamarnya. Umumnya, setiap kamar harus dilengkapi dengan tempat tidur, lemari, dan meja. Jika Anda ingin mematok harga sewa yang lebih tinggi, Anda juga harus memberikan fasilitas tambahan seperti Wi-Fi, kamar mandi dalam, dan water heater.

  1. Sedikit Peminat di Lokasi yang Kurang Tepat

Salah satu rintangan bisnis kost adalah sedikitnya calon penyewa. Meskipun Anda sudah membangun kost-kostan dengan fasilitas yang lengkap, semuanya akan percuma jika kost-kostan Anda sepi peminat. Anda harus meninjau faktor apa yang menyebabkan kost-kostan Anda kurang peminat, bisa jadi harga sewa yang terlalu tinggi atau lokasi yang sulit diakses. Maka penting sekali sebelum membangun property kost pastikan bahwa ada permintaan pasar yang cukup untuk menjadikan property Anda menjadi kost-kosan.

Itulah beberapa faktor yang bisa menentukan untung rugi bisnis properti kost dan harus Anda pertimbangkan. Jika Anda ingin terjun lebih jauh ke bisnis ini, Anda bisa bergabung dengan KSI Community. Komunitas ini adalah wadah untuk saling berbagi ilmu seputar bisnis kost yang bisa diikuti oleh berbagai kalangan. Persiapan yang matang akan membantu bisnis kost Anda untuk terus berkembang dan menguntungkan.